9 Peralatan dan Perlengkapan untuk Memulai Bisnis Hotel

0

Kelengkapan peralatan dan perlengkapan untuk bisnis hotel sangatlah penting. Terutama bagi tamu yang menginap. Kelengkapan peralatan akan mempengaruhi kenyamanan dan kualitas layanan yang diterima oleh tamu. Tanpa peralatan dan perlengkapan yang lengkap dan berkualitas, tamu akan merasa tidak nyaman dan tidak puas dengan layanan yang diterima.

peralatan dan perlengkapan hotel
imagesource : kompas travel

Beberapa hal yang terjadi jika peralatan dan perlengkapan hotel tidak lengkap antara lain:

  • Tamu tidak puas dan melakukan komplain
  • Tamu tidak merekomendasikan hotel anda di sosial media
  • Karyawan tidak bisa optimal dalam bekerja
  • Hotel menjadi lebih sulit untuk laku dan harus banting harga

Oleh sebab itu, saat hendak membuka dan saat mengelola hotel maka pastikan semua peralatan dan perlengkapan untuk bisnis hotel telah tersedia.

Daftar peralatan dan perlengkapan hotel

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang diperlukan untuk memulai bisnis hotel meliputi:

Tempat Tidur

Pastikan kamar tidur mampu memberikan kenyamanan optimal untuk tamu. Adapun kenyamanan tersebut meliputi ketersediaan tempat tidur, bantal, selimut, sprei, dan lampu tidur..

Furnitur Kamar

Atur kamar hotel dengan furnitur yang dapat membuat tamu betah dan nyaman. Beberapa peralatan yang diperlukan antara lain meja, kursi, lemari, televisi, remot tv, ac, dan remot ac.

Kebutuhan di Kamar Mandi

Kebersihan kamar mandi sangat penting. Ketersediaan air bersih juga sangat penting pada sebuah hotel. Namun peralatan dalam kamar mandi juga sangat diperlukan. Beberapa barang yang perlu ada di kamar mandi antara lain shower, wastafel, toilet, handuk, sabun, dan kaca kamar mandi. Jika ingin lebih menarik, maka kamar mandi bisa ditambahkan bathup sehingga menjadi daya tarik hotel.

Peralatan Dapur

Jika hotel yang anda bangun merupakan hotel dengan konsep apartemen maka peralatan dapur bisa dipasang di hotel anda. Untuk mendukung hal ini maka diperlukan kompor listrik, panci, piring, gelas, sendok, kulkas, dan peralatan untuk mendukung kegiatan masak dan makan.

Peralatan Resepsionis

Di resepsionis perlangkapan juga perlu dilengkapi. Beberapa peralatan yang perlu dilengkapi di resepsionis antara lain komputer, printer, telepon, nota, mesin EDC, barang-barang perlengkapan office (pulpen, spidol, dan kebutuhan lainnya).

Perlengkapan Kebersihan

Pastikan staff hotel memiliki perlengkapan dan peralatan yang lengkap untuk melakukan tugas kebersihan. Beberapa perlengkapan tersebut misalnya vacuum cleaner, sapu, lap pel, sapu lidi, mesin cuci, drier, sabun deterjen, pemotong rumput, dan perlengkapan lainnya.

Sistem Keamanan

Keamanan hotel sangat penting. Baik bagi anda sebagai pemilik, bagi karyawan, dan bagi para tamu. Beberapa peralatan keamanan yang wajib ada antara lain CCTV, fire extinguisher, telepon untuk kontak pemadam kebakaran dan kantor polisi, dan para petugas keamanan (security atau satpam).

Perlindungan Diri

Selain sistem keamanan, peralatan untuk perlindungan diri juga diperlukan. Beberapa perlengkapan itu antara lain masker, sarung tangan, jas hujan, payung, dan perlengkapan lain yang dirasa dibutuhkan.

Perlengkapan Lainnya

Ketersediaan berbagai perlengkapan lain juga diperlukan. Beberapa lainnya antara lain WIFI, jaringan telepon, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Note: Daftar ini mungkin tidak lengkap dan dapat bervariasi tergantung pada jenis hotel yang akan dibuka.

Itulah daftar peralatan dan perlengkapan untuk bisnis hotel yang perlu anda persiapkan sebelum memulai bisnis hotel. Namun seiring dengan waktu tentunya akan ada barang-barang lain yang perlu ditambahkan. Oleh sebab itu, pastikan menyiapkan dana agar karyawan bisa melaporkan kepada anda barang-barang tambahan apa saja yang kemudian perlu ditambah untuk membuat hotel anda makin nyaman.

Bagi kalian yang ingin memulai bisnis hotel dan ingin membeli peralatan dan perlengkapan hotel, anda bisa menggunakan fitur ralali tender untuk dapat menemukan supplier yang dapat memenuhi kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.