Rahasia Mengapa Orang Rela Membayar Mahal Untuk Secangkir Kopi

0

Industri Kopi di Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara produsen kopi terbesar di dunia. Hal ini tentunya dapat menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi industri kopi di Indonesia.

Apalagi dengan kehadiran teknologi dan internet, yang membuka peluang baru untuk menciptakan industri berbasis teknologi yang lebih praktis dan mudah.

Namun sama dengan bisnis pada umumnya, industri kopi dalam negeri juga memiliki tantangannya sendiri. Di mana industri kopi lokal harus bersaing dan berebut pasar dengan merek-merek kedai kopi asing.

Karena itu perlu ada edukasi  terutama dalam hal pengemasan, marketing, dan branding secara tepat. Jika hal ini bisa terpenuhi, kopi nusantara bukan hanya bisa menguasai pasar di dalam negeri. Tapi juga berjaya di pasar internasional.

bisnis kopi

Event Coffee Journey 

Melalui event yang diadakan pada Sabtu 25 Agustus 2018 lalu , Ralali.com bersama founder DIKOLOM COFFEE, Ivann Kusuma dan pakar kopi lainnya. Mengajak para pengusaha Indonesia untuk menggali lebih dalam tentang bisnis kopi.

Dalam kesempatan ini founder sekaligus CEO DIKOLOM COFFEE, menyampaikan pentingnya brand value dalam sebuah bisnis.

Brand value dapat dianalogikan sebagai citra atau kharisma pada diri seseorang atau produk yang dapat membuat seseorang atau produk tersebut memiliki daya tarik tersendiri.

bisnis kopi
Ivann Kusuman, CEO / Founder DIKOLOM COFFEE

Setelah mengetahui pentingnya brand value dalam sebuah usaha, para pebisnis juga diajak untuk mengetahui pentingnya peran teknologi dalam perkembangan bisnis. Sebagai Head of Community Development of Ralali.com, Zebedeus Rizal Hantoro mengatakan bahwa teknologi dapat memberikan dampak yang sangat signifikan.

Salah satunya adalah sebagai alat pemasaran, sebagaimana instagram dan aplikasi antar lainnya seperti Ralali.com. Dengan aplikasi ini para pedagang tidak perlu lagi repot ketika ingin mencari kebutuhan bisnis. Karena Ralali.com menyediakan berbagai jenis kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu kehadiran teknologi membuat transaksi lebih praktis dan mudah. Karena Anda hanya perlu memesannya melalui ponsel dan menunggu. Nah, tentunya hal ini akan menghemat waktu dan biaya donk.

 

bisnis kopi
Zebedius Rizal, Head of Community Development Ralali.com

Untuk melengkapi event coffee journey kali ini Erie Santausa yang merupakan Head Barista Trainer Caffe Vergnano 1882, mengajak peserta untuk mengerti pentingya memiliki skill yang baik untuk menjadi barista.

Bukan sekedar meracik, namun juga kemampuan untuk menganalisa rasa kopi mulai dari acidity, body, dan aroma. Dalam momen ini beliau juga menunjukan cara membedakan jenis biji kopi dan roasting-nya.

bisnis kopi
Erie Santausa, Head Barista Trainer Caffe Vergnano 1882

Nah, dengan adanya acara ini diharapkan dapat memberikan edukasi para pelaku usaha yang kerap berkecimpung di industri cafe atau coffee shop dengan tujuan untuk memudahkan pengembangan bisnis mereka khususnya dalam hal pengetahuan dan pemenuhan kebutuhan bisnis. 

Bagi kalian yang belum ikutan jangan sampai ketinggalan di next event Ralali yang berikutnya ya!

 

 

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.