Ini Dia Penyebab AC Tidak Dingin

3

Ini Dia Penyebab AC Tidak Dingin

Ini Dia Penyebab AC Tidak Dingin – Air Conditioner atau bisa disebut AC adalah alat yang berguna untuk menjaga suhu sebuah ruangan supaya selalu dalam keadaan nyaman untuk tubuh, seiring berjalannya waktu kemampuan AC dalam mendinginkan ruangan pun akan berkurang atau bahkan tidak dingin sama sekali.

Artikel lainnya : 5 Tips Mudah Dalam Menghemat Energi

Berikut ini merupakan beberapa faktor penyebab dari AC yang tidak bisa mendinginkan ruangan yang kerap terjadi khususnya pada sistem refrigran :

– Evaporator Kotor

Evaporator adalah komponen mesin pendingin yang berguna untuk menyerap panas di dalam ruangan menuju ke luar ruangan dengan media refrigran sebagai perantaranya. Apabila evaporator kotor maka mengakibatkan dalam penyerapan panas tidak akan maksimal karena sirkulasi udara terhalang oleh kotoran yang menempel terhadap evaporator. Untuk mengatasinya mesti dilakukan Service Cleaning guna membersihkan evaporator.

– Kondensor Kotor

Kondensor adalah komponen dalam sistem refrigran yang berguna dalam membuang kalor yang sudah diserap oleh refrigran melalui evaporator. Apabila kondensor terebut kotor maka akan mengakibatkan udara tidak bisa melewati kondensor dengan baik, dan temperatur pada kondensor akan semakin naik sebab terjadinya perpindahan kalor dari refrigran ke lingkungan.

– Refrigran Berkurang

Refrigran atau lebih sering disebut dengan freon adalah zat yang amat penting di dalam sistem refrigran karena mempunyai fungsi sebagai media guna memindahkan suhu panas dari dalam ruangan menuju ke luar ruangan. Oleh karena itu sewaktu refrigan kurang maka akan menyebabkan proses penyerapan panas tidak bisa terjadi pada semua bagian evaporator sehingga menyebabkan AC tidak bisa mendinginkan secara maksimal. Untuk mengatasi masalah ini mesti menambahkan freon.

– Kompresor Lemah

Kompresor adalah komponen yang sangat berpengaruh dalam sistem pendingin karena mempunyai fungsi untuk mensirkulasikan refrigran sehingga bisa terjadi perpindahan kalor dari dalam ruangan menuju ke luar ruangan. Apabila kompresor lemah maka akan menyebabkan sirkulasi refrigran lebih lambat dari kondisi normal, sehingga menyebabkan perpindahan kalor pun akan melambat. Untuk mengatasi masalah ini maka perlu dilakukan perbaikan ataupun penggantian kompresor. Kompresor yang lemah bisa diakibatkan oleh mekanik, lilitan ataupun komponen pendukung semisal oli serta kapasitor.

Itulah beberapa penyebab AC tidak dingin yang kerap terjadi, baiknya dilakukan servis atau cek secara berkala agar AC tetap dapat digunakan untuk membuat ruangan anda tetap dingin dan nyaman. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat untuk anda.

Editor : Metha

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat
3 Komen
  1. said atan berkata

    thank you sob

    1. Ahmad Vei berkata

      Sama2 🙂 Terimakasih sudah membaca artikel news.ralali.com 🙂

  2. Bersih berkata

    Klau cuma evaporatornya kotor bersihkan sendiri aja bisa, enteeengg……..

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.