5 Alasan Mengapa Harus Ambil Peluang Usaha Bisnis Hotel

0

Mulai berbisnis pastinya akan menjadi pengalaman yang menantang. Namun tentunya berbisnis tidak boleh asal-asalan. Terutama dalam memilih jenis bisnis yang akan diambil.

peluang usaha bisnis hotel
imagesource : sijori

Ada banyak jenis bisnis, salah satunya adalah perhotelan. Bisnis ini sudah ada dari ribuan tahun yang lalu. Bahkan sekarang bisnis perhotelan semakin menjamur karena potensi keuntungannya memang tinggi walaupun risiko bisnisnya juga cukup besar. Namun semua risiko tersebut masih merupakan risiko yang dapat dikontrol, diminimalisir, bahkan dicegah dengan perencanaan bisnis yang baik.

Keuntungan Ambil Peluang Usaha Bisnis Hotel

Terdapat beberapa alasan dan keuntungan mengambil peluang di bisnis perhotelan dibandingkan bisnis lainnya. Alasan tersebut antara lain adalah:

  1. Potensi Keuntungan
    Keuntungan bisnis hotel rata-rata adalah 15-20 persen per tahun. Angka ini tergolong sangat besar karena rata-rata bisnis hanya mampu menghasilkan keuntungan 10-15 persen saja per tahun.
  2. Keberlangsungan Bisnis yang Terjamin
    Mobilitas orang semakin tinggi baik itu untuk berwisata, “mengungsi sementara dari rumah”, hingga perjalanan bisnis. Perilaku tersebut akan selalu ada, dan tentunya akan membutuhkan keberadaan hotel.
  3. Prosedur Baku yang Sudah Terbukti
    Cara membuka usaha bisnis hotel sudah bukan hal yang bersifat rahasia lagi. Sudah ada penyedia franchise perhotelan, serta adajuga konsultan dan profesional yang siap membantu anda membangun hotel yang lengkap dari bangunan, pegawai, hingga prosedur operasional. Dengan cara tersebut maka anda lebih praktis dalam membangun hotel.
  4. Sebenarnya Tidak Butuh Biaya Besar
    Memang benar untuk membangun hotel butuh uang yang tidak sedikit. Namun sebenarnya jumlah yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Anda bisa menyesuaikan ukuran hotel dengan biaya investasi yang hendak anda keluarkan. Selain itu, modal awal juga sebenarnya bisa dengan cara crowd-funding. Tidak perlu terlalu repot mencari teman untuk crowd-funding karena sudah cukup banyak web yang memberikan kesempatan crowd-funding. Namun pastikan memilih hanya web yang sudah terdaftar di OJK.
  5. Dukungan Pemerintah
    Saat ini pemerintah sedang giat-giatnya melakukan berbagai program branding daerah untuk meningkatkan pariwisata. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi dunia perhotelan karena perhatian pemerintah pada pariwisata akan meningkatkan jumlah wisatawan dan meningkatkan kebutuhan tempat menginap bagi para wisatawan.


Selain kelima alasan di atas, sebenarnya ada beberapa alasan lain mengapa harus mencoba mulai masuk dunia perhotelan. Tenang, walaupun hotel-hotel di Indonesia jumlahnya cukup banyak, namun sebenarnya ketersediaan hotel di Indonesia masih kurang. Apalagi mengingat jumlah wisatawan ke Indonesia akan semakin meningkat.

Jenis Peluang Bisnis dari Perhotelan

Anda tentu sudah membaca alasan mengapa sebaiknya mengambil usaha di bisnis hotel. Namun ternyata bisnis hotel bukan cuma tentang menyewakan tempat untuk menginap loh. Hotel juga dapat menjadi sarana peluang bisnis lainnya yang dapat memberikan tambahan penghasilan, seperti:

  1. Penyewaan aula pernikahan ataupun seminar
  2. Penyewaan ruangan untuk co-working space
  3. Menjual makanan yang bisa dipesan dari telepon kamar
  4. Restoran di area dalam hotel
  5. Jasa antar jemput tamu hotel dari bandara
  6. Jasa penyediaan tour guide profesional dan berpengalaman
  7. Spa dan salon di area dalam hotel
  8. Menjual souvenir khusus ataupun pernak-pernik hotel
  9. dan peluang bisnis lainnya dari perhotelan.

Wah banyak ya peluang bisnis dari usaha perhotelan yang sedang ingin kita bangun. Maka dari itu, tidak ada salahnya mulai memasukkan usaha perhotelan kedalam rencana bisnis apa yang hendak kita jalankan saat ini.

Itulah beberapa alasan mengapa sebaiknya mulai melirik dan mengambil peluang usaha bisnis hotel di Indonesia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menjadi sumber inspirasi memulai bisnis bagi kita semua. Terimakasih.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.