Ingin Belajar Kalibrasi? Perhatikan Beberapa Hal Berikut!

0

Disiplin ilmu yang melibatkan pengujian memang terlihat menarik bagi sebagian orang. Bila anda salah satunya, maka mempelajari ilmu kalibrasi tidak ada salahnya untuk anda coba. Jika anda tertarik untuk mempelajari kalibrasi, anda dapat mengikuti pelatihan teknisi kalibrasi yang disediakan oleh kalibrasi.com yang sudah terakreditasi kan. Dengan mempelajari ilmu kalibrasi anda bisa melakukan banyak hal antara lain meningkatkan akurasi alat ukur, mendukung manajemen mutu pada suatu industri, dan sebagainya. Tidak lupa juga untuk meningkatkan nilai deviasi dalam alat ukur, diperlukan kemampuan belajar kalibrasi yang benar. Simak penjelasan lengkapnya disini!

Hal Yang Harus Diketahui Ketika Ingin Belajar Kalibrasi

Ada beberapa hal-hal dasar yang perlu Anda ketahui ketika berkeinginan untuk mempelajari kalibrasi. Beberapa diantaranya yaitu mempelajari standar pengukuran internasional, jenis-jenis ruang lingkup kalibrasi, prosedur kalibrasi, hingga cara kerja peralatan ukur. Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya mengenai hal-hal yang disebutkan, Anda bisa simak pemaparan setelah ini.

Mempelajari Standar Pengukuran Internasional

Proses kalibrasi selalu membutuhkan suatu standar yang nilainya telah diakui untuk digunakan sebagai acuan dalam menentukan kebenaran nilai konvensional pada alat ukur yang dikalibrasi. Agar dapat melakukan penyelarasan akurasi, anda dituntut untuk mempelajari standar pengukuran internasional dan nasional. Pengetahuan tersebut bisa anda dapatkan ketika mempelajari kalibrasi.

Mempelajari Beberapa Jenis Ruang Lingkup Kalibrasi

Ketika Anda sudah berkomitmen untuk mempelajari kalibrasi, maka Anda disarankan untuk memahami beberapa jenis ruang lingkup kalibrasi. Tujuannya agar pengetahuan Anda mengenai kalibrasi tidak terpaku pada satu jenis ruang lingkup saja. Nah, di Kalibrasi.com Anda akan mendapatkan pelatihan kalibrasi pada beberapa ruang lingkup.

Mempelajari Tentang Prosedur Kalibrasi

Kalibrasi tidak bisa anda lakukan hanya dengan memahami hal-hal esensial saja seperti poin-poin diatas, tetapi Anda juga harus memahami bagaimana proses kalibrasi dilakukan. Dengan kata lain kalibrasi memiliki prosedurnya tersendiri yang harus Anda ikuti secara runtut. Salah langkah dalam melaksanakan kalibrasi dapat berakibat fatal. Maka dari itu, pahami dengan benar prosedur kalibrasi yang sesuai standar. Prosedur kalibrasi terdiri dari empat tahapan. Tahapan tersebut yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, penghitungan data dan ketidakpastian, kemudian dilanjut dengan pembuatan laporan kalibrasi. Format yang digunakan dalam pembuatan laporan kalibrasi mengacu pada SNI 19-17025. 

Mempelajari Cara Kerja Beberapa Jenis Peralatan

Rasanya aneh bukan bila Anda menguji kemampuan ukur suatu alat ukur tetapi Anda tidak tahu cara kerja alat tersebut. Oleh karena itu, bila Anda hendak melakukan kalibrasi suatu alat ukur, pastikan Anda tahu cara kerja alat ukur tersebut. Dengan mempelajari kalibrasi, anda juga akan mendapatkan pelatihan cara penggunaan beberapa alat ukur terutama yang sering dilakukan kalibrasi. Bahkan ketidaktahuan Anda dalam menggunakan alat ukur bisa memperburuk akurasinya atau menyebabkan kesalahan pembacaan.

Kesimpulan

Hanya dengan mengetahui beberapa hal diatas tidak lantas membuat Anda berhak untuk melakukan kalibrasi. Bila anda memang tertarik untuk mengikuti pelatihan kalibrasi, silahkan dapatkan penawaran dari Kalibrasi.com yang menyediakan jasa pelatihan teknisi kalibrasi yang profesional. Setelah Anda berhasil lulus pelatihan teknisi kalibrasi, Anda akan mendapatkan sertifikasi teknisi yang menandakan bahwa Anda telah mengikuti pelatihan kalibrasi dan pengetahuan Anda terhadap kalibrasi dapat dijamin kebenarannya.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.