Cara Memperbaiki Pipa PVC Yang Tersumbat

Cara Memperbaiki Pipa PVC Yang Tersumbat – Apabila saluran pipa tersumbat bisa menjadi sesuatu hal yang amat merepotkan, terlebih jika letak pipa tersebut tertanam di lantai yang diharuskan dilakukan bongkar pasang keramik dalam memperbaikinya. Adakah cara paling jitu dalam mengatasi masalah ini ? yuk, kita selidiki. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara memperbaiki pipa pvc yang tersumbat maupun  rusak, satu solusi dapat ditemukan dengan benar jika mengetahui penyebab atau masalahnya, maka dari itu mesti mencari tahu terlebih dahulu hal-hal apa saja yang menjadi penyebab saluran pipa tersumbat.

Baca: Aneka Jenis Pipa Saluran Beserta Fungsinya

Benda yang bisa menyumbat pipa PVC

Lemak
Pipa tersumbat karena lemak kerap terjadi di saluran pipa PVC Kitchen Sink, sedikit demi sedikit kotoran lemak bertumpuk sehingga bisa menghambat saluran pipa.

Rambut

Memotong rambut di dalam kamar mandi mengakibatkan helai demi helai rambut bersatu, hal tersebut bisa mengakibatkan pipa tersumbat.

Hewan

Beberapa hewan dapat masuk ke dalam pipa serta berhenti di tengah-tengah pipa karena terjebak, misalnya tikus, katak, kepiting, ular dan yang lainnya.

Sabun

Apabila ujung pipa tidak ditutup dengan floor drain, ada kemungkinan sabun yang terjatuh ke lantai akan masuk ke dalam saluran pipa sehingga menyumbat jalannya air.

Cor beton

Penyebab ini dapat terjadi ketika melakukan pekerjaan yang berkaitan dengan beton di sekitar area pipa, tumpahan adukan yang jatuh ataupun tercecer dapat masuk ke dalam pipa serta akan mengeras di dalam pipa.

Ada istilah mencegah lebih baik dari pada mengobati, hal ini pun berlaku di dalam dunia bangunan, kita mesti teliti dan waspada akan benda yang sudah dijelaskan tadi agar tidak menyumbat pipa, akan tetapi apabila hal itu terjadi maka kita dapat melakukan beberapa cara dalam memperbaiki pipa tersumbat yaitu,

Memakai selang air

Cara mengatasi pipa tersumbat dengan selang air yaitu dengan memasukkan selang ke dalam pipa, kemudian dialiri air dengan deras, hal ini bertujuan supaya kotoran yang menyebabkan pipa tersumbat bisa terdorong sehingga pipa lancar kembali.

Untuk cara yang kedua anda bisa memotong pipa di bagian yang tersumbat, kemudian menyambungnya dengan pipa baru.

Itulah penjelasan mengenai penyebab pipa pvc tersumbat serta cara mengatasi pipa pvc tersumbat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Untuk melihat berbagai Pipa PVC dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat anda cek di website Ralali. Ralali jual Pipa PVC dengan varian merk dan tipe yang dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Ayo Saling Membantu

Cara Memperbaiki Pipa
Comments (0)
Add Comment