Ternyata Bor itu Memiliki Banyak Jenis, Ingin Tahu? Berikut adalah Jenis-Jenis Mesin Bor

0

jenis jenis mesin bor

Mesin bor merupakan mesin yang dapat melubangi sebuah benda dengan cara memutarkan mata bor dengan kecepatan tertentu yang arah mata bornya hanya pada sumbu mesin tersebut. Sedangkan pengeboran merupakan peras yang menghasilkan lubang berbentuk bulat dalam suatu pekerjaan memakai pemotong yang berputar yang disebut BOR.

Jenis – Jenis Mesin Bor

Saat ini terdapat banyak jenis mesin bor, pada setiap jenis memiliki fungsi dan kegunaannya masing – masing. Berikut ini adalah beberapa jenis mesin bor yang ada dipasaran.

Mesin bor meja

Mesin bor meja merupakan mesin bor yang ditaruh di atas meja, mesin bor ini juga sering disebut sebagai mesin bor duduk. Mesin ini dipakai untuk membuat lobang pada suatu benda Erta dengan diameter kecil. Prinsip kerja dari mesin bor meja ialah putaran motor listrik diteruskan ke poros mesin, sehingga poros berputar. Kemudian poros berputar yang sekaligus sebagai pemegang mata bor bisa digerakkan naik dan turun dengan bantuan roda gigi lurus serta gigi rack yang bisa mengatur tekanan pemakanan ketika pengeboran.

Baca Juga : Review Gerinda Makita 9006N

Mesin bor tangan

Mesin bor jenis tangan merupakan mesin bor yang cara pengoperasiannya memakai tangan serta bentuknya pun mirip seperti pistol. Mesin bor ini umumnya dipakai untuk melubangi tembok kayu ataupun plat logam. Tidak hanya dipakai untuk melubangi saja, mesin bor jenis ini pun bisa dipakai untuk mengencangkan ataupun melepaskan baut sebab dilengkapi dengan dua putaran yaitu kiri serta kanan. Mesin bor tangan tersedia dalam bermacam ukuran, kapasitas, fungsi serta bentuknya masing-masing.

Mesin bor Radial

Mesin bor jenis ini khusus didesain untuk mengebor benda-benda kerja yang berukuran besar serta berat. Mesin bor ini langsung dipasang di lantai, sedangkan untuk meja mesinnya sudah terpasang secara permanen terhadap landasan ataupun alas mesin. Pada mesin ini, benda kerjanya tik bergerak. Untuk menjangkau proses pengeboran terhadap benda kerja, pada poros utamanya yang digeser ke kanan serta ke kiri dan bisa digerakkan naik turun melalui perputaran batang berulir.

Mesin Bor Tegak atau Vertical Drilling Machine

Mesin bor jenis ini dipakai untuk mengerjakan benda kerja yang ukurannya lebih besar, di mana proses pemakanan dari mata bor ini bisa dikendalikan naik turun secara otomatis. Pada proses pengeboran, proses utamanya digerakkan naik turun sesuai dengan kebutuhan.

Mesin bor koordinat

Mesin bor ini pada umumnya sama dengan mesin bor yang lainnya, bedanya terletak pada sistem pengaturan posisi pengeboran. Mesin bor koordinat dipakai untuk membuat atau membesarkan lubang dengan jarak titik pusat serta diameter lubang antara masing-masingnya mempunyai ukuran serta ketelitian yang tinggi. Untuk memperoleh ukuran ketelitian tinggi tersebut dipakai memerlukan meja kombinasi yang bisa diatur dalam arah melintang serta memanjang dengan bantuan sistem optik. Ketepatan serta ketelitian ukuran dengan sistem optik bisa diatur hingga menjangkau toleransi 0,001 mm.

Mesin bor lantai

Mesin bor lantai merupakan mesin bor yang dipasang di lantai. Mesin bor ini disebut juga dengan sebutan mesin bor kolam. Mesin bor jenis ini umumnya dibuat untuk mengebor benda kerja yang besar serta berat.

Mesin bor berporos

Mesin bor berporos memiliki lebih dari satu spindel. Mesin bor jenis ini dipakai untuk melakukan sejumlah operasi secara sekaligus, sehingga akan lebih cepat untuk melakukan produksi masal.

Kesimpulan dari artikel ini adalah agar kita bisa lebih mengetahui jenis – jenis mesin bor beserta fungsinya masing – masing. Hal ini penting terutama bagi Anda yang memiliki usaha seperti usaha pertukangan kayu agar bisa memaksimalkan kegunaan dari mesin bor.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.