Seberapa Pentingkah Barcode Pada Sebuah Produk?

0
Fungsi Barcode
digital.guide

Label pada suatu barang (Barcode) berperan sangat penting.  Dengan adanya barcode, semua barang terdata rapi. Barcode sendiri merupakan adalah susunan garis cetak vertikal hitam putih difungsikan untuk menyimpan data-data spesifik seperti kode produksi, nomor identitas, dan lainnya sehingga sistem komputer dapat mengidentifikasi dengan mudah. Banyak sekali keuntungan dari penggunaan barcode, yang paling mudah kita ketahui manfaatnya yaitu jika belanja di supermarket ataupun swalayan. Barcode bisa meningkatkan kecepatan dalam melayani pelanggan dan meningkatkan akurasi data produk yang di input oleh kasir.

Berikut ini manfaat lain dari barcode:

  • Proses input data lebih cepat sebab pencatatan data lebih cepat daripada secara manual.
  • Proses input data lebih tepat sebab teknologi barcode memiliki ketepatan yang sangat tinggi dalam pencarian data.
  • Penelusuran informasi data lebih akurat sebab teknologi barcode memiliki akurasi serta ketelitian yang sangat tinggi.
  • Mengurangi biaya sebab bisa menghindari kerugian dari kesalahan pencatatan data serta mengurangi pekerjaan yang dikerjakan secara manual secara berulang-ulang.
  • Kinerja manajemen akan meningkat, sebab dengan data lebih cepat, tepat, dan akurat maka pengambilan keputusan oleh manajemen akan lebih baik dan lebih tepat yang nantinya akan berpengaruh dalam menentukan kebijakan perusahaan.

Adapun untuk membaca data-data suatu produk dengan barcode diperlukan sebuah alat baca barcode (barcode scaner). Sedangkan alat untuk membuat bacode yaitu label printer atau bisa disebut dengan label barcode.

Dalam memilih label printer (label barcode) tidak bisa sembarang pilih, haruslah berkualitas bagus dan hasilnya mudah dibaca oleh barcode scanner. Pemilihan label printer yang kurang tepat hasilnya cetak kurang jelas, dan mudah luntur sehingga barcode sulit terbaca.

Banyak sekali jenis, tipe, merek label printer yang tersedia di antaranya Brother, Datamax O Neil, dan Fluke. Harga label printer pun bermacam-macam tergantung spesifikasinya. Semakin tinggi spesifikasinya semakin mahal pula harganya. Dalam memilih alat ini, hal yang penting diperhatikan ialah seberapa besar memori (RAM) alat tersebut. Kecepatan proses cetak sebuah label printer bergantung pada kapasitas RAM.

Untuk melihat bermacam label printer, kunjungi Ralali.com. Ralali.com jual label printer berkualitas dengan varian merk, tipe, dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.