Jangan Salah, Router dan Modem Berbeda

0

Router dan Modem

Banyak yang menganggap bahwa router dan modem merupakan satu perangkat. Sebenarnya, router dan modem adalah dua hal yang berbeda. Perbedaannya terletak pada fungsi masing-masing bagian tersebut. Router dan modem mempunyai fungsi serta peran yang berbeda.

Router merupakan perangkat yang mempunyai tugas untuk membagi setiap jaringan internet menuju bermacam perangkat penerima sinyal. Router pun mempunyai peran untuk menciptakan hubungan dari dua atau lebih jaringan dan menyampaikan data dari sebuah jaringan terhadap jaringan lainnya. Peran tersebut hampir serupa dengan switch. Switch adalah media penghubung dari bermacam alat yang pada akhirnya menciptakan sebuah sistem komputer. Komputer yang mulanya saling terpisah dapat saling berkomunikasi dalam sistem yang terhubung. Sistem yang terhubung tersebut dinamai Local Area Network (LAN).

Baca: 6 Langkah Mudah Supaya Internet Router Wi-Fi Tidak Lambat

Sedangkan modem (modulator demodulator) adalah bagian dari perangkat keras yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan jaringan telepon dengan sebuah perangkat komputer. Modem akan mengubah sinyal telepon, yang pada awalnya mengirimkan sinyal suara menjadi sinyal data.

Menghubungkan jaringan telepon dengan komputer dapat dilakukan dengan sistem kabel dan juga non-kabel. Untuk modem yang menghubungkan jaringan telepon dengan komputer melalui kabel biasanya memanfaatkan sistem jaringan telepon rumah ataupun fix line.

Untuk modem yang menghubungkan jaringan telepon dengan komputer melalui kabel mempunyai kelebihan yaitu adanya kestabilan koneksi data. Tidak hanya itu saja, kemampuan serta kecepatan koneksinya pun lebih terjamin dari pada dengan sistem non kabel.

Namun modem yang menghubungkan jaringan telepon dengan komputer melalui kabel pun mempunyai kelemahan. Kelemahannya antara lain penggunaan koneksi menjadi terbatas dan hanya pada tempat tertentu saja. Selain itu, jika ingin memindahkan koneksi ke area atau tempat lain maka akan lebih repot sebab harus memindahkan banyak perangkat.

Untuk melihat bermacam modem dan router, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual modem dan router berkualitas dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.