Mengganti Aki Tanpa Mengganggu Kinerja Mobil

Image: autobild.co.id

Mengganti Aki Tanpa Mengganggu Kinerja Mobil – Mengganti aki kerap kali dianggap sepele sebab prosedurnya yang amat sederhana. Hanya dengan membuka baut pada kedua kutub aki, melepas aki dan selanjutnya memasang aki baru.

Baca: Memilih Aki Mobil yang Terbaik dan Tidak Gampang Soak

Akan tetapi jangan salah, apabila tidak menjalankan prosedur dengan benar maka dapat mengganggu kinerja komponen listrik yang terdapat dalam mobil. Sebab aki adalah penampung cadangan listrik guna menjalankan sistem yang terdapat di mobil.

Sejumlah komponen elektronik pada mobil keluaran di atas tahun 2000, kinerjanya dikontrol oleh Electronic Control Unit atau ECU serta memerlukan penanganan khusus ketika mengganti aki. Sehingga dibutuhkan langkah pencegahan supaya komponen mobil tidak kehilangan daya listrik ketika proses penggantian aki. Jika prosedur ini disepelekan atau diabaikan, kemungkinan gangguan pada ECU kian terbuka, dalam artian cara konvensional dalam penggantian aki sudah tidak memadai lagi.

Keluhan rusaknya memori audio, jam serta Power window macet merupakan sejumlah gangguan yang menyerang komponen mobil. Maka dari itu dibutuhkan batuan charger untuk aki supaya pasokan daya listrik yang disuplai ke instrumen mobil tetap terjaga. Sehingga masalah kelistrikan dalam mobil dapat diminimalkan.

Bagaimana Charger dilibatkan dalam penggantian aki, berikut ini langkah yang mesti diterapkan.

Mesti diperhatikan bahwa aki memang benar-benar tidak dapat dipertahankan lebih lama lagi, sebab kondisinya sudah tidak memungkinkan. Jangan mengabaikan masalah aki yang kurang setrum ketika berkendara.

Nyalakan mesin dan biarkan mobil dalam kondisi menyala selama proses mengganti aki.

Siapkanlah Charger aki atau battery charger serta aki baru. Kemudian kaitkanlah kabel Charger aki pada kedua ujung kabel supaya daya listrik tetap terjaga. Harap diingat, pasangkan kedua kabel charger pada kutub yang sama, bagian positif dipasangkan ke bian positif dan bagian negatif dipasangkan kepagian negatif.

Kendurkanlah baut pada kedua kutub aki serta angkat aki secara hati-hati. Selanjutnya pasanglah aki baru yang sesuai dengan spesifikasi mobil serta jangan lupa pasang bautnya kembali.

Jika aki sudah terpasang dengan benar serta kuat, maka lepaskanlah kabel Battery Charger. Sekarang mobil anda mempunyai aki yang baru yang siap memberikan pasokan listrik ke semua komponen.

Untuk melihat berbagai aki mobil dengan harga dan varian tipe yang beragam dapat Anda cek di website Ralali. Ralali jual aki mobil dengan varian merk dan tipe yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Ayo Saling Membantu

Mengganti Aki
Comments (0)
Add Comment