Bermodalkan HP dan Kegigihan, Sumarna, Ibu Rumah Tangga Lulusan SMP, Bantu Ekonomi Keluarga

1

Sebagian besar ibu rumah tangga berkeinginan membantu ekonomi keluarga. Namun kondisi memang tidak melulu ideal. Apalagi bila dihadapkan dengan sejumlah keterbatasan, seperti ketersediaan waktu dan latar belakang pendidikan. 

Sehabis Isya, selepas mengurus rumah dan melayani pelanggan di warung miliknya, Sumarna (36 tahun) menyusuri sudut jalan dan gang mencari toko kelontong dan tempat makan di sekitar Jalan Raya Cadas, Tangerang, Banten. Bermodalkan telepon daring dan kepercayaan diri, Ia memperkenalkan diri dan menawarkan produk-produk yang dijual melalui aplikasi bernama BIG Agent.

“Bu, saya Sumarna dari aplikasi BIG Agent. Saya mau menawarkan produk-produk kualitas terjamin. Ada minyak, beras, kopi sama produk lainnya juga ada bu, macam-macam brand ada. Tapi sebelumnya, saya boleh tau produk apa saja yang laku di warung ibu?,” kenang Sumarna di rumahnya, Tangerang, Banten (20/9).

Sumarna, Ibu Rumah Tangga Lulusan SMP
Sumarna, Ibu Rumah Tangga Lulusan SMP

Itu merupakan sepenggal cerita Sumarna saat bekerja sebagai Sobat Agent (pengguna aplikasi BIG Agent). Teteh Nana, begitu Sumarna disapa, menuturkan alasan Ia bekerja sebagai Sobat Agent adalah  untuk membantu memenuhi kebutuhan keluarganya, yang mana ia sadari ekonomi keluarganya tidak bisa bergantung pada penghasilan suaminya saja. 

Selain keadaan ekonomi yang mendorong Nana bergabung menjadi sobat agent, kecelakaan yang menimpa anaknya 5 tahun silam mengharuskannya mengeluarkan biaya kontrol dan pengobatan rutin setiap dua bulan sekali. Dengan melakukan tiga jenis pekerjaan BIG Agent yakni survei, promosi dan akuisisi, Nana bersyukur karena mampu mendapatkan sejumlah uang yang digunakan untuk biaya kontrol dan pengobatan anak bungsu nya di setiap bulan. 

“Pas (dapat uang dari BIG Agent) duit pertama cair, langsung bisa saya tabung  buat bayar kontrol anak yang kecil. Untung ada BIG Agent, Alhamdulillah keluarga jadi terbantu. Sekarang ini susah banget cari kerja. Saya hanya lulusan SMP, usia juga sudah cukup tua,” tuturnya.

Ibu dengan anak dua ini mengaku mengetahui platform on demand BIG Agent dari saudaranya. Ia pun tertarik dan ikut menemani saudaranya berkeliling menawarkan produk-produk Ralali.com ke warung dan toko.

“Pertama kali belajar sama saudara. Tadinya mah kagak ngerti sama sekali. Besoknya, saya didaftarin dan nekat aja jalan sendiri. Mana saya kagak ngarti cara menggunakan HP Android. Untungnya fitur BIG Agent ini mudah dimengerti. Jadi udah bisa dikit-dikit, lah,” Katanya.

Selain penghasilan tambahan, kemudahan yang ia dapatkan adalah waktu yang fleksibel. Nana dapat membagi waktu antara mengurus anak, menjaga warung kelontongan miliknya dan bekerja di BIG Agent.

“Enaknya di BIG Agent, kita gak terikat. Bisa kapan aja,” jelas Nana seraya melayani pembeli di warungnya.

Meski demikian, Nasib Nana juga tidak selalu mujur. Ia pernah juga mendapat penolakan dari sejumlah warung yang didatangi. Akan tetapi Nana terus menjaga mental dan semangatnya menjual produk-produk yang tersedia di aplikasi BIG Agent.

