Perlengkapan Safety Proyek yang Anda Perlu Pahami!

0

Dalam mengetahui alat safety proyek, Anda perlu paham apa itu sebetulnya alat-alat ini dan bagaimana alat ini bekerja. Untuk itulah kami sajikan tulisan ini untuk Anda, untuk membuka pemahaman Anda lebih jauh lagi dalam dunia konstruksi!

Perlengkapan Safety Proyek sebagai Barang yang Vital bagi Pekerja Proyek

Perlengkapan Safety Proyek yang Anda Perlu Pahami! – Ralali News. Dalam sebuah proyek, pasti terdapat perlengkapan safety proyek yang mencakup alat safety proyek. Lewat hal tersebut, segala perlengkapan proyek ini digunakan oleh para pekerja proyek yang lalu lalang berjalan dan bekerja di area proyek tersebut. Seperti yang kita ketahui di area proyek terdapat banyak barang/alat alat pekerjaan yang acapkali awam bagi kita, tetapi kadang dapat membahayakan diri kita. Oleh sebab itu ada beberapa alat safety yang mestinya wajib kita gunakan untuk melindungi diri kita dalam area proyek. Lalu apa sebetulnya maksud dari perlengkapan safety proyek? Yuk kita bedah sama-sama.

Apa Itu Perlengkapan Safety Proyek?

Perlengkapan safety proyek adalah semua peralatan yang digunakan pekerja di area konstruksi atau proyek untuk menjaga keselamatan dan mencegah kecelakaan kerja. Perlengkapan ini wajib digunakan sesuai standar keamanan yang berlaku. Beberapa perlengkapan safety proyek yang umum digunakan antara lain helm pengaman (safety helmet), sepatu safety (safety shoes), sarung tangan (hand gloves), masker debu (dust mask), pakaian kerja (working clothes), rompi keselamatan (safety vest), kacamata pengaman (safety glasses), ear plug atau penyumbat telinga, dan lain sebagainya.

Trus Fungsi Perlengkapan Proyek ini Untuk Apa?

Semua alat safety proyek tersebut memiliki fungsi masing-masing untuk melindungi area vital tubuh pekerja dari potensi bahaya di tempat kerja konstruksi seperti terjatuh, terkena benda tajam, terkena debu, terpapar bising, hingga tersengat listrik. Pemakaian perlengkapan proyek yang lengkap, safety, dan sesuai prosedur adalah kewajiban. Pekerja yang mengabaikannya berisiko mendapat kecelakaan fatal. Selain itu, perusahaan yang bertanggung jawab atas proyek juga wajib memastikan ketersediaan dan pemakaian alat safety ini. 

Nah maka dari itu, dengan menerapkan budaya safety di lingkungan kerja, diharapkan risiko kecelakaan dapat diminimalisir sehingga produktivitas dan kualitas proyek dapat terjaga dengan baik nih. Bisa dibilang, keselamatan dan kesehatan pekerja menjadi prioritas utama di setiap proyek konstruksi.

4 Perlengkapan Safety Proyek Dan PertambanganSetelah kita paham mengenai apa sebetulnya perlengkapan proyek dan fungsi yang akan berguna kedepannya, saatnya kita tau, apa saja alat safety proyek tersebut. Namun, perlu diingat bahwa alat safety tidak bisa dibeli dan digunakan oleh sembarang orang yaa.

Macam-Macam Perlengkapan Safety Proyek!

1. Helm Safety

Helm pengaman wajib dikenakan oleh setiap pekerja konstruksi untuk melindungi kepala dari benda jatuh atau benturan. Helm proyek umumnya terbuat dari bahan HDPE dan dilengkapi pengikat dagu.

Di balik Kepala adalah bagian yang paling vital dan harus benar – benar kita jaga, dengan menggunakan helm safety ini lah kita bisa melindunginya. Dengan begitu, kepala kita akan terhindar dari cedera yang mungkin dapat terjadi lebih parah jika tanpa perlindungan dari helm safety.

2. Masker Debu (Dusk Mask)

Masker debu berfungsi melindungi pekerja dari paparan debu yang berbahaya bagi pernafasan. Masker debu memiliki daya filter tinggi untuk menyaring debu halus sekalipun. Oleh karenanya, kenakan masker debu P2 atau N95 saat bekerja dengan debu batu dan silika. Ganti masker secara rutin.

