Ini loh Peralatan Yang Wajib Tersedia Ketika Melakukan Tune Up Mobil

Image: mobil.otomotifnet.com

Peralatan Yang Wajib Tersedia Ketika Melakukan Tune Up Mobil – Setiap kegiatan ataupun aktivitas di bengkel yang berupa perbaikan kendaraan atau servis pastinya memerlukan peralatan yang bertujuan untuk memudahkan serta mempercepat proses kerja.

Hampir semua pekerjaan di bengkel memerlukan alat-alat khusus, salah satunya ialah tune up mobil. Setidaknya ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk melakukan tune up mobil. Berikut ini peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan Tune Up mobil.

Baca: Inilah Mengapa Harus Melakukan Tune Up Mobil Secara Teratur

Cover Set

Peralatan ini berfungsi sebagai pengaman serta pencegah supaya bodi kendaraan tak kotor ataupun tergores ketika tune uap dilakukan. Cover set ini terdiri dari fender cover, grill cover, steering cover, seat cover, handle transmission cover serta floor cover.

Kunci Ring, Kunci Pas, Kunci kombinasi (Pas Ring) 1 Set

Biasanya kunci-kunci ini digunakan sewaktu melakukan perbaikan di bengkel, maka untuk melakukan tune up mobil mesti ada  kunci-kunci seperti ini. Umumnya dalam Tune Up mobil yang paling kerap dipakai ialah kunci ukuran 8, 10, 11, 12, 14, 17 dan 19.

Obeng plus (+) serta minus (-)

Obeng standar berupa plus serta minus kerap dipakai sewaktu melakukan tune up mobil, semisal untuk melakukan penyetelan celah katup, penyetelan putaran serta campuran idle, menyetel celah platina dan yang lainnya.

Kunci Shock, Kunci Busi serta Kunci T.

Jangan lupa pula dengan ketiga kunci ini, sebelum memilih untuk menggunakan kunci ring, maka pilihlah dulu kunci shock ataupun kunci T, hal ini bertujuan supaya kerusakan pada kepala baut bisa dihindari. Ketiga kunci ini dipakai untuk melepas tutup cylinder head, memeriksa kekencangan baut cylinder head,  serta melepas atau memasang spark plus.

Kunci moment.

Kunci ini digunakan untuk memeriksa ataupun mengencangkan baut kepala silinder sebelum dilakukan penyetelan celah katup. Kunci momen ini bisa disetel besar momen pengencangannya. Jika sudah sesuai dengan besar momennya, maka kunci momen akan berbunyi klik.

Feeler Gauge.

Feeler gauge merupakan alat berupa lembaran plat baja tipis yang mempunyai ukuran tebal serta dipakai ketika melakukan penyetelan celah katup, feeler gauge berguna untuk mengukur celah suatu benda, dalam melakukan tune up mobil feeler gauge ini dipergunakan untuk mengukur celah katup, celah platina, serta yang lainnya.

Multi Meter (Avo Meter).

Alat ini dipergunakan untuk mengukur tahanan suatu benda semisal kabel, arus, dan untuk mengukur kontinuitas kabel. Pada multi meter ada selector yang dipergunakan untuk memilih tipe pengukuran yang akan dilakukan. Ketika melakukan tune up mobil multimeter ini dipergunakan untuk memeriksa tahanan kabel tegangan tinggi ataupun kabel busi, tahanan koil, serta tegangan aki.

Engine Tune Up Tester.

Alat ini merupakan alat paling penting yang dipakai ketika melakukan tune up mobil, alat ini dapat dipergunakan untuk mengukur sudut dwell, rpm, ketika pengapian dan yang lainnya.

Compression Tester.

Alat ini dipakai untuk memeriksa tekanan kompresi suatu mobil dengan bermacam satuan, mulai dari psi, kPa, kg/cm2 dan yang lainnya.

Spring Scale serta Mistar Baja.

Kedua alat ini dipakai untuk memeriksa ketegangan v-belt. Caranya penggunaannya cukup mudah hanya dengan menarik v-belt dengan beban tertentu, selanjutnya diukur perubahan letak menggunakan mistar baja.

Sikat Baja.

Sikat ini dapat dipakai untuk membersihkan busi ataupun spark plug agar bersih dari kotoran serta gelaga yang menempel pada busi. Diharapkan, spark plug yang sudah dibersihkan bisa berfungsi dengan optimal.

Kompresor serta Air Gun.

Kedua alat ini berfungsi untuk membersihkan filter udara serta filter bahan bakar. Filter udara perlu dibersihkan supaya udara bisa lancar masuk ke dalam silinder tanpa terhambat karena adanya kotoran yang menempel pada air filter.

Radiator Tester

Alat ini berfungsi untuk memeriksa kebocoran sistem pendingin, alat ini pun dilengkapi dengan peralatan yang dipakai untuk memeriksa tutup radiator.

Hidrometer berfungsi untuk mengukur berat jenis elektrolit baterai, berat jenis elektrolit baterai yang sudah terukur selanjutnya dibandingkan dengan spesifikasi yang ada, serta langkah selanjutnya ialah apakah perlu untuk dilakukan perbaikan atau tidak.

Ayo Saling Membantu

alat tune upMelakukan Tune Up Mobil
Comments (0)
Add Comment