10 Suku Cadang dan Aksesori Sepeda Terbaik Agar Gowes Tetap Aman

0

Bersepeda menjadi salah satu jenis olahraga yang bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental. Terlepas dari tren sementara maupun olahraga sebagai hobi, kebanyakan orang memang menekuni olahraga sepeda dengan cukup serius. Ya, salah satu daya tarik bersepeda adalah modifikasi yang bisa dilakukan sebagai bagian dari tren atau gaya hidup.

Aksesori dan suku cadang sepeda bukan hanya bisa dipakai pemanis, tapi juga untuk mendukung fitur utama sepeda. Sepeda akan berfungsi lebih aman dan nyaman saat digunakan untuk melaju di jalanan. Jadi, tidak semua aksesori sepeda berfungsi untuk gaya-gayaan, kok. Ada banyak suku cadang dan aksesori tambahan yang memang memiliki fungsi khusus untuk menjaga kualitas sepeda tetap optimal.

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

Bersepeda jadi salah satu rutinitas olahraga yang sehat dan menyenangkan. (Foto: Pexels)

Di masa pandemi, World Health Organization lebih menyarankan penggunaan sepeda atau berjalan kaki bagi siapa pun yang perlu bepergian. Hal ini dianjurkan untuk dapat meminimalisasi kontak fisik sehingga penyebaran virus corona dapat diminimalisasi. Namun, mungkin Anda termasuk salah satu yang memang sudah terbiasa bersepeda karena hobi.

Nah, bersepeda sangat bermanfaat untuk dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, Anda juga bisa melatih keseimbangan tubuh saat mengendalikan pedal dan setang. Dengan posisi bersepeda yang baik, postur tubuh akan tetap terjaga dengan baik. Bagian betis, lutut, dan paha juga dapat dilatih secara teratur untuk tulang kaki yang lebih kuat.

Rekomendasi Spare Part Sepeda Terbaik

Saat baru saja membeli sepeda, mungkin belum ada hal-hal yang dirasa kurang. Ya, sepedanya masih baru dan kinclong, pasti masih terasa sempurna saat dipakai. Namun, setelah beberapa kali pemakaian, pasti mulai terasa ada yang kurang. Belum lagi jika Anda bersepeda dengan teman-teman komunitas. Nah, ada baiknya Anda mulai mengetahui aksesori dan spare part apa yang Anda butuhkan.

Lampu Sepeda

Tidak semua sepeda dilengkapi dengan lampu yang bisa langsung dipakai berkendara. Memang, sudah ada mata kucing yang cukup untuk menyorotkan cahaya saat kegelapan malam, tapi rasanya lebih afdol jika pakai lampu tambahan yang dijual terpisah. Jenis lampu sepeda ada dua yaitu lampu depan dan lampu belakang dengan jenis lampu LED tahan air.

Saat menggunakan lampu tambahan, pengendara lain akan lebih waspada, terutama ketika lampu bisa berkedip-kedip layaknya lampu sein. Nah, bagi yang suka bersepeda sejak waktu subuh atau malah malam hari, fungsi lampu sepeda akan jadi aksesori yang penting.

Pembersih Rantai

Bagian rantai sepeda juga menjadi komponen penting yang harus berfungsi secara optimal. Karena itulah, Anda harus menjaga kebersihan rantai sepeda dengan menggunakan cairan pembersih. Bagian gir sepeda juga perlu dibersihkan dari kotoran dan minyak yang membandel. Hal ini akan mencegah terjadinya korosi pada bagian rantai dan gir. Jadi, bersepeda akan tetap aman dan nyaman, deh!

Pelumas Rantai

Apa perbedaan pembersih rantai dan pelumas rantai? Hal ini serupa, tapi tak sama. Fungsi pelumas lebih dikhususkan pada perawatan rantai sepeda. Salah satu merek yang cukup populer adalah Novapro Lube. Keunggulan produk ini berfungsi untuk mengurangi risiko perenggangan antara pin rantai dan bushing. Hal ini akan berfungsi efektif meningkatkan kecepatan penetrasi di dalam toleransi dekat.

Novapro Indonesia merupakan salah satu produsen manufaktur produk perawatan sepeda yang terpercaya. Meskipun produksi lokal, inovasi produknya yang inovatif membuat para pesepeda mempercayakan perawatan sepedannya dengan menggunakan produk Novapro. Produk-produk Novapro Indonesia juga bisa didapatkan di Ralali.com.

Drivetrain

Selain pembersih dan pelumas rantai, Anda tentu ingin tetap menjaga bodi sepeda tetap kinclong bukan? Nah, Anda bisa menggunakan cairan aerosol yang berfungsi untuk dapat membersihkan bagian frame, ban, dan bearing sepeda.

Pompa Ban

Para pesepeda juga tetap harus siap sedia terhadap kemungkinan terjadinya hal tidak terduga. Selalu siapkan pompa ban untuk dapat dipakai saat sedang mengendarai sepeda. Ada banyak pompa ban yang bisa dibawa ketika bersepeda. Pilih pompa ban yang ringkas sehingga lebih mudah dibawa bersepeda.

Kunci L

Kunci L akan membantu mengencangkan sambungan spare part sepeda. (Pexels/Ksenia Chernaya) 

Sepeda juga terdiri atas beberapa bagian yang tersambung, salah satunya bagian kerangka dan stang sepeda. Kunci L berfungsi untuk dapat meminimalisasi kemungkinan adanya bagian sambungan yang kendur dan harus dikencangkan kembali. Akan jadi hal yang bagus jika sambungan sepedamu tidak kendur, tapi kunci L bisa bermanfaat untuk membantu orang lain yang butuh jika Anda membawanya.

Hand Grip Double Lock

Kendali pada stang sepeda adalah hal yang paling penting untuk dapat dilakukan oleh pesepeda. Tidak sedikit orang yang mudah berkeringat, terutama di bagian tangan. Keringat akan membuat telapak tangan licin sehingga bisa berbahaya jika tangan tergelincir secara tidak sengaja. Anda bisa kehilangan kendali saat sepeda menghentak lubang atau batu di jalanan.

Nah, grip double lock berfungsi untuk dapat menjaga stang tetap ajeg saat digunakan. Tangan dapat menggenggam stang dengan kokoh sehingga Anda bisa bersepeda dengan lebih aman. Pilihan warna grup sepeda ini juga tersedia dalam berbagai pilihan yang bisa disesuaikan dengan warna frame sepeda Anda.

Rotating Hook Cable Clips

Aksesori satu ini mungkin terkesan mungil dan tidak penting. Jangan salah, sepeda Anda mungkin membutuhkan klip kabel ini agar dapat tetap aman selama bersepeda. Kabel rem seoeda akan lebih mudah diposisikan dan tidak menjulur berantakan ke mana-mana. Dengan begitu, kabel akan lebih awet dan terhindar dari risiko terpelintir dan sebagainya.

Bagi para produsen yang memiliki produk perlengkapan sepeda, saat ini ada banyak kesempatan untuk dapt menjual produk dalam jumlah besar. Ralali.com juga menyediakan produk perawatan sepeda yang berkualitas untuk dapat Anda dapatkan dalam jumlah satuan maupun grosiran. Jadi, jangan lupa untuk tetap merawat sepeda Anda agar tetap aman dengan produk perawatan sepeda terbaik dari distributor terpercaya!

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.