Apa Saja Jenis dan Fungsi Gelas Kimia ? Berikut Ini Ulasannya.

0

Bagi Anda yang ingin mengetahui jenis dan fungsi gelas Kimia? – berikut ini akan diulas tentang jenis jenis gelas kimia beserta fungsinya masing masing. 

jenis fungsi gelas kimia jual gelas kimia
Image: ebayimg.com

Gelas kimia / gelas ukur atau dalam bahasa inggris disebut beaker glass merupakan sebuah wadah yang berbentuk silinder dengan dasar rata serta pada bagian mulutnya terdapat moncong ataupun paruh kecil yang memiliki angka untuk mengukur isi dalam wadah wadahnya.

Fungsi dari moncong tersebut ialah sebagai corong untuk menuangkan cairan supaya tidak mudah tumpah. Gelas kimia umumnya terbuat dari bahan kaca borosilikat, bahan tersebut tahan panas hingga mencapai suhu 200oC.

Ada pula beaker glass yang dibuat dari bahan plastik semisal polietilena, polipropilena serta PTFE. Dan ada pula yang terbuat dari bahan logam semisal stainless steel ataupun aluminium. Sama halnya seperti labu ukur, gelas beaker pun di lengkapi dengan garis-garis skala yang berfungsi sebagai penunjuk volume dengan ukuran yang beragam, itu kenapa sangat sering disebut sebagai gelas ukur.

Fungsi dan Jenis Gelas Kimia

Berikut ini akan dibahas fungsi gelas kimia beserta jenis – jenisnya.

Fungsi gelas kimia ( beaker glass )

Sebagai berfungsi sebagai gelas ukur, setidaknya terdapat 3 fungsi utama dari gelas kimia yang dapat di manfaatkan di laboratorium, antara lain:

  • Fungsi utamanya sendiri tentu sebagai gelas ukur, yaitu untuk mengukur volume larutan ataupun bahan yang tak memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi.
  • Digunakan sebagai wadah untuk menyimpan serta membuat larutan.
  • Digunakan sebagai wadah untuk memanaskan bahan di atas hot plate, ini hanya untuk gelas kimia yang terbuat dari bahan kaca borosilat.

Jenis gelas kimia

Gelas Kimia Griffin /A.

Gelas beaker Griffin mrupakan model beaker gelas yang kerap di jumpai di laboratorium. Gelas griffin berbentuk standar yaitu agak rendah dengan tinggi 1,4 kali diameter, dan dilengkapi dengan paruh serta moncong yang berfungsi sebagai corong. Alasan mengapa gelas ini disebut gelas griffin sebab gelas ukur ini di desain oleh John Joseph Griffin .

Gelas Kimia Berzelius / B.

Bentuk gelas kimia Berselius lebih ramping serta tinggi dengan ukuran tinggi sekitar 2 kali diameternya. Beaker gelas tipe berzelius ini dapat di pakai untuk titrasi. Alasan mengapa gelas ini disebut gelas berzelius sebab di desain oleh Jöns Jacob Berzelius.

Gelas Kimia Datar (flat beaker glass) / C.

Gelas kimia datar atau flat beaker glass sering disebut pula sebagai crystallizers, sebagian besar dipakai untuk melakukan kristalisasi , namun bisa pula dipakai sebagai wadah untuk dipakai dalam hot- bath pemanasan . Gelas ini tak mempunyai skala datar.

Untuk melihat berbagai gelas kimia dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual gelas kimia dengan varian merk dan jenis yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.