3. Rompi Keselamatan (Safety Vest)

Rompi keselamatan berwarna terang wajib digunakan pekerja proyek agar mudah terlihat. Bahan reflective pada rompi juga memantulkan cahaya lampu di malam hari. Rompi atau APD ini menjadi salah satu yang paling penting, sehingga Anda mungkin bisa mengikuti pelatihan cara pemakaian APD dan prosedur safety sesuai standar K3 konstruksi.

4. Sabuk Pengaman (Safety Harness)

Sabuk pengaman dipakai saat bekerja di ketinggian untuk mencegah pekerja jatuh. Sabuk dijepit pada pegangan pengaman agar aman. Gunakanlah sabuk pengaman lengkap saat bekerja di ketinggian lebih dari 2 meter.

5. Sepatu Safety

Bagian kedua yaitu kaki, sepatu safety memang tidak murah, tetapi sangat penting untuk digunakan dalam area proyek. Untuk itu, mungkin Anda dapat mengeceknya di website Ralali.com sebagai referensi sepatu safety ini sehingga mungkin dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Kembali pada fungsinya untuk menghindari cidera saat berada di area proyek maupun pertambangan

6. Sarung Tangan Safety

Saat bekerja di lokasi proyek ataupun pertambangan tidak jarang kita harus memegang dan bertumpu pada dinding yang belum tentu aman. oleh karena itu kita wajib menggunakan sarung tangan safety yang tebal dan dapat melindungi tangan dari gesekan maupun benda – benda berbahaya yang dapat melukai tangan kita.

7. Kacamata Safety

Satu lagi bagian paling vital untuk di jaga saat berada di lokasi pertambangan yaitu adalah mata kita. Seringkali debu, kotoran, maupun serpihan – serpihan serbuk kayu beterbangan di area proyek dan pertambangan yang mungkin saja dapat membuat iritasi pada mata. Kacamata safety saat ini juga sudah memiliki banyak pilihan model, jadi tidak perlu malu menggunakannya.

8. Pelindung Mata (Eye Protection)

Kacamata atau face shield digunakan untuk melindungi area mata dan wajah dari potensi bahaya seperti debu atau serpihan logam.

9. Pelindung Telinga (Ear Protection)

Penyumbat telinga atau earmuff digunakan pekerja dengan paparan bising tinggi untuk melindungi pendengaran.

10. Alat Pemadam Api Ringan

Alat safety proyek yang terakhir ini akan berguna sebagai antisipasi adanya kecelakaan api. Maka dari itu, alat pemadam api ringan wajib disediakan di lokasi proyek untuk mengantisipasi potensi kebakaran.

Bila berbicara mengenai perlengkapan proyek yang sudah disebutkan tadi, apakah Anda langsung memakainya? Tidak kan? Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan, standar atau sertifikasi apa yang tercakup dalam seluruh alat safety proyek tersebut sehingga kita dapat memahaminya. Tak lain juga, harus ada aturan dalam memakainya yang akan kami bedah sampai habis! Yuk simak sampai selesai!!!

Standar dan Sertifikasi Perlengkapan Safety Proyek

  • Dibawahi oleh Standar Nasional Indonesia (SNI) 

SNI mengatur standar teknis dan uji mutu berbagai perlengkapan safety yang diproduksi dan diedarkan di Indonesia. Misalnya SNI untuk helm pengaman, masker respirator, sepatu safety, dan lainnya.

  • Terdapat Badan yang Menaungi

Badan Standardisasi Nasional (BSN) merupakan lembaga resmi yang mengeluarkan SNI. Produsen alat safety wajib mematuhi standar SNI yang relevan agar produknya aman dan berkualitas.

  • SNI Sebagai Acuannya

SNI menjadi acuan dalam pengadaan perlengkapan safety oleh perusahaan dan kontraktor proyek. Pemilihan produk ber-SNI menjadi prioritas untuk memastikan keselamatan pekerja.

  • Perlu Pemenuhan untuk Mendapat Standar SNI

Produk Penggunaan Tanda SNI diterbitkan oleh BSN bagi manufacturer alat safety proyek yang telah memenuhi seluruh persyaratan standar mutu dan uji produk yang ditetapkan SNI.

  • SNI bersifat wajib berlaku

Pemerintah dapat mengenakan sanksi bagi pelaku usaha yang mengedarkan perlengkapan safety tanpa memiliki sertifikat SNI.

