Cara Kalibrasi yang Tepat untuk Mendapatkan Hasil Kalibrasi yang Akurat

0

Memberikan hasil kalibrasi yang optimal adalah tugas dari laboratorium kalibrasi. Konsumen pastinya tidak mau tahu bagaimana alat ukurnya dilakukan kalibrasi, yang mereka inginkan hanya kalibrasi alat ukur yang mereka miliki bisa berjalan dengan lancar dan dengan cara kalibrasi yang benar sesuai dengan standar. Cara kalibrasi yang benar dan sesuai standar sangat menentukan dari hasil kalibrasi pada alat ukur.

Maka dari itu, perlu adanya proses atau prosedur dalam melaksanakan kalibrasi. Cara ini akan selalu sama untuk setiap laboratorium kalibrasi, khususnya yang sudah mendapatkan akreditasi dari Komite Akreditasi Nasional atau KAN. Mereka akan melaksanakan kalibrasi sesuai prosedur menurut ISO 17025.

Jadi, apa saja yang menjadi tahapan atau cara kalibrasi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang akurat? Mari kita cari tahu di sini!

Tahapan Cara Kalibrasi Secara Umum

Melaksanakan kalibrasi dengan benar dan sesuai dengan standar merupakan kewajiban bagi pelaksanaan kalibrasi instrumen. Adanya kalibrasi dengan cara yang benar tentu saja akan memberikan hasil yang optimal.

Selain atas nama hasil, kalibrasi dengan tahapan yang benar juga bisa memberikan efisiensi dalam pelaksanaan kalibrasi alat ukur. Bagaimana tahapan cara kalibrasi jika dilihat secara umum?

Persiapan Pelaksanaan Kalibrasi

Pertama kali dalam tahapan pelaksanaan kalibrasi adalah dengan melakukan persiapan. Persiapan ini adalah proses di mana pelaksana kalibrasi yang sudah bersertifikat mempersiapkan alat ukur yang akan dikalibrasi, standar acuannya, dan juga metode kalibrasi.

Standar acuan yang dipakai harus sesuai dengan standar internasional. Dan juga untuk alat ukur, harus dicek terlebih dahulu apakah ada kerusakan yang dilihat secara fisik atau tidak. Dan juga, alat ukur harus dibersihkan. 

Pelaksanaan Kalibrasi dari Pengamatan Hingga Pengukuran

Setelah proses pertama selesai, saatnya untuk melaksanakan kalibrasi. Pelaksanaan kalibrasi ini berdasarkan ruang lingkupnya. Kalibrasi berdasarkan ruang lingkup akan memberikan pelaksanaan yang berbeda dan juga dengan cara yang berbeda juga.

Pelaksanaan kalibrasi akan dimulai dari pengamatan hingga pengukuran dari alat ukur yang akan disesuaikan dengan standar acuan.

Pencatatan Hasil Ukur

Jangan lupa untuk mencatat hasil pengukuran. Hasil pengukuran ini harus didokumentasikan untuk proses selanjutnya. Setidaknya, pencatatan hasil ukur ini dilakukan dengan rentang ukur yang sudah ditentukan. 

Penghitungan Data Kalibrasi

Hitung data kalibrasi dengan membandingkan apakah memang ada data pengukuran alat ukur yang tidak sesuai dengan standar acuan pada setiap rentang pengukuran. Di tahapan ini, Anda bisa mengetahui apakah ada penyimpangan pengukuran atau deviasi.

Penentuan Ketidakpastian Kalibrasi

Ketidakpastian kalibrasi adalah parameter yang menggambarkan ketidakpastian atau tingkat ketidakpastian yang terkait dengan hasil pengukuran dari proses kalibrasi. Dalam setiap pengukuran, selalu ada faktor-faktor yang menyebabkan hasilnya tidak dapat diketahui dengan pasti. Ketidakpastian kalibrasi mengukur sejauh mana hasil kalibrasi dapat bervariasi atau memiliki ketidakpastian di sekitar nilai yang sebenarnya.

Faktor-faktor yang menyebabkan ketidakpastian kalibrasi dapat berasal dari beberapa sumber, termasuk ketidaksempurnaan instrumen kalibrasi, ketidakpastian lingkungan, ketidaksempurnaan proses kalibrasi, atau ketidakpastian pada standar referensi yang digunakan selama kalibrasi.

Membuat Laporan Kalibrasi

Terakhir, dari semua proses kalibrasi dan juga dokumentasinya, akan dicatat untuk selanjutnya akan dibuatkan laporan kalibrasi. Laporan kalibrasi ini juga bisa disusul dengan membuat sertifikat kalibrasi apabila Anda melaksanakan kalibrasi di laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi.

Kesimpulan

Itulah tadi bagaimana cara melakukan kalibrasi sesuai dengan prosedur. Pastikan Anda mengetahui cara kalibrasi yang benar agar Anda bisa mengerti setidaknya apa saja yang akan dilakukan laboratorium kalibrasi pada instrumen Anda.

Selain melakukan kalibrasi sendiri, solusi lainnya adalah dengan menggunakan jasa kalibrasi yang memang sudah sesuai dengan standar KAN. Anda bisa menemukan jasa kalibrasi di Indonesia yang sudah sesuai dengan standar KAN pada halaman berikut ini: Jasa Kalibrasi Indonesia Terbaik Dan Terakreditasi

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.