Cara Membuka Bisnis Cafe dengan Modal 100 Jutaan

0

Siapa bilang bisnis cafe modal 100 jutaan hanya akan mendapatkan cafe kecil dan seadanya. Kuncinya adalah perencanaan. Memang membuka sebuah cafe dapat menjadi peluang bisnis yang menguntungkan, namun juga memerlukan modal yang cukup besar. Namun dengan perencanaan yang matang maka 100 juta bisa disulap menjadi sebuah cafe yang sangat bagus dan nyaman loh.

membuka bisnis cafe modal 100 jutaan
imagesource : idntimes

Membuka Bisnis Cafe Modal 100 Jutaan

Bagaimana melakukannya? Yuk simak langkahnya:

Tentukan Lokasi

Pertama, lokasi adalah faktor penting yang harus dipertimbangkan saat menentukan modal. Lokasi yang baik akan membuat lebih mudah bagi pelanggan untuk menemukan cafe Anda dan akan meningkatkan potensi pendapatan. Namun, lokasi yang baik juga akan menjadi lebih mahal dibandingkan dengan lokasi yang kurang strategis. Oleh sebab itu, anda dapat mempertimbangkan mencari lokasi dengan biaya sewa terjangkau, tidak butuh banyak renovasi bangunan, dan nyaman. Tidak harus tempat yang sangat ramai karena pada dasarnya anda bisa mencoba peluang cafe yang menyediakan makanan dan minuman yang bisa diantar gratis secara online.

Dana rekomendasi: sewa tempat 25 juta per tahun, renovasi 10 juta.

Peralatan Bekas Pakai

Kedua, peralatan dan perabotan cafe juga harus dipertimbangkan dalam modal. Peralatan yang diperlukan meliputi mesin kopi, oven, peralatan dapur, dan perabotan seperti meja, kursi, dan peralatan lainnya. Pembelian peralatan dan perabotan yang berkualitas tinggi akan menjamin kualitas produk dan layanan yang baik, namun juga akan menambah biaya modal. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya membeli peralatan bekas cafe atau restoran lain yang memang masih layak pakai. Harganya biasanya jauh lebih murah dibandingkan membeli baru.

Dana rekomendasi: peralatan bekas, 7 juta rupiah.

Melatih Fresh Graduate

Ketiga, modal juga harus diperhitungkan untuk biaya operasional seperti gaji staf, biaya listrik, air, dan lain-lain. Mempekerjakan staf yang berpengalaman dan berkualitas akan menjamin layanan yang baik, namun juga akan menambah biaya operasional. Oleh sebab itu, bisa diakali dengan mempekerjakan beberapa fresh graduate yang bisa dididik agar dapat bekerja di cafe anda.

Dana rekomendasi: listrik dan air 12 juta per tahun, pegawai 42 juta per tahun.

Cari Promosi yang Efektif

Keempat, modal juga harus diperhitungkan untuk pemasaran dan promosi. Pemasaran yang efektif akan membuat cafe Anda dikenal oleh pelanggan potensial dan meningkatkan jumlah pelanggan yang datang. Namun, pemasaran dan promosi juga akan menambah biaya modal. Oleh sebab itu, carilah metode pemasaran yang efektif dan murah tanpa harus banyak beriklan bayar di socmed, dan tanpa harus cetak banyak flier. Beberapa promosi yang bisa dilakukan misalnya memasukkan bisnis ke google map, memasang banner yang menarik di cafe, dan bergabung dengan beberapa aplikasi layanan pesan antar makanan.

Dana rekomendasi: Lakukan sendiri menggunakan prinsip digital marketing organik. GRATIS.

Tetap Persiapkan Dana Darurat

Kelima, modal juga diperlukan untuk dana darurat. Cafe dapat mengalami masalah yang tidak terduga seperti kerusakan peralatan atau perubahan dalam permintaan pelanggan. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan dana darurat untuk mengatasi masalah-masalah yang tidak terduga.

Dana rekomendasi: 4 juta rupiah, dan gunakan keuntungan tiap bulannya untuk menambah dana darurat.

Secara keseluruhan, membuka cafe memerlukan modal yang cukup besar. Namun, dengan merencanakan dengan baik dan mempertimbangkan semua faktor yang dibahas di atas, Anda dapat memastikan bahwa modal yang Anda keluarkan akan digunakan dengan efektif dan akan meningkatkan potensi keuntungan cafe Anda.

Demikianlah sedikit saran bagaimana membangun bisnis cafe modal 100 jutaan sehingga anda bisa memiliki usaha cafe yang cukup baik dan berkembang. Namun pada intinya, agar terus berkembang anda perlu mempersiapkan bisnis plan yang matang serta pemasaran yang menarik. Perlu diingat bahwa pemasaran bukan berarti bakar uang (memberikan promo). Memberikan layanan yang ramah, serta menu yang lezat dan menarik menjadi suatu bentuk pemasaran. Semoga bermanfaat.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.