9 Tips Sukses Mulai Bisnis Waralaba dengan Franchise Solution dari Ralali.com

0

Memulai bisnis franchise atau waralaba tentunya diperlukan strategi dan persiapan yang matang untuk menjalankannya. Dalam bisnis franchise dikenal dua istilah yakni Franchisor dan Franchisee. Franchisor (pewaralaba) merupakan orang atau pihak yang memiliki usaha, menjual atau meminjamkan hak dagangnya atau brand usahanya beserta sistem bisnis kepada franchisee (terwaralaba).

bisnis franchise ralali
9 Tips Sukses Mulai Bisnis Waralaba dengan Franchise Solution dari Ralali.com. (*dok: Ralali.com)

Franchisee (terwaralaba) sendiri merupakan orang atau pihak yang membeli dan meminjam hak dagang atau brand beserta sistem bisnis dari franchisor.

Ralali.com sebagai B2B marketplace pertama dan terbesar di Indonesia yang memiliki misi utama dalam mengembangkan bisnis dengan dukungan ekosistem digitalnya, tentunya memiliki solusi terbaik untuk para pengusaha franchise. Menghadirkan Franchise Solution, Ralali.com menawarkan keunggulan dan keuntungan dari penggunaan fitur Ralali.com dalam memulai atau menjalankan usaha franchise.

Tips Sukses Bisnis Waralaba

Berikut Ralali.com telah merangkum 9 tips sukses memulai bisnis waralaba dengan bisnis franchise solution dari Ralali.com.

1. Pilih Bisnis yang Tepat dan Sesuai

Menjalani bisnis sama seperti menggeluti hobi, semuanya harus dimulai dengan rasa senang dan menyukai bidang tersebut. Pilihlah jenis bisnis franchise yang Anda sukai. Jika memiliki interest di kuliner, maka baiknya menjalankan bisnis franchise di bidang kuliner. Apabila telah sesuai dengan interest atau passion, maka menjalankan usaha akan menjadi lebih mudah, menyenangkan, dan tanpa paksaan. Lihatlah keahlian dan kemampuan yang Anda miliki, sehingga pengetahuan tersebut dapat menjadi modal dalam membangun usaha franchise.

2. Pahami Potensi Pasar

Setelah memilih bidang bisnis yang sesuai, Anda perlu memahami potensi pasar usaha franchise yang akan dijalankan dengan baik. Anda perlu menganalisis apa yang menjadi segmentasi pasar bagi usaha Anda. Sesuaikan segmen pasar dengan target yang akan dicapai. Kenali daya beli, kebutuhan, dan juga minat dari masyarakat yang ingin Anda tuju. Apabila Anda telah memahami potensi pasar dengan baik, maka usaha franchise yang akan dibangun juga dapat tepat sasaran dan mendatangkan keuntungan.

3. Siapkan Modal yang Cukup

Tentunya dalam menjalankan usaha franchise pasti membutuhkan modal yang cukup besar. Para franchisor terkadang kesulitan dalam pemenuhan modal untuk mengembangkan usaha franchisenya. Ralali.com memberikan franchise solution melalui fitur unggulannya yakni R-Fast yang dapat menjadi solusi pembiayaan modal usaha baik pemilik usaha yang ingin membeli franchise ataupun untuk pemilik brand franchise yang ingin mengembangkan bisnisnya. Terbatasnya arus kas keuangan dan modal usaha serta kesulitan dalam pengelolaan keuangan usaha menjadi faktor penghambat para pengusaha dalam menjalankan bisnisnya. Hal tersebut dapat teratasi dengan solusi Ralali Plus.

Bagi para franchisee, tentunya Ralali Plus dapat membantu untuk pembiayaan keberlangsungan usaha franchise, seperti kebutuhan pembayaran karyawan, kebutuhan utilitas usaha (Listrik, PDAM, BPJS, Pulsa), dan komponen lainnya.

Ralali Plus juga dapat digunakan langsung di dalam platform www.ralali.com. Gunakan Ralali Plus di Ralali.com sekarang juga. Kembangkan bisnis Anda dengan mudah dan cepat hanya DISINI. Kunjungi Ralali.com sekarang juga!

4. Pilihlah Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi usaha fanchise juga menjadi kunci dalam mencapai kesuksesan bisnis di bidang ini. Dalam mendapatkan hasil penjualan yang maksimal, pilihlah lokasi yang berada di tengah keramaian. Pastikan usaha franchise Anda dapat terlihat dan dilewati oleh banyak orang, sehingga cakupan bisnis Anda juga semakin luas.