  • Standar Internasional lain juga bisa jadi acuan

Standar internasional seperti ISO, ANSI, dan standar negara maju seperti JIS. Sertifikasi internasional menjadi nilai tambah bagi kualitas produk safety.

  • Diuji kembali oleh sertifikasi third party 

Pengujian dilakukan oleh lembaga independen seperti Sucofindo turut melakukan pengujian dan pemberian sertifikat kesesuaian produk terhadap SNI dan standar lainnya.

  • Di luar itu, perlengkapan harus sudah sesuai standar

Pemilihan perlengkapan proyek yang berstandar dan bersertifikat mutlak diperlukan demi terjamin keselamatan kerja dan kualitas produk itu sendiri.

Toko Perlengkapan Safety Proyek

Setelah kita paham akan pentingnya perlengkapan safety ini, juga macam-macamnya, saatnya Anda tau bahwa terdapat toko perlengkapan safety proyek yang kami rekomendasikan untuk Anda. Demikian adalah daftarnya!

1. Pusat Safety

Salah satu yang terkenal di marketplace adalah pusat safety. Pusat safety punya trackrecord penjualan yang bagus dengan follower 40,7 rb, dengan rating total 4,8/5. Toko online ini terletak di Jakarta Barat. Mereka menjual banyak alat safety proyek yang sudah pasti lengkap dan memenuhi kebutuhan Anda.

2. WillCo Mall

Terdapat toko recommended lain, selain dari pusat safety. Itu adalah WillCo Mall. WillCo Mall berisikan alat-alat konstruksi yang bermacam-macam sehingga sudah pasti akan menjual perlengkapan proyek. WillCo punya follower sebanyak 3,4 rb, dengan rating 4,8/5. 

Itulah yang dapat kami sajikan mengenai toko perlengkapan safety proyek, nahh, mungkin setelah Anda paham mengenai toko yang kami rekomendasikan, Anda bertanya-tanya karena ada kata-kata, seperti APD ataupun APK di dalam toko-toko tersebut. Apa perbedaan dari kedua hal tersebut? Yuk kita bahas sama-sama!

Perbedaan APD dan APK

Perbedaan Alat Pelindung Diri (APD) atau Alat Pemadam Kebakaran (APK) adalah jika APD adalah perlengkapan wajib yang digunakan pekerja untuk melindungi tubuhnya dari potensi bahaya kecelakaan kerja dan risiko kesehatan akibat pekerjaan. Contoh APD antara lain helm pengaman, masker debu, sarung tangan, sepatu safety, kacamata pelindung, dan lainnya.

Sedangkan APK atau Alat Pemadam Kebakaran adalah peralatan khusus yang digunakan untuk memadamkan dan menanggulangi api saat terjadi kebakaran di lokasi proyek. APK umumnya berupa alat pemadam api ringan seperti APAR (alat pemadam api ringan) dengan bahan pemadam berupa serbuk kimia, busa, air, dan gas CO2.

Perbedaan mendasar APD dan APK adalah APD berfungsi melindungi tubuh pekerja sedangkan APK digunakan untuk memadamkan api. Namun keduanya sama-sama penting dalam manajemen keselamatan dan kesehatan kerja di proyek konstruksi.

Kesimpulan!

Itulah demikian yang dapat kami sampaikan mengenai segala hal soal perlengkapan safety proyek ini. Dengan itu, Anda dapat paham bahwa sangat penting untuk menggunakan alat safety proyek, baik untuk Anda yang memang bekerja dalam area konstruksi, ataupun Anda sebagai pengunjung ke proyek-proyek konstruksi. Semua upaya dalam memakai perlengkapan proyek ini adalah bentuk perlindungan dan kepedulian kepada diri sendiri maupun orang lain.

Yang pasti tujuannya adalah satu, agar terhindar dari kecelakaan yang tidak diinginkan. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, eitssss, mimin ada informasi satu lagi nih, jika kalian tertarik dengan alat-alat konstruksi yang butuh untuk dikalibrasikan sesuai standar paling terupdate, boleh nih kalian coba kunjungi Kalibrasi.com sebagai platform yang membantu Anda agar mendapatkan standar internasional untuk alat yang akan dikalibrasi. Mungkin itu saja deh yang bisa mimin sampaikan, untuk sahabat Ralali News yang memiliki info tambahan maupun request tips dapat mengisi komentar pada kolom dibawah ini.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.