Contoh Surat Permohonan Kalibrasi, Wajib Tau!

0

Sebagai pengguna alat ukur, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai prosedur kalibrasi. Ya kalibrasi alat ukur memang merupakan prosedur yang paling sering dilakukan pengguna alat ukur untuk mendapatkan keakuratan dan jaminan keakuratan pada suatu jenis alat ukur.

Dalam pelaksanaan kalibrasi terdapat serangkaian prosedur dan syarat yang harus dilakukan. Salah satunya yakni pengguna alat ukur wajib membuat surat permohonan kalibrasi yang harus dilampirkan kepada penyedia jasa kalibrasi atau badan terkait. Nah maka dari itu, artikel ini akan membahas bagaimana sih contoh surat permohonan kalibrasi itu, dan bagaimana cara mendapatkannya mari kita simak di bawah ini.

Contoh Surat Permohonan Kalibrasi : Pengertian

Surat permohonan kalibrasi adalah suatu surat pengantar yang berguna untuk melakukan prosedur kalibrasi yang disampaikan kepada lembaga atau badan terkait kalibrasi yang berwenang. Biasanya surat ini akan berisikan tentang informasi alat ukur yang akan dikalibrasi. Dengan surat ini maka akan mempermudah petugas kalibrasi untuk mengenali dan menganalisis alat ukur yang akan dikalibrasi. Nah apa sih sebenarnya fungsi dari surat permohonan kalibrasi ini? Mari kita lanjut ke bahasan selanjutnya.

Fungsi dari Surat Permohonan Kalibrasi

Di ranah industri dan kesehatan, proses kalibrasi wajib dilaksanakan secara rutin oleh Balai Pengujian Fasilitas Kesehatan atau institusi sejenis yang memiliki wewenang. Tujuan utama dari proses ini adalah untuk menjamin bahwa setiap perangkat yang digunakan telah sesuai dengan standar yang ditetapkan dan berada di bawah pengawasan lembaga berwenang.

Surat permohonan kalibrasi berperan penting sebagai media komunikasi antara pemilik alat ukur dengan pihak lembaga yang memiliki wewenang. Melalui surat ini, pemilik alat ukur dapat menyampaikan perangkat apa saja yang akan diajukan untuk proses kalibrasi, spesifikasi detail dari perangkat tersebut, jangkauan pengukuran yang diajukan untuk kalibrasi, serta berbagai informasi tambahan yang relevan.

Contoh Surat Permohonan Kalibrasi

Bagaimana bentuk dari surat permohonan kalibrasi ini? Surat ini memiliki format dan isi tertentu. 

Isi dari Surat Permohonan Kalibrasi : 

  • Nama Kota, Tanggal dibuatnya surat
  • Kop Surat
  • Nomor Surat
  • Lampiran
  • Hal : Permohonan Kalibrasi
  • Kepada Yth (karena menunjuk instansi bukan orang)
  • Alamat Instansi
  • Kata Pembuka
  • Menyebutkan nama pemilik alat ukur atau pimpinan perusahaan
  • Isi dengan menyampaikan maksud ditulisnya surat
  • Tanda tangan dan nama terang
  • Melampirkan daftar alat yang dikalibrasi

Seperti gambar contoh surat permohonan kalibrasi di bawah ini.

Bagaimana sih Cara Mendapatkan Surat Permohonan Kalibrasi?

Surat permohonan kalibrasi ini bisa didapatkan dari Balai Kalibrasi dari Kemendag, sebagai lembaga yang berwenang menyetujui permohonan kalibrasi. Selain itu, bisa juga didapatkan dari laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi dan terpercaya.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, kita dapat mengetahui bahwa surat permohonan kalibrasi sangat penting dalam proses kalibrasi. Surat ini menjadi jembatan komunikasi antara pemilik alat ukur dan lembaga pengujian yang berwenang. Untuk menjalankan proses kalibrasi dengan baik dan benar, dibutuhkan surat permohonan kalibrasi yang disusun dengan lengkap dan jelas. Semoga penjelasan ini dapat membantu Anda dalam memahami lebih lanjut mengenai surat permohonan kalibrasi.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.