Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi

1

Tertarik untuk menggunakan CCTV sebagai safety equipment? Perangkat ini mulai merebak beberapa tahun belakangan ini, perkantoran dan penginapan adalah industri yang kerap mengunakan sebagai alat pemantau sekaligus menjadi ‘mata’ tambahan satuan pengamanan.

Lama-kelamaan, banyak yang tertarik dengan perangkat ini, termasuk individu atau perorangan. Bahkan perusahaan properti atau pengembang perumahan mulai melengkapi sistem pengamanan tambahan dengan CCTV Camera.

Untuk Anda yang tertarik namun memiliki keterbatasan untuk melakukan instalasi jangan kuatir karena Kami akan memberikan beberapa jenis perangkat yang bisa Anda dapatkan terlebih dulu sebelum melakukan instalasi.

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Ilustrasi-Perlengkapan-CCTV

Daftar Perlengkapan CCTV Camera

Nah, berikut adalah daftar perlengkapan CCTV Camera wajib ada saat instalasi, hal ini sengaja Kami utarakan seiring kian banyak yang berminat terhadap perangkat jenis ini;

1. Monitor CCTV

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Monitor-CCTV-Jenis-LED

Sebagai perlengkapan pertama untuk melakukan instalasi CCTV Camera adalah adalah sebuah monitor, jenis monitor tak perlu istimewa apakan itu LCD atau CRT atau tabung, sejauh memiliki koneksi kabel coaxial maka monitor tersebut bisa digunakan.

Dan untuk tampilan visual, sebuah monitor ini tak hanya bisa menampilkan satu kamera saja tetapi 2×2, 2×2 dan 4×4. Oya, pembagian visual ini juga harus memperhatikan diameter monitor, jangan terlampau kecil jika akan membagi menjadi 4 bagian dari 4 kamera CCTV. Usahakan minimal ukuran layar 14 inci.

Harga monitor berkisar 300 ribu hingga 1 jutaan

2. Video Recorder Digital (DVR)

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Video-Recorder-Digital

Perlengkapan jenis ini berfungsi sebagai penyimpan data visual untuk direkam kemudian diubah menjadi video dan bisa dimunculkan pada televisi atau monitor. Format file ekstensi untuk hasil rekam beragam, GCIF, MPEG4 dan AVi, jadi Anda mudah menentukan mana yang akan Anda gunakan, dan umumnya kapasitas penyimpanan sekitar 100GB lebih dan bisa diupgrade hingga 1 terabyte.

Harga DVR berkisar 1 jutaan

3. CCTV Camera

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
CCTV-Camera-Jenis-Fixed-Dome

Inilah perlengkapan wajib ada saat hendak melakukan instalasi, tanpa alat ini maka gambar yang dihasilkan tidak ada. Untuk menentukan jenis CCTV Camera, berikut beberapa yang bisa Anda pilih;

– Fixed Dome

– IP Camera

– Wireless Camera

– Pan/ Tilt/ Zoom Camera

Pemilihan ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan apabila hendak menggunakan semua jenis inipun tidak masalah. Namun, Anda juga sebaiknya mempertimbangkan spesifikasi dan sensor yang dimiliki setiap kamera, seperti;

– CCD

– TV Lines

– LUX

– Varifocal

– DLL

Dan pada dasarnya semua jenis masuk dalam kategori baik, hanya saja disesuaikan dengan baik dari segi jarak pantau objek dengan camera, kemudian output visual monitor dan alat pengolah gambar atau perekamnya. Jika beberapa hal tersebut diperhatikan, termasuk perawatan setiap perangkat maka performa perlengkapan instalasi CCTV camera bekerja dengan baik meskipun seluruh jenis mengunakan kualitas standar.

Lihat : [Jangan Asal Beli CCTV Camera]

Harga CCTV camera berdasarkan jenisnya berkisar 100 ribu – 1 jutaan

4. Adapter dan Power Supply

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Adapter-dan-Power-Supply-CCTV

Pada alat ini Anda bisa menggunakan jenis adapter dan power supply apa saja dan merk apa saja, sejauh sesuai dengan daya yang cocok dengan perangkat camera, monitor dan sebagainya. Umumnya tegangan yang digunakan untuk kamera pengintai ini adalah 12v DC, 24v AC-DC.

Harga adapter dan power supply berkisar 300 ribu – 1 jutaan

5. Kabel Power

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Kabel-Power-CCTV-dan-Coaxial-Kabel-RG-59

Untuk jenis kabel ini Anda bisa menyesuaikan daya yang diperlukan oleh perangkat lain atau AC 220v ke adaptor dan power supplay, hati-hati dan jangan terbalik. Untuk jenis kabel Anda bisa menggunakan 2×1,5mm dan 3,25mm disertai dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman.

Harga kabel power kedua jenis ini berkisar antara 10 – 15 ribuan

6. Crimp Kabel

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Crimp-Kabel

Ini adalah salah satu alat utama wajib ada dalam daftar perlengkapan CCTV Camera, Crimp merupakan sebuah tang pemotong kabel, keunikannya yang tak dimiliki jenis tang lain adalah, Crimp khusus di desain untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial. Anda bisa tidak menggunakan alat ini namun agak sukar, jika menggunakan ini maka tyerlihat lebih rapih dan cepat.

Harga tang crimp kabel coaxial ini berkisar 100 – 300 ribuan

7. Kabel Coaxial

Seperti yang sebelumnya disebutkan, kabel ini merupakan perantara sinyal video yang direkam melalui kamera pengintai, jenisnya ada beberapa, diantaranya adalah;

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Kabel-Coaxial-Berbagai-Jenis

– RG-59, untuk penggunaan jarak sekitar 750 kaki

– RG-6, untuk penggunaan jarak 1000 kaki

– RG-11, untuk penggunaan 1500 kaki atau lebih

Harga kabel coaxial satu rol berkisar 1 – 10 jutaan

8. Konektor RF

Daftar Perlengkapan CCTV Camera Wajib Ada Saat Instalasi
Bayonet-Neil-Concelman-(BNC)

Biasanya ini disebut sebagai bayonet neil concelman (BNC), berfungsi sebagai penghubung antara CCTV Camera dengan Alat perekam (DVR) atau langsung ke monitor. Sebagai daftar perlengkapan CCTV Camera wajib ada saat instalasi tentu ini tak kalah penting dengan alat lainnya.

Harga konektor RF atau BNC ini berkisar 15 ribuan.

Bagaimana, apakah masih tertarik untuk memasang perlengkapan CCTV Camera? Tak perlu berpatokan dengan harga mahal, seperti yang sebelumnya Kami utarakan bahwa jika pemasangan sesuai dan pas maka dengan perlengkapan standar maka kualitas hasil dan kinerja bisa lebih baik ketimbang menggunakan perangkat mahal. Semoga daftar perlengkapan CCTV Camera wajib ada saat instalasi ini berguna untuk Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.