Mengenal 3 Jenis Kompas

0

Mengenal 3 Jenis Kompas

Mengenal 3 Jenis Kompas – Kompas merupakan alat petunjuk arah yang cara kerjanya berdasarkan gaya medan magnet. Pada alat kompas selalu ada sebuah magnet sebagai komponen utamanya. Magnet tersebut umumnya berbentuk sebuah jarum penunjuk. Ketika magnet penunjuk tersebut dalam kondisi bebas, maka akan mengarah ke arah utara dan arah selatan. Dasar inilah yang dijadikan acuan pembuatan kompas serta alat navigasi lainnya yang berbasis medan magnet.

Pada kompas terdapat 3 komponen antara lain badan kompas, arah mata angin serta jarum magnet. Badan kompas berguna sebagai pelindung serta pembungkus komponen utama pada kompas. Komponen arah mata angin biasanya berupa lingkaran 360° dan komponen jarum magnet dipasang sedemikian rupa supaya bisa berputar dengan bebas secara horizontal.

Kompas terbagi menjadi 3 jenis yaitu kompas orientering (kompas silva), kompas bidik (kompas prisma), serta kompas biasa.

Kompas jenis bidik atau disebut juga sebagai kompas prisma, berfungsi untuk mempermudah serta menghitung sudut sasaran bidik suatu tempat ataupun benda secara langsung. Cara menggunakannya yaitu dengan cara membidik langsung kompas terhadap sasaran dan sekaligus membaca sudut sasaran skala kompas. Besar sudut yang dihasilkan oleh arah bidikan serta arah jarum ke arah utara itulah sudut sasarannya.

Kompas silva atau kompas orienteering berfungsi untuk memudahkan penghitungan serta pembacaan terhadap peta secara langsung. Pembungkus ataupun badan kompas jenis ini selalu dibuat transparan supaya memudahkan pembacaan terhadap peta yang ditaruh dibawahnya.

Kompas biasa adalah kompas dasar yang berguna punuk penunjuk arak berlandaskan prinsip gaya magnet. Ukuran pada kompas bias pada umumnya berukuran lebih kecil dari kompas silva serta kompas bidik. Apabila digunakan hanya sebatas untuk penunjuk arah saja maka kompas biasa lebih diandalkan sebab lebih praktis.

Untuk menngunakan kompas, selalu gunakan dalam kondisi rata-horizontal. Hal tersebut bertujuan supaya jarum magnet penunjuk arah bisa berputar bebas horizontal untuk mengarah ke arah utara ataupun ke arah selatan. Kebebasan pada gerak jarum magnet akan berpengaruh pada keakuratan penunjukan sebuah kompas.

Untuk melihat berbagai Kompas dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual Kompas dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.