Kekurangan dan Kelebihan Jenis Alat Pelindung Pendengaran

0
Jenis Alat Pelindung Pendengaran jual pelindung telinga
Image: lipsig.com

Kekurangan dan Kelebihan Setiap Jenis Alat Pelindung Pendengaran – Banyak cara untuk mencegah tuli yang diakibatkan kerja salah satunya ialah dengan memperkecil kebisingan dari semua sumbernya. Akan tetapi kondisi kerja tertentu sangat sedikit bahkan tak ada yang dapat dilakukan guna memerangi kebisingan pada sumbernya. Maka dari itu salah satu cara lainnya yang bisa dilakukan ialah menggunakan alat pelindung pendengaran atau Hearing Protection guna mengurangi kapasitas suara yang masuk ke telinga.

Baca: Fungsi Alat Pelindung Pendengaran dalam K3

Pekerja wajib mengenakan alat pelindung pendengaran apabila kebisingan maupun tingkat suara di area kerja melampaui 85 desibel. Efektivitas alat ini akan berkurang apabila aki ini tidak fit maupun tidak tepat ketika dipakai ataupun apabila alat ini hanya digunakan sebagian waktu saja selama periode paparan kebisingan.

Terdapat tiga tipe alat pelindung pendegaran atau Hearing Protection, yaitu:

  • Ear plug: ditunjukkan untuk memblokir saluran telinga, alat ini berbentuk premolded (preformed) maupun moldable (busa). Biasanya Ear plug dijual sebagai produk untuk sekali pakai saja.
  • Semi-insert ear plug: alat ini dua ear plug yang terpasang di bagian ujung head band.
  • Ear muff : Penutup telinga ini berbahan lembut yang bisa menurunkan kebisingan dengan cara menutupi seluruh bagian telinga serta ditahan maupun dipegang oleh head band.

Bagaimana cara memilih alat pelindung pendengaran atau Hearing Protection yang tepat?

Pemilihan alat pelindung pendengaran tergantung pada berapa faktor antara lain kenyamanan, tingkat kebisingan serta kesesuaian alat tersebut untuk pekerja serta lingkungan kerjanya. Yang terpenting ialah alat pelindung pendengaran mesti bisa mengurangi kebisingan. Apabila paparan kebisingan ialah intermiten maka alat yang tepat untuk dipergunakan ialah Ear Muff.

Bagaimana supaya bisa mengetahui seberapa besar alat ini dapat mengurangi kebisingan ?

Setiap produsen alat ini memberikan informasi mengenai kemampuan pengurangan kebisingan dari alat pelindung ini.

Apa keterbatasan serta keuntungan dari Ear Muff dan Ear Plug?

Ear Plug dibentuk supaya sesuai dengan telinga penggunanya serta bisa dikenakan kembali. Sisi positif Ear Plug ini mudah dikenakan, lebih murah serta lebih nyaman apabila dikenakan di area kerja panas maupun lembab. Sisi negatifnya ialah Ear Plug kurang memberikan perlindungan dari pada Ear Muff serta tak boleh dikenakan di area yang mempunyai tingkat kebisingan lebih dari 105 dB.

Sedangkan untuk Ear Muff sisi positifnya ialah lebih tahan lama dari Ear Plug serta Ear Muff terdapat bagian yang bisa diganti dan untuk sisi negatif dari Ear Muff ini ialah harganya lebih mahal serta kurang nyaman dikenakan di area panas.

Untuk melihat berbagai alat pelindung telinga dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual pelindung telinga dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.