Desain Konstruksi TPS Limbah B3 Berdasarkan Karakteristik dan Fasilitasnya

0

Pastinya Anda pernah berpikir jika memang pembangunan dari TPS limbah B3 tidak bisa dibuat secara sembarangan. Hal tersebut memang benar, perlu adanya desain konstruksi TPS limbah B3 yang baik dan benar yang sudah sesuai dengan regulasi agar memberikan keamanan dan juga kenyamanan pada saat penyimpanan dan juga pengelolaan sementara dari limbah B3 tersebut.

Perlu Anda ketahui juga, sebenarnya untuk setiap konstruksi limbah B3 memiliki perbedaan untuk setiap karakteristik dari limbah B3 itu sendiri. Jadi, desain konstruksi untuk limbah B3 yang mudah menyala, yang mudah meledak, dan sifat lainnya memiliki desain yang berbeda dan fasilitasi yang berbeda juga.

Bagaimana desain konstruksi tempat penyimpanan limbah B3 tersebut yang disesuaikan dengan karakteristik dari limbahnya serta fasilitas apa yang harus ada? Mari kita cari tahu lebih dalam di sini!

Desain Konstruksi TPS Limbah B3

Desain konstruksi Tempat Penyimpanan Sementara (TPS) Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) merupakan rencana bangunan yang dirancang khusus untuk menampung, mengelola, dan menyimpan limbah B3 secara aman dan sesuai dengan standar lingkungan. Desain ini harus memperhatikan aspek-aspek seperti sistem pengumpulan dan penanganan limbah, kapasitas penyimpanan, metode pengolahan limbah, serta sistem keamanan dan mitigasi risiko yang efektif. 

Selain itu, desain konstruksi juga harus mematuhi peraturan pemerintah dan pedoman teknis yang berlaku.

Ada beberapa kriteria desain konstruksi TPS limbah B3 berdasarkan dengan karakteristik dari limbah B3 tersebut, apa saja itu?

Mudah Menyala

Untuk desain konstruksi dari TPS limbah B3 dengan karakteristik yang mudah menyala, akan ada beberapa persyaratan desain konstruksi di antaranya adalah:

  1. Fasilitas harus memiliki dinding pemisah dari bangunan yang berdekatan.
  2. bangunan Penyimpanan Limbah B3 yang dibangun terpisah dari bangunan lain, jaraknya paling kurang 6 (enam) meter.
  3. Struktur atap penyangga harus terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar, dengan konstruksi atap yang ringan dan mudah roboh jika terjadi kebakaran.
  4. Penerangan harus dipasang sedemikian rupa sehingga tidak menimbulkan ledakan atau percikan listrik (explosion-proof).

Mudah Meledak

Pada limbah B3 dengan karakteristik mudah meledak, konstruksi dari bangunannya memang harus sesuai, berikut ini adalah konstruksinya:

  1. Konstruksi bangunan, termasuk lantai, dinding, dan atap, harus tahan ledakan.
  2. Lantai dan dinding harus dibangun lebih kokoh daripada struktur atap.
  3. Fasilitas harus selalu mematuhi peraturan suhu ruangan.

Beracun, Reaktif, Korosif

Dan terakhir untuk desain konstruksi TPS limbah B3 dengan sifat seperti beracun, reaktif, dan juga korosif harus memenuhi beberapa syarat berikut:

  1. Konstruksi dinding harus dirancang agar mudah dilepas
  2. Konstruksi atap, dinding, dan lantai harus tahan terhadap korosi dan api.

Sirkulasi Udara pada TPS Limbah B3

Dalam pembuatan bangunan dari TPS limbah B3, yang harus diperhatikan adalah dalam pengaturan sirkulasi udaranya yang harus diperhatikan. Coba Anda amati dari gambar di atas untuk ketentuan dari sirkulasi udara.

Lantai fasilitas penyimpanan harus kedap air, halus, kuat, dan bebas retak. Lalu untuk lantai interior harus miring ke bawah menuju bak penampung dengan kemiringan maksimal 1%. Pada bagian luar, lantai harus didesain sedemikian rupa sehingga air hujan dapat mengalir keluar dari bangunan penyimpanan.

Ketentuan Fasilitas TPS Limbah B3

Ketentuan fasilitas Tempat Penyimpanan Sementara Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (TPS B3) antara lain sebagai berikut:

  1. Kapasitas penyimpanan yang memadai untuk menampung volume limbah B3 yang dihasilkan.
  2. Konstruksi yang dirancang dengan baik, termasuk dinding, lantai, dan atap yang tahan terhadap korosi, api, dan ledakan.
  3. Lantai kedap air dan halus dengan gradien yang sesuai untuk mengalirkan cairan ke bak penampung.
  4. Pemisahan dengan bangunan yang berdekatan, baik dengan dinding pemisah atau jarak minimal 6 meter.
  5. Kepatuhan terhadap peraturan suhu ruangan setiap saat.
  6. Sistem yang efektif untuk pengumpulan, penanganan, dan pemrosesan sampah.
  7. Langkah-langkah keamanan dan strategi mitigasi risiko diterapkan untuk memastikan keselamatan pekerja dan mencegah pencemaran lingkungan.

Ketentuan fasilitas TPS B3 ini harus diikuti untuk memenuhi peraturan pemerintah. Sebenarnya pun ada dua ketentuan dari fasilitas TPS limbah B3 yang juga harus diperhatikan, yaitu waste pile dan juga waste impoundment. 

Waste Pile

Waste pile atau tumpukan dari limbah juga harus ada sistem drainasenya. Untuk ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Disediakan saluran drainase di sekeliling tempat penumpukan Limbah (waste pile) yang dirancang untuk mengalirkan air yang langsung bersentuhan dengan Limbah B3 ke kolam penampung air.
  2. Dibangun tanggul di sekeliling tempat penumpukan Limbah (waste pile) dengan ketinggian minimal 1 (satu) meter dari permukaan tanah untuk mencegah tumpahan dan kebocoran Limbah B3 dari area penyimpanan.
  3. Terdapat fasilitas sumur pemantau air tanah yang ditempatkan di bagian hulu (upstream) dan hilir (downstream) tempat penumpukan Limbah (waste pile) sesuai dengan arah aliran air tanah.

Waste Impoundment

Penampungan limbah atau waste impoundment pun harus ada ketentuannya juga. Untuk ketentuannya adalah sebagai berikut:

  1. Waste impoundment dilengkapi dengan tanggul di sekelilingnya, yang memiliki ketinggian minimal 1 (satu) meter dari permukaan tanah untuk mencegah luapan air.
  2. Dibangun bangunan pelimpahan (spillway) di waste impoundment untuk mengalirkan air yang berasal dari Limbah B3 yang disimpan ke kolam penampung air.
  3. Terdapat fasilitas sumur pemantau air tanah yang dibangun di bagian hulu (upstream) dan hilir (downstream) fasilitas waste impoundment, yang ditempatkan sesuai dengan arah aliran air tanah.

Kesimpulan

Dari semua konstruksi di atas dan juga ketentuannya memang sangat penting. Hal ini merupakan standar yang pasti untuk konstruksi TPS limbah B3 yang aman dan juga bisa disesuaikan dengan karakteristik limbahnya. Fasilitas yang memadai membuat limbah bisa dikelola dengan baik tanpa mencemari lingkungan di sekitar.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.