B3 Mudah Meledak dan Pengelolaan serta Penyimpanannya

0

Bahan kimia berbahaya memiliki spektrum sifat fisik, kimia, dan toksikologi yang harus dipahami sebelum mulai bekerja di laboratorium. Bagian berikut dari manual ini memberikan informasi khusus untuk kategori bahan kimia berbahaya yang umum namun yang akan dibahas sangat spesifik adalah bahan kimia yang gampang meledak atau B3 mudah meledak.

B3 yang gampang meledak atau eksplosif adalah bahan kimia yang menyebabkan pelepasan tekanan, gas, dan panas secara tiba-tiba dan hampir seketika saat terkena kejutan, tekanan, atau suhu tinggi. Bahkan, di beberapa kasus B3 mudah meledak ini bisa meledak saat ada di suhu ruangan yang standar sekalipun. Tentu saja dengan sifatnya yang sangat berbahaya tersebut harus ada pedoman pengelolaan serta prinsip penyimpanan yang jelas.

Bagaimana hal itu akan dilakukan? Mari kita pelajari tentang B3 mudah meledak di halaman ini!

Darimana Sumber B3 Mudah Meledak Berasal?

Karena bahaya yang terkait dengan B3 ini bisa gampang meledak, beberapa industri yang menggunakan B3 ini sangat perlu menanganinya dengan hati-hati. Salah sedikit saja bisa memicu ledakan yang bahkan sangat besar sehingga bisa memakan korban.

Akan tetapi, tidak bisa dihindari juga jika B3 mudah meledak ini sangat banyak manfaatnya. Contoh bahan kimia yang mudah meledak antara lain

  • Amonium nitrat
  • Amonium perklorat
  • Barium azida
  • Diazodinitrofenol
  • Dietilen glikol dinitrat
  • Dinitrofenolat
  • 2, 4 dinitrofenil hidrazin
  • Timbal styphnate, nitrourea
  • Nitroselulosa
  • Natrium pikramat
  • Tetranitroanalin
  • Trinitrofenol (asam pikrat kering)

Salah satu yang pasti Anda sudah ketahui adalah kaporit. Kaporit yang biasanya diberikan ke kolam renang itu sebenarnya memiliki sifat yang mudah meledak. Maka dari itu, penyimpanan dari kaporit harus secara khusus tidak boleh ada pemantik api sekalipun karena bisa menimbulkan ledakan yang lumayan besar.

Pedoman dan Prosedur Operasional Pengelolaan B3 Mudah Meledak

Tidak bisa dihindari juga penggunaan dari B3 yang gampang meledak ini. Maka dari itu, perlu adanya pedoman dan prosedur operasional dalam pengelolaannya. Setidaknya, dengan adanya pedoman dan prosedur ini B3 mudah meledak akan terhindar dari beberapa pemantik reaksi kimia yang dapat memicu ledakan.

Yang pasti, Anda harus menyimpan B3 dengan sifat rawan meledak ini dengan benar terlebih dahulu untuk membuat prosedur operasional dan pengelolaannya.

Berikut ini adalah prosedur operasional dan pengelolaan B3 mudah meledak yang baik dan benar:

  1. Memastikan penanganan, penyimpanan, dan penggunaan bahan-bahan dan limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) dilakukan dengan aman bagi petugas.
  2. Menggunakan alat pelindung diri yang sesuai dan mengikuti prosedur yang ditetapkan saat menggunakan bahan-bahan tersebut.
  3. Melabeli bahan-bahan dan limbah berbahaya dengan cara yang sesuai.
  4. Memenuhi persyaratan dokumentasi yang diperlukan, termasuk surat izin, lisensi, atau dokumen lain yang diwajibkan oleh peraturan yang berlaku.
  5. Menetapkan mekanisme pelaporan dan penyelidikan untuk kejadian tumpahan dan paparan Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).
  6. Menetapkan prosedur pengelolaan tumpahan dan paparan tersebut.

Prinsip Dasar Dalam Penyimpanan B3 Mudah Meledak

Kurangnya sifat hati-hati dalam penanganan dari B3 mudah meledak ini menyebabkan kerusakan yang fatal. Mungkin Anda berpikir bahwa ledakan dari B3 mudah meledak ini hanya sekedar seperti ledakan petasan saja, akan tetapi sebenarnya bisa lebih berbahaya dari itu karena asap yang dikeluarkan bisa membuat kerusakan pada sistem pernafasan jika dihirup.

Setidaknya untuk menyimpannya, terdapat prinsip dasar dalam penyimpanan B3 mudah meledak, yaitu:

Pelabelan Pada B3 Mudah Meledak

Labelling (pelabelan bahan kimia) adalah hal yang sangat penting. Dengan pelabelan yang jelas maka akan dapat mengidentifikasi B3 mudah meledak yang disimpan.

Memperhatikan Kompatibilitas

Compatibility (kompatibilitas untuk bahan kimia) harus diperhatikan. Pada dasarnya penyimpanannya harus ditempat yang khusus agar tidak memicu ledakan.

Menetapkan Pengadaan Kuantitas Bahan Kimia

Minimize quantities (pengadaan bahan kimia mudah meledak yang sedikit) mengatur untuk bijak dalam menetapkan pengadaan dari stok bahan kimia yang mudah meledak. Jangan asal saja, karena bahan kimia mudah meledak yang banyak menimbulkan bahaya yang besar juga.

Perawatan dan Kebersihan Terhadap Bahan

Maintenance of cleaning (perawatan pada sektor kebersihan yang baik) sangat penting. Kebersihan dan juga perawatan terhadap ruang penyimpanan harus dijaga agar mudah untuk diamati.

Pengendalian Terhadap Pengendalian Stok Bahan Kimia

Maintain good stock control (pengendalian stok bahan kimia mudah meledak yang teratur) ini terkait juga dengan tanggal kadaluarsanya. 

Peletakan Bahan Kimia

Don’t store chemical under sink (peletakan B3 mudah meledak harus benar). Ini merupakan aspek yang semua pasti sudah paham. Peletakan yang benar seperti bahan kotaknya bisa menghindarinya dari reaksi kimia yang menyebabkan ledakan

Wadah Bahan Kimia dan Ketinggian Rak Penyimpanan

Store large breakable containers, perticulary liquid bellow shoulder height (wadah dari B3 mudah meledak harus sesuai standar, dan rak untuk meletakkannya juga harus dengan ketinggian yang jelas). Selain itu, wadah bahan kimia juga harus diperhatikan ketinggiannya agar mudah diamati.

Simbol yang Digunakan Untuk B3 Mudah Meledak

Saat pelabelan, bahan kimia mudah meledak ini harus menggunakan simbol yang jelas, untuk simbol B23 mudah meledak adalah seperti ini:

Pada simbol tersebut warna dasarnya putih dengan garis tepi tebal berwarna merah.

Simbolnya berupa gambar bom meledak (explosive/exploded bomb) berwarna hitam. Simbol ini mengindikasikan bahwa bahan ini, pada suhu dan tekanan standar (25 derajat Celsius, 760 mmHg), memiliki kemampuan untuk meledak dan menyebabkan kebakaran, atau melalui reaksi kimia dan/atau fisika dapat menghasilkan gas dengan suhu dan tekanan tinggi yang secara cepat dapat merusak lingkungan di sekitarnya.

Kesimpulan

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah paham dengan B3 yang mudah meledak? Perlu Anda perhatikan lebih teliti B3 mudah meledak ini karena sifatnya yang sangat berbahaya. Jika salah dalam penanganannya, mungkin saja bisa berakibat fatal.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.