7 Cara Merawat DVR CCTV Agar Tidak Mudah Rusak

0

7 Cara Merawat DVR CCTV Agar Tidak Mudah Rusak

7 Cara Merawat DVR CCTV Agar Tidak Mudah Rusak – DVR CCTV adalah komponen CCTV yang amat penting sebab DVR (Digital Video Recorder) berfungsi dalam menyimpan seluruh hasil dari rekaman setiap unit CCTV.

Baca: Tips Memilih DVR untuk CCTV

Akan tetapi bagaimana jika pada DVR CCTV mengalami kerusakan yang diakibatkan kurangnya perawatan ? Untuk mengetahuinya simaklah 7 cara merawat DVR CCTV agar tidak mudah rusak berikut ini.

7 Cara Merawat DVR CCTV Agar Tidak Mudah Rusak

1. Tempatkan DVR CCTV dengan benar

Sebaiknya tempatkan DVR di ruangan yang luas serta mempunyai ventilasi yang baik, akan lebih baik lagi DVR diletakkan di ruangan yang ber-AC. Apabila area penempatan DVR berada di luar ruangan, maka mesti rajin untuk membersihkan perangkatnya supaya bisa berfungsi dengan baik.

2. Pasang perangkat tambahan DVR CCTV

Untuk mencegah terjadinya kehilangan daya listrik secara tiba-tiba akibat listrik padam, anda dapat memasang Uninterruptible Power Supply (UPS) sehingga memungkinkan DVR bisa dimatikan secara manual. Cek kondisi baterai pada UPS secara berkala serta tambahkan pula stabilizer untuk menstabilkan tegangan arus listrik yang diasup DVR.

3. Cek bagian dalam DVR CCTV

Periksa secara rutin bagian DVR sekali ataupun dua kali dalam setahun dan bersihkan mainboard dari debu dan kotoran. Jika perlu, pakailah kompresor udara untuk membersihkannya. Selalu periksa pula konektor-konektor kamera  yang terpasang pada DVR, apakah sudah benar terpasang atau belum.

4. Update firmware terbaru

Untuk mengupdate frimware terbaru anda bisa mengunjungi website vendor CCTV. Dengan firmware terbaru tentunya akan membantu kinerja DVR. Pasitikan firmware tersebut cocok pada DVR anda.

5. Optimalkan konfigurasi video CCTV

Periksa ulang pada konfigurasi video, resolusi gambar, kualitas gambar, dan kerapatan gambar. Sesuaikanlah dengan keperluan anda guna memaksimalkan hasil rekaman.

6. Cek jangka waktu hasil rekaman CCTV

Periksalah jangka waktu rekaman yang disimpan jika fitur overwrite aktif. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kehilangan data rekaman jika jangka waktu tersebut terjadi suatu kejadian. Cadangkan apabila hasil rekaman dianggap penting.

7. Cek pengaturan keamanan DVR CCTV

Pastikanlah alamat IP DVR tidak diketahui secara umum jika DVR tersambung ke jaringan internet, jika perlu pakailah password pada DVR CCTV, dan yang paling penting yaitu pastikanlah hanya ada sedikit orang yang bertanggung jawab secara penuh terhadap pengoperasian DVR guna menghindari adanya penggunaan yang tidak semestinya.

Untuk melihat berbagai DVR CCTV dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual DVR CCTV dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.