Beragam Jenis dan Fungsi Pipet

0

Beragam Jenis dan Fungsi Pipet jual pipet

Jenis dan Fungsi Pipet

Pipet merupakan salah satu peralatan laboratorium yang umum digunakan. Pipet memiliki ukuran kecil dengan panjang mirip seperti sedotan dan umumnya terbuat dari plastik ataupun kaca dengan bagian ujung bawahnya meruncing dan bagian ujung atasnya ditutupi karet. Fungsi dari pipet ini untuk mengambil cairan dalam skala tetesan kecil.
Terkadang di dalam proses penelitian peneliti diharuskan memindahkan cairan yang volumenya tak terlalu besar, di saat itulah peneliti membutuhkan pipet yang bisa memindahkan cairan yang volumenya tak begitu besar dari satu wadah ke wadah yang lainnya.

Pemindahan cairan memakai pipet memerlukan waktu yang cukup lama, sebab hanya memiliki volume maksimal tak lebih dari 5ml. Terdapat berbagai bentuk serta ukuran dari pipet mulai dari yang paling kecil yaitu 1ml, sampai yang paling besar ialah 5ml.

Jenis Jenis Pipet

Berikut ini merupakan jenis pipet dan fungsinya masing-masing.

Pipet (pipette, pipettor, chemical dropper).

Fungsi dari pipet jenis ini ialah untuk memindahkah sejumlah cairan dengan bermacam tingkatan serta presisi. Ukuran dari pipet ini a hingga 1000 ml, untuk pipet berukuran volume 1 sampai 1000 μl dinamakan mikropipet atau micropipettes, sedangkan yang berukuran volume lebih besar dinamakan makropipet atau macropipettes.

Pipet ukur atau measuring pipette

Fungsi pipet ukur ialah untuk memindahkan larutan ataupun cairan ke dalam wadah dengan sejumlah ukuran volume, ukuran volume terbesar dari Pipet ukur ialah pipet ukur berukuran 50ml.

Pipet volume atau volume pipette

Pipet volume atau volume pipette memiliki bentuk berbeda dari pipet lainnya. Pipet jenis ini berbentuk menggelembung di bagian tengahnya. Fungsi dari bentuk menggelembung tersebut ialah untuk mengambil laturan dengan volume yang tepa sesuai label yang tertera di bagian yang menggelembung. Gunakanlah pipet pump atau propipet untuk menyedot larutan .

Pipet tetes atau drop pipette

Fungsi dari pipet tetes ialah untuk membantu memindahkan cairan dari suatu wadah ke wadah yang lainnya dalam jumlah yang amat kecil, yaitu setetes demi setetes.

Pipet Buret

Fungsi dari pipet buret ialah untuk mengukur banyaknya cairan yang dikeluarkan ketika tirasi.

Untuk melihat berbagai pipet dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual pipet dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.