Cara Membangun Bisnis Restoran Kecil yang Selalu Ramai

0

Jika memiliki modal terbatas, membangun bisnis restoran kecil bisa menjadi pilihan. Seiring waktu, restoran bisa diperbesar. Bisa juga diperbanyak dengan membangun restoran kecil di tempat lainnya menggunakan keuntungan yang berhasil didapatkan.

bisnis restoran kecil
imagesource : viva

Restoran kecil adalah sebuah tempat yang menyediakan makanan dan minuman untuk dine-in atau take-away dengan jumlah tempat duduk yang terbatas dan skala operasional yang lebih kecil. Biasanya terdiri dari 1 sampai 5 meja saja.

Keuntungan Memilih Bisnis Restoran Kecil

Walaupun hanya restoran berukuran kecil, namuan bukan berarti bisa menjadi bisnis yang bisa diabaikan. Beberapa keuntungan memilih bisnis restoran kecil antara lain:

Biaya Modal yang Lebih Rendah

Membangun dan mengoperasikan restoran kecil memerlukan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan membangun restoran besar. Hal ini karena skala yang lebih kecil, sehingga peralatan, biaya operasional, dan bahan baku yang dibutuhkan juga lebih sedikit.

Lebih Mudah Dikelola

Restoran kecil lebih mudah dikelola dibandingkan dengan restoran besar karena lebih sedikit staf yang dibutuhkan dan lebih sedikit area yang harus dijaga.

Lebih Fleksibel

Restoran kecil lebih fleksibel dalam hal menyesuaikan diri dengan permintaan pasar dan mengubah menu sesuai dengan kondisi. Terutama karena adanya perubahan harga bahan baku makanan.

Lebih Mudah Difranchise

Restoran kecil dan besar bisa difranchisekan. Namun restoran kecil akan lebih mudah difranchise karena biaya franchisenya akan lebih terjangkau sehingga lebih mudah laku. Selain itu, restoran kecil juga biasanya lebih cepat profit sehingga lebih menarik.

Sangat menarik kan? Nah, jika ingin membuka bisnis restoran kecil maka ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan.

Langkah dan Cara Membangun Restoran Kecil

Jangan membangun restoran secara asal-asalan tanpa persiapan yang matang dan jelas. Berikut ini beberapa langkah yang perlu anda lakukan:

Riset Pasar

Temukan lokasi yang tepat dan target pasar untuk restoran Anda. Ini akan membantu Anda menentukan konsep, menu, dan harga yang sesuai.

Rencanakan Konsep

Buat konsep yang unik dan menarik untuk restoran Anda, termasuk desain interior, tema, dan menu. Menu yang anda konsepkan juga harus anda pastikan memiliki rasa yang enak dan akan disukai banyak orang.

Buat Rencana Bisnis

Buat rencana bisnis yang mencakup analisis pasar, proyeksi pendapatan, dan rencana pemasaran. Rencana bisnis juga harus termasuk harga untuk tiap-tiap menu makanan berdasarkan perhitungan biaya bahan baku, biaya pengolahan makanan, biaya menggaji karyawan, dan biaya-biaya lainnya.

Cari Dana

Temukan sumber dana. Bisa dari tabungan anda selama ini, atau bisa dari pinjaman seperti pinjaman bank atau investor untuk membiayai restoran Anda.

Cari Lokasi

Temukan lokasi yang sesuai untuk restoran Anda, mempertimbangkan faktor seperti aksesibilitas, lalu lintas, dan biaya sewa. Pastikan bahwa lokasi tersebut memang ramai dan harga sewanya murah. Walaupun lokasinya ramai namun jika mahal sebaiknya hindari karena sangat berisiko bagi bisnis.

Persiapkan Dokumen

Siapkan dokumen yang diperlukan, seperti izin usaha, lisensi, dan perijinan dari RT dan RW, serta dari kelurahan. Hal ini sangat penting untuk menghindari pungli-pungli yang akan muncul.

Pembelian Peralatan

Beli peralatan dan perabotan yang dibutuhkan untuk restoran Anda, seperti meja, kursi, peralatan dapur, dan peralatan makan. Peralatan tidak harus baru, Anda bisa mencoba membeli barang-barang bekas restoran lain yang umumnya harga jauh lebih terjangkau. Atau bisa cari kebutuhan bisnis Anda melalui fitur ralali tender untuk menemukan supplier terpercaya yang dapat memberikan harga terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Rekrut Karyawan

Cari karyawan yang kompeten dan berpengalaman untuk membantu Anda dalam operasional restoran. Jika memang tidak ada dana untuk karyawan, anda bisa bersama dengan pasangan, atau anggota keluarga lainnya dengan pembagian saham.

Promosikan restoran

Buat strategi pemasaran untuk mengenalkan restoran Anda ke masyarakat dan menarik pelanggan. Bisa dengan banner, atau dengan memasukkannya ke aplikasi pemesanan makanan online. Berikan promo-promo yang menarik namun tidak menyebabkan kerugian.

Jaga Kualitas

Pastikan selalu memantau kualitas makanan, pelayanan, dan lingkungan restoran Anda untuk memastikan pelanggan puas.

Itulah langkah dan cara yang bisa anda ikuti untuk membangun bisnis restoran kecil. Semoga informasi yang kami ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.