5. Siapkan Produk Berkualitas

Langkah selanjutnya adalah Anda perlu mempersiapkan produk berkualitas untuk usaha franchise yang akan dijalankan. Sebagai franchisor tentunya Anda perlu untuk memilih dan menjaga kualitas barang yang akan dipasarkan, karena hal tersebut menjadi kunci untuk keberhasilan usaha. Jika produk yang dijual sama rata kualitasnya di seluruh cabang franchise, maka konsumen pun akan mendapatkan kepuasan dan menilai usaha Anda dengan baik.

Ralali.com juga memberikan solusi pengadaan barang bagi para franchisor yang ingin memenuhi kebutuhan usaha franchisenya. Melalui fitur RFQ atau Request For Quotation, para franchisor yang memiliki request atau permintaan khusus terkait barang tertentu dapat terpenuhi lewat fitur ini. RFQ merupakan salah satu layanan yang memudahkan para penjual untuk bertemu dengan pembeli yang tepat. Fitur ini memungkinkan pembeli untuk mengajukan kebutuhan usaha sesuai budget tertentu. Penjual produk dapat memberikan penawaran harga yang sesuai dengan kebutuhan pembeli.

Melalui fitur RFQ dari Ralali.com, kami siap membantu Anda memenuhi kebutuhan bisnis dengan seller-seller terpercaya kami. Berbagai barang dan kebutuhan usaha Anda kini siap tersedia kapan saja. Ajukan penawaran Anda sekarang disini. Dapatkan harga grosir terbaik untuk setiap pembelian produk dalam jumlah banyak.

6. Susun Sistem Franchise dengan Baik

Sebagai Franchisor, Anda perlu Menyusun sisstem franchise dengan baik dan bijak. Segala aspek jalannya usaha perlu dimasukkan ke dalam prosedur franchise dengan jelas. Jika sistem telah tersusun dengan baik, maka Anda perlu memastikan SOP tersebut dapat diterapkan di seluruh cabang franchise yang dijalankan.

Bagi para franchisee, tentunya Anda perlu menerapkan sistem bisnis yang telah ditetapkan oleh franchisor. Sebagain besar orang yang memilih bisnis franchise dikarenakan rekam jejak penjualan dan sistem yang sudah terbukti berjalan dengan baik. Franchisor akan memberikan panduan dan pelatihan untuk mengembangkannya merek usahanya. Panduan serta pelatihan tersebut tentunya telag lulus uji karena sudah berhasil diaplikasikan pada bisnis utamanya. Dengan begitu, Anda perlu mengikuti dan mematuhi sistem yang telah ditetapkan.

7. Tentukan Goals Utama Bisnis Franchise Anda

Bisnis franchise yang sukses perlu didasari dengan goals utama yang menjadi acuan semangat untuk dicapai. Anda perlu menetapkan goal bisnis yang ingin diraih. Lakukan modifikasi serta uji coba seperti menambahkan sesuatu yang menarik atau mengurangi apa yang dirasa kurang perlu, sehingga goal dapat tetap tercapai.

8. Tingkatkan Pemasaran

Sebagai franchisor yang baru memulai usaha franchise, Anda juga perlu meningkatkan pemasaran usaha dengan maksimal. Manfaatkan social media, advertising, ataupun media massa untuk memasarkannya. Biaya pemasaran ini memang tidaklah sedikit, Anda perlu mengeluarkan sebagian besar uang perusahaan untuk biaya pemasaran. Untuk mengakalinya, Anda juga dapat berkolaborasi dengan brand-brand lain ataupun lembaga yang telah memiliki nama, sehingga secara otomatis merek Anda dapat terbantu dipromosikan.

Di sisi lain, sebagai franchisee tentunya telah memiliki keuntungan pemasaran dari bisnis utama brand yang menjadi franchise. Anda hanya perlu memaksimalkan pemasaran, dengan memberikan diskon ataupun penawaran menarik lainnya di cabang Anda.

9. Tingkatkan Layanan Konsumen

Selain pemasaran, Anda juga perlu meningkatkan layanan konsumen. Posisikanlah konsumen sebagai raja. Pelayanan terhadap konsumen perlu ditingkatkan, sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik yang dapat memuaskan pelanggan. Orientasi dapat ditujukan untuk kepuasan pelanggan, hal ini dilakukan agar pelanggan dapat menjadi loyal terhadap brand Anda.

Nah, itulah ke-9 tips sukses memulai bisnis waralaba dengan bisnis franchise solution dari Ralali.com. Segera kunjungi dan bergabung dengan Ralali.com agar bisnis Anda menjadi lebih berkembang. Kunjungi Ralali.com atau download aplikasinya di Google Play dan App Store. Berbagai pertanyaan terkait dapat menghubungi lewat hotline Hello Ralali 1500 465 atau kirim email ke hello@ralali.com untuk info lebih lanjut.

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.