7 Tips Rumah Aman dari Maling Saat Ditinggal Mudik Lebaran

0

Mudik lebaran sudah menjadi tradisi rutin dari tahun ke tahun, hari libur yang cukup lama menjadi sebuah kesempatan untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman.

Akan tetapi meninggalkan rumah ketika mudik lebaran adalah hal yang sangat berbahaya. Pasalnya mudik lebaran merupakan salah satu situasi paling menguntungkan bagi para pencuri, dikarenakan rumah ditinggali dalam waktu yang cukup lama. Apalagi jika di lingkungan rumah Anda tidak ada petugas keamanan, dan ditambah tetangga pun serempak pulang kampung. Situasi tersebut sangat menguntungkan sekali bagi para pencuri untuk melakukan aksinya.

Apabila Anda berencana untuk mudik lebaran atau meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama maka berhati-hatilah. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan, berikut ini 7 tips rumah aman dari maling saat ditinggal mudik lebaran.

7 Tips Rumah Aman dari Maling Saat Ditinggal Mudik Lebaran

Tips Rumah Aman dari Maling Saat Ditinggal Mudik Lebaran
Tips Rumah Aman dari Maling Saat Ditinggal Mudik Lebaran

1 . Pasang Kamera CCTV

CCTV biasanya dapat kita temui di gedung-gedung perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan dan lainnya. Namun CCTV ini juga bisa dipasang di rumah sebagai alat keamanan. Pasanglah CCTV di bagian depan atau belakang rumah. Kapasitas penyimpanan CCTV bisa mencapai terrabytes. Dengan kapasitas yang besar, alat keimanan yang satu ini dapat merekam segala aktivitas hingga lebih dari satu Minggu lamanya. Dengan demikian Anda bisa memantau kondisi rumah selama ditinggal mudik. => Daftar Harga Kamera CCTV

2. Stop Langganan Koran

Jika setiap harinya berlangganan koran, maka berhentilah untuk sementara waktu. Jika rumah ditinggalkan dan setiap harinya terdapat koran yang berdatangan, koran tersebut tentunya akan menumpuk. Adanya koran yang menumpuk di dalam rumah, para pencuri akan menyimpulkan bahwa rumah tersebut sedang di tinggalkan penghuninya dalam waktu yang cukup lama dan mereka pun akan leluasa menjalankan aksi jahatnya.

3. Gunakan Pengatur Waktu Untuk Lampu

Salah satu ciri rumah kosong adalah lampu teras yang menyala di siang hari dan mati pada malam hari. Sebelum melakukan aksinya, para pencuri biasanya melakukan pengintaian terlebih dahulu, melihat kondisi tersebut para maling pun akan menyimpulkan bahwa rumah sedang ditinggalkan.

Untuk mengatasi hal seperi ini, gunakanlah lampu yang mempunyai timer sehingga kita bisa mengatur kapan lampu mesti menyala dan padam. => Daftar Harga Lampu

4. Titipkan Barang Berharga

Barang berharga seperti uang, barang elektronik, emas adalah sasaran utama para maling. Supaya barang-barang berharga tersebut tidak dicuri, simpanlah di tempat tersembunyi serta tidak mudah untuk dijangkau. Carilah tempat yang aman dan tidak mudah dibobol.

5. Titipkan Rumah

Agar rumah aman saat ditinggal mudik, titipkanlah pada saudara ataupun tetangga yang tidak mudik. Namun tetap harus berhati-hati, pastikan tetangga Anda bisa dipercaya. Namun apabila ragu, sebaiknya titipkanlah pada RT atau RW untuk menjaga rumah Anda.

6. Kunci Pintu dan Jendela

Pintu dan jendela adalah jalan pintas yang paling sering digunakan maling untuk memasuki rumah. Jika Anda sedikit lengah tidak mengunci pintu dan jendela, bukan tidak mungkin para maling akan membawa pulang barang berharga Anda.

Sebelum berangkat mudik, periksalah terlebih dahulu semua pintu dan jendela apakah sudah terkunci. Pastikan pula jendela rumah beserta pengaitnya masih dalam keadaan kokoh. => Daftar Harga Gembok

7. Jangan Umumkan Di Media Sosial

Dunia digital yang kian canggih memaksa kita untuk membuat sejumlah akun media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan lainnya. Melalui akun-akun media tersebut, kita bebas menuliskan apa saja yang kita mau.

Ketika mudik, jangan sesekali mengumumkan ke media sosial bahwa Anda akan pergi beberapa hari bersama keluarga. Terlebih hingga menjelaskan secara detail kapan Anda pergi. Hal tersebut tentunya sangatlah membahayakan, jangan sampai banyak orang yang mengintai rumah Anda karena tulisan di media sosial tersebut.

Buka Toko Gratis
Buka Toko Gratis

Buka Toko Gratis

Bisnis online kini sangat berkembang di Indonesia, karena tidak hanya praktis tetapi juga memberikan keuntungan berlipat ganda kepada para seller yang ingin memasarkan barangnya dengan cepat dan tepat sasaran.

Bingung mulai darimana? Bergabung saja di Ralali.com; Cara praktis, mudah, aman, dengan registrasi gratis dan tanpa komisi. Ralali.com memberikan kesempatan bagi para seller (distributor, retailer, reseller) yang belum memiliki toko bisnis online, untuk membuat toko dengan mudah dan gratis melalui website www.ralali.com.  Dengan metode pembayaran yang beragam yang terjamin keamanannya, Anda bisa dengan mudah memiliki toko sendiri dengan mudah. Segera kunjungi website www.ralali.com dan daftarkan segera toko bisnis Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.