Hati-hati! Seperti Ini Cara Merawat Mikroskop yang Benar dan Supaya Awet

2
Hati-hati! Seperti Ini Cara Merawat Mikroskop yang Benar dan Supaya Awet
Image: stamouli.iatrica.gr

Cara merawat mikroskop agar tetap awet – Mikroskop berasal dari bahasa yunani yaitu micros = kecil dan scopein = melihat. Dalam artian mikroskop adalah sebuah alat yang digunakan untuk melihat objek yang terlalu kecil jika dilihat secara kasat mata. Mikroskop adalah alat bantu yang bisa ditemukan hampir diseluruh laboratorium untuk bisa mengamati organisme berukuran kecil (mikroskopis). Sama seperti alat lainnya, mikroskop pun perlu diberikan perawatan dengan baik, supaya hasil yang diberikat akurat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Baca: Macam Macam jenis Mikroskop Beserta Fungsinya Masing Masing

Berikut ini adalah cara penggunaan dan cara merawat mikroskop agar tetap awet

Cara Merawat Mikroskop yang Benar dan Supaya Awet

Cara merawat mikroskop yang pertama yaitu mikroskop mesti disimpan di tempat yang kering, bebas debu, sejuk serta bebas uap asam serta uap basa. Tempat untuk menyimpan mikroskop yang sesuai adalah kotak mikroskop itu sendiri yang dilengkapi dengan silica gel, yang mempunyai sifat higroskopis sehingga area sekitar mikroskop tidak akan lembab. Tidak hanya itu saja mikroskop juga bisa disimpan di dalam lemari yang diberi lampu guna mencegah tumbuh atau munculnya jamur.

Pada bagian non optik mikroskop dibuat dari logam ataupun plastik, bagian tersebut bisa dibersihkan memakai kain fanel. Untuk membersihkan debu-debu yang terselip bisa memakai kuas kecil.

Lensa mikroskop (objektif, okuler, serta kondensor) dibersihkan dengan memakai tisu lensa yang diberi alkohol sekitar 70%. Jangan membersihkan lensa memakai sapu tangan ataupun kain lap.

Sisa minyak imersi di lensa objektif bisa dibersihkan dengan menggunakan xilol atau xylene. Dalam pemakaian xilol haruslah berhati-hati, jangan sampai cairan xilol menempel ke bagian mikroskop Non Optik, sebab akan merusak cat ataupun merusak bahan plastik, dan jangan pula cairan xilol menempel ke bagian lensa yang lainnya, kecuali pihak produsennya menyatakan jika tindakan tersebut aman.

Bersihkan terlebih dahulu sebelum menyimpan mikroskop, terlebih hapus seluruh minyak imersi pada permukaan lensa, sehingga partikel-partikel halus tidak bisa menempel serta menggumpal dan mengering. Minyak serta partikel-partikel halus pada lensa bisa mengaburkan serta mengakibatkan goresan. Hal tersebut akan menurunkan kemampuan lensa mikroskop.

Sebelum menyimpan mikroskop, sebaiknya meja mikroskop diatur lagi serta lensa objektif dijauhkan dari meja preparat dengan cara memutar alat penggeraknya ke keadaan seperti semula, kondensor diturunkan kembali dan intensitas lampu dikecilkan kemudian dimatikan.

Dengan mematuhi petunjuk pemakaian serta pemeliharaan mikroskop, diharapkan mikroskop bisa bertahan lebih lama untuk digunakan terhadap seluruh kegiatan laboratorium dan kegiatan lainnya.

Itulah beberapa cara merawat mikroskop agar tetap awet. semoga bermanfaat.

Untuk melihat berbagai mikroskop, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual mikroskop dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Dapatkan tambahan diskon 5% untuk semua produk.

Jual Mikroskop Digital USB
Jual Mikroskop Digital USB

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat
2 Komen
  1. cara merawat berkata

    di sekolahan bnyak yg rusak nih..

    1. Ahmad Vei berkata

      Harus dirawat dengan baik 😀

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.