Inilah Cara Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas

0
Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas
Image: http://www.akhmadtefur.com

Menentukan Arah Kiblat Dengan Kompas masih dipercaya efektif oleh sebagian besar umat muslim. Padahal kompas saat ini alat bantu untuk menentukan garis utara serta garis selatan. Proses dalam mengukur arah sudut kiblat melalui arah matahari masih memerlukan perhitungan yang lebih cermat serta matang. Sebab kompas pun mempunyai kelemahan, antara lain nilai sudut deklamasi kompas pada setiap negara berbeda-beda. Kompas terlebih dahulu mesti diposisikan ke arah kutub utara serta kutub selatan, akan tetapi kerap kali arah kompas berubah karena pengaruh sejumlah benda di sekitarnya yang bermateri besi.

Akan tetapi sewaktu berpergian dan Anda tidak punya pilihan dalam menentukan arah kiblat selain menggunakan kompas, maka ikutilah langkah berikut.

Menentukan Arah Kiblat dengan Kompas

Langkah pertama yang mesti dilakukan ialah kompas mesti berada di bidang datar. Apabila jarum kompas menunjuk ke arah yang sesuai medan magnet, maka tarik garis searah utara serta selatan.

Buatlah garis tegak lurus memotong garis utara serta selatan, di mana garis tersebut menunjukkan arah barat hingga timur. Apabila arah barat sudah diketahui maka buatlah garis sesuai nilai perhitungan arah kiblat sesuai dengan deklarasi magnetik, sebab sistem kerja kompas ialah gaya gravitasi bumi dan medan magnet.

Dari cara seperti tadi nampaknya menentukan arah kiblat menggunakan kompas biasa masih terlalu rumit. Sehingga anda mesti memakai kompas yang fungsi utamanya ialah untuk menentukan arah kiblat, terdapat satu jenis kompas berspesifikasi khusus untuk menentukan arah kiblat yaitu Kompas Arah kiblat.

Kompas tipe ini sudah banyak tersedia di toko-toko, dengan menggunakan kompas ini maka Anda tak mesti menghitung arah dengan tingkat kesulitan serta kerumitan rumus, karena kompas arah kiblat bisa dipergunakan di mana saja bahkan di luar negeri sekalipun. Cara pemakaian kompas kiblat ini lebih mudah dibanding dengan kompas biasa, tersedia pula buku panduan cara memakainya dalam satu paket pembelian.

Selain menggunakan kompas, anda pun bisa menentukan arah kiblat secara online menggunakan aplikasi kompas untuk hp android, sangat banyak apps compas di google play store yang bisa anda download, cara penggunaannya pun sangat mudah dan tidak ribet. Yang diperlukan hanya akses internet untuk bisa mendownloadnya di google play store, serta smartphone android.

Artikel Kompas Lainnya :

Dengan adanya artikel arah kiblat menggunakan kompas ini diharapkan umat muslim bisa menjalankan kewajiban sholat di manapun berada. Menentukan arah kiblat menggunakan kompas jenis ini bisa menjadi alternatif pilihan yang terbaik supaya tidak ketinggalan waktu untuk menjalankan sholat.

Untuk melihat berbagai kompas dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual kompas dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Beli Kompas Di sini Harga Diskon

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.