Cara Mengukur Lemak Tubuh Anda

0

cara mengukur lemak tubuh

Cara mengukur lemak tubuh – Tak hanya mengukur berat badan, kita pun wajib memahami komposisi-komposisi pada lemak tubuh yang benar-benar penting guna memastikan kesehatan serta penampilan. Lemak tubuh mempunyai konotasi yang negatif, akan tetapi pada proporsi yang pas lemak termasuk bagian berharga dari pola makan serta kesehatan.

Pada zaman dahulu, kemampuan menyimpan ekstra lemak tubuh akan berpengaruh besar terhadap kemampuan dalam bertahan hidup ketika bencana kelaparan, yaitu sewaktu makanan maupun buruan sulit diperoleh. Malah di masa saat ini lemak pun dibutuhkan guna menjalankan fungsi tubuh, melindungi panas tubuh, serta menjaga organ dari trauma. Pada kaum wanita, lemak tubuh pun sangat dibutuhkan guna membantu fungsi kesuburan serta sistem hormonal.

Kendalanya yaitu semasa tubuh menyimpang lemak terlampau banyak. Hal ini akan mendatangkan banyak masalah kesehatan, dimulai dari kolesterol tinggi, intoleransi glukosa, hipertensi, hingga resistensi insulin.  Yang amat berbahaya jika lemak tersebut tertimbun pada bagian pinggang maupun pada bagian pinggul.

Lemak pada tubuh pria pada umumnya sekitar 8 sampai15 persen dari jumlah berat badan, sedangkan lemak pada wanita sekitar 20 sampai 30 persen, menurut Caroline Apovian, direktur Centre for Nutrition and Weight Management di Boston Medical Center. Yang mesti diperhatikan adalah komposisi-komposisi lemak berlebih rupanya tak sering timbul pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih. Ini bertanda, seseorang yang berat badannya normal pun, maupun dengan berat badan kurus pun, dapat mempunyai lemak tubuh yang tinggi.

Mengukur Lemak Tubuh

Ada sebagian cara mengukur terhadap lemak tubuh. Menurut Mary M.Flynn, peneliti di bidang gizi, yang amat akurat merupakan mengukur di bawah air, yaitu mengetahui berat seseorang saat berada di darat serta di bawah air. Namun peralatan untuk mengetahui seperti itu sungguh mahal serta belum banyak tersedia.

Panduan lainnya yang cukup akurat ialah Bioelectric Impedance Analysis (BIA). Alat ini berisi elektroda yang ditempatkan dibagian tangan serta bagian kaki sementara itu arusnya melewati semua tubuh. Pada umumnya alat ini terdapat di pusat kebugaran maupun rumah sakit. Cara paling simpel yaitu mengukur lingkar pinggang serta memastikan indeks massa tubuh. Lingkar pinggang pada wanita dengan lebih dari 35 inchi serta 40 inci untuk pria wajib diwaspadai.

Walaupun begitu, penghitungan indeks massa tubuh tak dapat dijadikan indikator lemak tubuh, terutama pada atlet serta para binaragawan. Seseeorang yang berusia kurang dari 18 tahun pun tidak pas apabila diukur menggunakan indeks massa tubuh. Cara lainnya untuk menentukan besaran lemak tubuh ialah dengan memakai semacam jangka kulit guna mengukur lemak dalam tempat spesifik tubuh. Namun menggunakan cara ini lebih rentan terhadap keliru.

Alat Ukur Kadar Lemak Tubuh Omron yaitu alat untuk mengukur kandungan lemak badan yang akurat hingga anda bisa mengikuti perubahan program kesehatan anda, apabila anda tengah melakukan program diet atau mungkin program yang lain. Alat Ukur Kandungan Lemak Badan sangat mudah dipakai karena semua hasil pengukuran dipertunjukkan pada monitor digital. Alat Ukur Lemak tubuh juga disertai dengan beragam fitur – fitur yang menarik serta sangat menolong Anda dalam mendapatkan info yang anda perlukan.

Ralali.com jual alat ukur lemak tubuh berbagai macam type dan merk ternama seperti Omron yang merupakan salah satu produk alat pengukur lemak tubuh yang sudah terkenal kualitasnya.

 

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.