Mau Buka Bisnis Makanan Vegetarian? Yuk Analisa Lebih Dulu

0

Kepedulian akan makanan sehat akhir-akhir ini tentunya membuat bisnis makanan vegetarian layak diperhitungkan. Namun sebelum membangun restoran vegan, anda perlu menganalisa terlebih dahulu mengenai bisnis ini.

Bisnis Makanan Vegetarian
imagesource : fnbpreneur

Ada beberapa hal yang perlu anda analisa dan perhitungkan dengan baik, antara lain:

  • Persaingan antar restoran vegan
  • Pangsa pasar restoran vegan
  • Keuntungan restoran vegan
  • dan hal-hal lainnya

Jumlah Vegetarian di Indonesia

Vegetarian adalah gaya hidup yang melarang makan daging atau produk yang berasal dari hewan. Ada beberapa jenis vegetarian. Paling umum adalah jenis vegetarian yang tidak makan daging atau produk yang berasal dari hewan tetapi makan telur dan produk susu. Namun ada juga jenis vegan yang tidak makan daging, telur, atau produk susu sama sekali.

Sesuai dengan survei yang dilakukan oleh Kantar Worldpanel pada tahun 2017, diperkirakan sekitar 7% dari total penduduk Indonesia adalah vegetarian. Namun penelitian lain menunjukkan hanya sekitar 1% dari penduduk Indonesia menerapkan pola hidup vegetarian. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa pangsa pasar vegetarian di Indonesia tidak terlalu banyak.

Pangsa Pasar Restoran Vegetarian di Indonesia

Walaupun jumlah vegetarian di Indonesia tidak terlalu banyak, namun pangsa pasar restoran vegetarian di Indonesia cukup beragam. Beberapa orang yang berpotensi memilih makanan vegetarian antara lain:

  • Orang dengan masalah kesehatan tertentu seperti kolestrol dan hipertensi
  • Orang yang ingin menurunkan berat badan
  • Orang yang sekedar ingin mencoba makanan vegan

Oleh sebab itu, dapat dikatakan bahwa jika pemasarannya baik maka restoran vegetarian bisa dikunjungi oleh mereka yang bukan merupakan vegan.

Potensi ROI Membuka Restoran Vegetarian

Potensi Return on Investment (ROI) dari membuka bisnis makanan vegetarian cukup menjanjikan. Bisa berkisar 25 sampai 50% per tahun. Hal ini dikarenakan tren makan vegetarian yang semakin populer di kalangan masyarakat saat ini. Menurut data, jumlah orang yang memilih makan vegetarian di seluruh dunia terus meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah restoran, kafe, dan toko yang menyediakan makanan vegetarian.

Selain itu, bisnis makanan vegetarian juga cenderung lebih stabil dibandingkan bisnis makanan lainnya. Hal ini dikarenakan permintaan akan makanan vegetarian tidak terpengaruh oleh musim atau kondisi ekonomi. Selain itu, bisnis ini juga dapat dijalankan di berbagai lokasi, baik di kota besar maupun di kota kecil. Apalagi jika bisnis makanan vegetarian yang akan anda buka mendukung pengantaran makanan secara online.

Pemasaran untuk Bisnis Makanan Vegetarian

Karena pangsa pasar restoran vegetarian bukan hanya para vegan, maka pemasarannya harus bisa menjangkau orang-orang yang cocok mengonsumsi makanan yang tersaji di restoran anda. Pemasaran bisnis makanan vegetarian sangat bergantung pada 

Menawarkan Pilihan Menu yang Variatif

Menyediakan beragam pilihan menu vegan yang menarik dan bervariasi dapat menarik perhatian pelanggan dan membuat mereka ingin kembali lagi.

Menampilkan Makanan dengan Indah

Menampilkan makanan vegan yang indah dan menarik di website, sosial media, dan di dalam restoran dapat membuat pelanggan lebih tertarik untuk memesan.

Menjalin Kerjasama dengan Toko-Toko Lokal

Kerjasama dengan toko-toko lokal yang menjual produk-produk vegan dapat membantu meningkatkan popularitas restoran dan meningkatkan penjualan.

Menawarkan Promosi

Menawarkan promosi atau diskon dari waktu ke waktu dapat menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan yang sudah ada kembali lagi.

Menyediakan Layanan Pengantaran

Menyediakan layanan pengantaran makanan dapat membuat lebih mudah bagi pelanggan untuk memesan makanan dari restoran dan meningkatkan penjualan.

Menjadi Aktif di Media Sosial

Menjadi aktif di media sosial dengan berbagi foto-foto makanan, testimoni pelanggan, dan memberikan informasi tentang event-event yang akan datang dapat membuat restoran lebih dikenal dan meningkatkan penjualan.

Menyediakan Pilihan Makanan Gluten Free

Bukan hanya makanan non-daging, restoran vegetarian juga harus bisa menyediakan makanan-makanan bebas gluten dan rendah gula. Hal ini dapat menarik pelanggan yang memiliki kebutuhan khusus. Selain rendah gula, bisa juga menyediakan makanan-makanan rendah garam yang cocok untuk penderita hipertensi.

Itulah beberapa hal seputar bisnis makanan vegetarian yang perlu kita ketahui sebelum mencoba masuk ke bisnis ini. Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Silahkan bagikan ini jika anda merasa ini akan bermanfaat bagi banyak orang.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.