Benarkah Mencuci Masker Kain Belum Tentu Efektif Membunuh Kuman?

0

Mencuci masker kain tidak selalu membuat kuman mati begitu saja loh!

Himbauan World Heathy Organizatio(WHO) & Centers for Disease Control  and Prevention (CDC) untuk memakai masker saat berpergian keluar rumah kain menjadi satu langkah yang diambil untuk menekan penyebaran COVID-19.

Tak hanya itu di Indonesia sendiri pemerintah bahkan menyarankan masyarakatnya untuk menggunakan masker kain sebagai pelindung area mulut & hidung, sebagai alternatif masker bedah. Hal ini dilakukan sebagai bentuk empati mengingat masih banyak garda depan atau tim medis yang membutuhkan APD saat menjalankan tugasnya. Well, secara tidak langsung nih penggunaan masker kain bisa menjadi bentuk kepedulian dan langkah sederhana untuk menekan Covid-19.

Kalau ngomongin soal masker kain tentunya kita tahu kalau ternyata memang masker yang terbuat dari bahan ini bisa di cuci berulang kali, tapi soal perawatan nggak semudah masker bedah yang hanya tinggal di gunting saat selesai pemakaiannya.

Perlu perawatan ektra untuk jenis masker yang satu ini, mau tahu seperti apa? yuk cek berikut cara yang benar mencuci masker kain menurut ahil kesehatan

Cara Mencuci Masker Kain yang Benar & Efektif Membunuh Kuman

Mencuci masker kain
  • Mencuci Masker Menggunakan Air Hangat

Pertama tentu kita tahu dong kalau dari mulut kita mengeluarkan berbagai kuman saat berbicara, menguap, atau batuk yang menempel pada masker yang digunakan, sehingga sangat disarankan hanya menggunakan masker hanya untuk 4 jam saja, dan langsung mencucinya dengan air hangat.

Menurut Daniel Griffin dokter spesialis menular dari sebuah Universitas Colombia mencuci dengan air hangatdi atas suhu 60 derajat celcius bisa membunuh mikroorganisme yang menempel pada masker Anda loh

  • Gunakan Disinfektan atau Deterjen

Well, baik kamu yang mencucinya dengan cara manual atau mesin cuci sekalipun keduanya memerlukan proses pencucian selama 30 menit, dan Griffin juga mengatakan pemilihan cairan pembersih juga bisa membantu membunuh kuman yang ada.

Cara membersihkannya juga sangat mudah, pertama rendam masker kain pada wadah yang berisi air yang sudah di campur disinfektan, dan diamkan selama tiga puluh menit kedepan. Bilas kembali dan pastikan sudah tidak ada sabun yang menempel.

  • Mengeringkan Di Bawah Terik Matahari

Tahukah kamu bahwa kalau terik matahari bukan saja baik untuk kesehatan tubuh, dan memenuhi vitamin D yang dihasilkan dari sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit. Tapi juga memiliki kemampuan untuk membunuh mikroorganisme yang ada di dalam sebuah benda. Untuk itu sehingga sangat disarankan untuk mengeringkan masker yang sudah dicuci dengan disinfektan di bawah matahari dan bukan di tempat yang memiliki kelembaban tinggi.

  • Menyimpan di tempat kering 

Langkah terakhir yang tidak kalah penting adalah sebaiknya setelah selesai dicuci, simpanlah di tempat yang kering dan tidak lembab. Karena harus Anda tahu tempat lembab itu menjadi lokasi favorit bakteri untuk berkembang biak loh! 

Dengan lain kata cara menyimpan yang salah akan sangat justru akan berdampak buruk pada kesehatan. 

Yap itu dia langkah-langkah perawatan terhadap masker kain agar tetap aman dalam penggunaanya, dan bisa mencegah dari virus Corona. Oh ya jangan lupa untuk mengganti masker Anda setelah 4 jam sekali ya, jangan sampai kehabisan stoknya dan pastikan kamu sudah mendapat masker kain dengan kualitas terbaik di sini

Jangan lupa nih buat subscribe juga news.Ralali.com untuk mendapatkan informasi terbaru seputar bisnis, Covid-19 dan berita menarik lainnya yang bisa menambah pengetahuan Anda. 

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.