“Baru ngomong assalamualaikum’, langsung ditolak. Disangkanya saya minta sumbangan. Pernah juga seharian keliling tidak ada yang berminat. Tapi pas lihat email kerjaan disetujui, saya jadi semangat lagi,” ujarnya.Namun Nana tidak khawatir lagi karena BIG Agent kini telah memberikan kelas pelatihan dan diskusi  sesama sobat agent setiap bulan di berbagai daerah, untuk meningkatkan kualitas dan kemapuan sobat agent melakukan pekerjaaan di lapangan. 

Dalam menjalankan pekerjaannya, Ia juga didukung suami berkeliling mendatangi warung dan toko kelontong, melakukan survei terkait produk apa saja yang laku. Kemudian menawarkan produk-produk yang dijual melalui pekerjaan terdaftar di aplikasi BIG Agent.

“Suami mendukung banget. Kadang jalan bertiga ditemenin anak saya yang paling kecil. Rata-rata yang paling laku kopi dan minyak kalau di warung makan atau toko bahkan juga grosir-grosir. Apalagi pas lagi ada barang promo, banyak yang nanyain, tuh,” tuturnya.

Kegigihan nana pun turut memantik orang-orang di sekitarnya untuk bergabung menjadi sobat agent, sebagaimana orang-orang di sekitar melihat nana yang terbantu secara ekonomi dan mendapat peluang kerja dari BIG Agent di usia yang tak lagi muda.   

Transformasi digital memberikan kesempatan bagi setiap pekerja di sektor informal untuk meningkatkan taraf ekonomi dan kualitas hidupnya. 

Nana merupakan 1 dari 300.000 Sobat Agent di seluruh Indonesia yang tergabung dalam platform BIG Agent, yang notabene merupakan bagian dari ekosistem digital Ralali.com. BIG Agent sebagai on demand business platform mengkolaborasikan antara SDM (manusia) unggul dengan inovasi teknologi yang akan menciptakan konektivitas dan inklusivitas untuk pengembangan usaha pelaku bisnis dan prinsipal di Indonesia secara masif dan berdampak sosial. 

TENTANG RALALI.COM

Ralali b2b marketplace
Ralali b2b marketplace

Didirikan pada tahun 2013 oleh Joseph Aditya, Ralali.com adalah online marketplace B2B (Business-to-Business) pertama dan terbesar di Indonesia yang menyediakan beragam kategori produk bisnis. Tahun 2018 Ralali.com memperkenalkan Business Innovation Group (BIG), pasar segmentasi vertikal yang menggunakan BIG data untuk menyediakan solusi spesifik dalam pemenuhan kebutuhan usaha UMKM sesuai segmentasi usaha, mencakup usaha kuliner dan jasa makanan (BIG Resto), usaha perkantoran (BIG Office), usaha otomotif (BIG Auto), usaha bahan bangunan (BIG Home), usaha kebutuhan FMCG (BIG Mart), usaha retail (BIG Market) dan usaha jasa on-demand berbasis pekerjaan (BIG Agent).

Selama 6 tahun, Ralali.com melayani lebih dari 13.000 pemasok (sellers), memberdayakan hampir 1 juta UMKM dan menangani hampir 300.000 produk (SKU) di dalam platformnya, dengan setengah juta pengguna teregistrasi dan lebih dari 5 juta pengunjung bulanan. 

BIG Agent adalah on-demand platform dari Ralali.com yang memiliki misi untuk memberikan definisi cara baru berbisnis. BIG Agent membantu bisnis berkembang dengan memberdayakan dan menghubungkan jutaan pekerja berkualitas, sekaligus membantu masyarakat mendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai jenis pekerjaan sesuai preferensi. Dengan 44 Mitra Agent (mitra bisnis lokal), saat ini terdapat 300.000 Sobat Agent (anggota) yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia.

KONTAK MEDIA:

Alsevera Popi Yolanda

Public Relations Executive Ralali.com

P: 085790568826

E: [email protected]

Ralali Business Solution

1 Komen
  1. Indra Cahyono berkata

    saya pengen jadi BIG Agent, bagaimana caranya? [email protected]

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.