Beragam Fungsi dan Jenis Anemometer

1
jenis anemometer jual anemometer
Image:

Beragam Fungsi dan Jenis Anemometer – Anemometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin dan digunakan untuk mengukur arah, alat ini biasanya sering digunakan oleh balai cuaca semisal Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Anemometer berasal dari bahasa Yunani yaitu anemos yang berarti angin. Angin sendiri merupakan udara yang bergerak ke seluruh penjuru arah, angin bergerak dari tempat satu menuju tempat lain. Pertama kali muculnya anemometer ialah pada tahun 1450 oleh seseorang berkewarganegaraan Italia ialah Leon Battista Alberti.

Alat ini harus diletakkan di tempat yang terbuka, sewaktu alat ini tertiup angin maka bagian baling-baling atau mangkuk yang terdapat pada alat tersebut akan ikut bergerak sesuai dengan arah angin. Semakin besar kekuatan atau kecepatan angin berhembus ke bagian mangkuk, maka akan kian cepat pula putaran piringan mangkuk tersebut. Cara untuk mengetahui kecepatan angin ialah dengan cara menilai jumlah putaran mangkuk dalam per satu detiknya. Pada alat ini juga terdapat komponen yang akan menghitung berapa kecepatan angin tersebut.

Baca: Macam – Macam Alat Ukur dan Fungsinya

Ada dua jenis anemometer, ialah anemometer yang digunakan untuk mengukur kecepatan angin ataupun velocity anemometer dan satunya ialah anemometer untuk mengukur tekanan angin atau anemometer tekanan. Anemometer yang sering digunakan dari kedua jenis anemometer tersebut yaitu velocity anemometer.

Velocity Anemometers

Cup Anemometers.

Anemometer tipe ini dibuat oceh Dr John Thomas Romney Robinson pada tahun 1846, ia berasal dari Armagh Observatory. Jenis ini terdiri dari 3 cup setengah lingkaran serta terpasang di setiap ujung gagang horizontal. Aliran udara akan melewati setiap cup serta akan memutar setiap gagang horizontal. Cup Anemometers biasanya dipakai untuk standar industri dalam penilaian studi sumber daya angin.

Windmill Anemometers.

Anemmeter ini berbentuk kincir angin atau baling-baling berbentuk panjang vertikal. Bentuk lain dari anemometer adalah bentuk kincir angin atau baling-baling. Berbentuk panjang vertikal. Dalam kasus di mana arah pergerakkan angin selalu sama, seperti dalam poros ventilasi tambang dan bangunan misalnya, baling-baling angin, yang dikenal sebagai meter air dapat memberikan hasil yang paling memuaskan.

Hot-wire Anemometers.

Anemometers ini memakai kawat halus yang dipanaskan. Udara akan mengalir melewati kawat yang mempunyai efek pendinginan terhadap kawat. Hot-wire Anemometer mempunyai frekuensi respon yang amat tinggi serta resolusi spasial yang baik jika dibandingkan metode pengukuran lainnya.

Laser Doppler Anemometers.

Anemometer jenis ini memakai sinar cahaya berasal dari laser yang terbagi menjadi dua balok. Anemometer jenis ini dipakai untuk menghitung kecepatan partikel udara yang berada di sekitar anemometer.

Sonic Anemometers.

Sonic Anemometer dikembangkan pertama kali tahun 1950. Anemometer jenis ini memakai gelombang suara ultrasonik punuk mengukur kecepatan angin.

Acoustic Resonance Anemometers.

Anemometer jenis ini diciptakan oleh Dr Savvas Kapartis serta dipatenkan oleh FT Teknologi tahun 2000. Anemometers sonic konvensional bergantung kepada waktu pengukuran penerbangan.

Ping Pong Ball Anemometers

Alat ini dirancang berdasarkan bola ping pong yang menempel pada string. sewaktu angin bertiup, ia menekan serta menggerakkan bola, karena bola ping-pong sangat ringan, maka bola ping-pong bisa bergerak dengan mudah walaupun angin yang bertiup sangat kecil.

Pressure Anemometers.

Plate Anemometers
Anemometer ini digunakan pada area yang tinggi sebab berbentuk pelat yang mempunyai hasil pengukuran yang baik terhadap ketinggian yang lebih tinggi.

Tube Anemometers.

Anemometer jenis ini terdiri dari kaca tabung berbentuk U yang berisikan cairan manometer atau pengukur tekanan, pada salah satu bagian ujungnya membungkuk dalam arah horizontal untuk menghadapi angin serta ujung vertikal yang lainnya tetap sejajar dengan aliran angin. Apabila angin bertiup ke dalam mulut tabung, maka akan meningkatkan tekanan pada satu sisi manometer dan perubahan cairan yang dihasilkan tabung U tersebut merupakan indikasi kecepatan angin.

Untuk melihat berbagai anemometer dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual anemometer dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

1 Komen
  1. […] Download Plan More @ news.ralali.com […]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.