Bagaimana Agar Keselamatan Kerja di Pabrik dapat Terjamin?

0
Keselamatan Kerja di Pabrik jual alat safety
Image: www.engineersjournal.ie

Bagaimana Agar Keselamatan Kerja di Pabrik dapat Terjamin? – Keselamatan kerja di pabrik berkaitan degan kesejahteraan setiap pekerja. Hal tersebut mesti menjadi perhatian pemilik pabrik, sebab tenaga kerja mempunyai peran yang sangat penting dalam menciptakan produktivitas pabrik tersebut. Sementara itu, untuk bisa melakukan produksi secara maksimal, maka tenaga kerja membutuhkan dukungan dan jaminan keselamatan.

Baca: Poin Keselamatan Kerja Dasar di Perusahaan Anda

Terkait keselamatan kerja, sudah ada regulasi yaitu Undang Undang Nomor 1 Tahun 1990 mengenai keselamatan kerja di segala tempat entah itu di darat, di udara, di dalam tanah, di permukaan air dan yang lainnya yang ada di wilayah kekuasaan hukum Republik Indonesia.

Cara Menjaga Keselamatan Kerja di Pabrik

Pabrik adalah area kerja yang rawan akan kecelakaan, sebab di area pabrik terdapat mesin berukuran besar, serta udara panas. Bahan serta material yang dipergunakan pun tak seluruhnya aman untuk pekerja. Sehingga keselamatan setiap pekerja tak boleh disepelekan atau diabaikan begitu saja dan mesti menjadi perhatian yang paling utama.

Berikut ini sejumlah cara yang bisa dilakukan guna menjaga keselamatan kerja di pabrik.

Menerapkan Standard Operasional Procedure (SOP).

Pabrik mesti memiliki peraturan serta Standard Operasional Procedure  atau SOP yang benar serta tepat terkait keselamatan para pekerja. SOP tersebut menjadi pedoman untuk setiap pekerja dalam menjaga keselamatan sewaktu bekerja.

Menyediakan Safety Kit

Safety Kit adalah perangkat yang dipergunakan untuk melakukan pertolongan pertama sewaktu terjadinya bahaya. Contoh dari Safety kit ialah tabung pemadam kebakaran, jalur evakuasi, tangga darurat serta kotak P3K.

Menyediakan Alat Pelindung Diri (APD).

Pihak perusahaan wajib menyediakan atau memberi alat pelindung diri kepada setiap pekerjanya, supaya bahaya dari kecelakaan yang mungkin bisa terjadi bisa diminimalisir, alat pelindung diri tersebut meliputi Helm Safety, Kacamata Safety, Masker, Alat pelindung wajah, Sarung tangan Safety, Sepatu Safety dan alat pelindung diri lainnya.

Mengamankan Bahan Baku yang tak Berbahaya.

Beberapa pabrik mungkin saja memakai bahan baku yang berbahaya yang bisa membahayakan pekerjanya. Misalnya dalam penggunaan bahan kimia, pekerja salah mencampurkan bahan kimia, tentunya hal tersebut sangat berbahaya. Maka dari itu berilah pembelajaran kepada setiap pekerja mengenai cara bekerja yang benar dan berilah informasi mengenai apa saja bahan-bahan yang berbahaya serta cara menanganinya.

Keselamatan kerja di pabrik, menjadi tanggung jawab semua orang yang berada di area pabrik, baik itu pemilik perusahaan serta tenaga kerja. Keduanya mesti bekerja sama supaya terciptanya keselamatan serta kenyamanan bekerja.

Untuk melihat berbagai alat safety dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual alat safety dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.