Penjelasan Evaluasi Sertifikat Kalibrasi

0

Tahukah Anda bahwa prosedur kalibrasi tidak hanya digunakan untuk pengukuran alat ukur saja, Akan tetapi juga pada alat standar yang menjadi acuan dalam prosedur kalibrasi tersebut, Karena proses kalibrasi berkaitan dengan persyaratan ISO maka kalibrasi harus dapat menjamin ketertelusuran peralatan yang telah diterapkan untuk prosedur kalibrasi. Sehingga perlu dilakukannya evaluasi sertifikat kalibrasi kembali. 

Apa Sih Evaluasi Sertifikat Kalibrasi Itu?

Seperti yang telah dibahas sedikit pada penjelasan diatas, bahwasannya evaluasi perlu dilakukan sebagai acuan pada alat ukur yang akan digunakan. Atau dengan kata lain evaluasi sertifikat kalibrasi adalah proses membandingkan faktor koreksi alat ukur dan ketidakpastian tersebut  dengan toleransi alat ukur atau alur yang menjadi syarat bagi peralatan ukur, metode, ataupun metode kalibrasi.

Proses evaluasi ini dilakukan untuk dapat menjamin bahwa peralatan yang sudah dikalibrasi telah memenuhi persyaratan untuk digunakan. Serta dengan melakukan evaluasi terhadap kalibrasi peralatan atau standar acuan akan dapat membantu Anda sebagai petunjuk kebenaran hasil kerja prosedur kalibrasi yang telah digunakan.  

Tujuan Evaluasi Sertifikat Kalibrasi

Pada dasarnya adapun tujuan melakukan evaluasi sertifikat kalibrasi tersebut. tujuannya yaitu untuk memahami ketertelusuran pengukuran. Selain itu, dengan melakukan evaluasi pelaksana kalibrasi akan lebih memahami spesifikasi teknis dan peralatan pengujian pada alat tersebut. Evaluasi ini juga dimaksudkan untuk mengidentifikasi apa saja kebutuhan dalam prosedur kalibrasi yang telah selaras dengan menggunakan pengukuran ataupun pengujian yang akan dilakukan.

Dengan melakukan kalibrasi juga dapat memahami penerapan dari sertifikat kalibrasi peralatan tersebut. Tidak hanya itu saja, ada beberapa tujuan evaluasi pada sertifikat kalibrasi yang lainnya. Agar dapat meningkatkan pemahaman Anda, simak penjelasan ini dengan seksama. Dibawah ini merupakan beberapa tujuan evaluasi sertifikat kalibrasi pada alat ukur, yaitu sebagai berikut ini: 

  • Mengevaluasi Hasil Ketertelusuran
    Hasil pengukuran pada proses kalibrasi tersebut, harus memiliki keakuratan yang tinggi. Dengan begitu, salah satu tujuan evaluasi ini yaitu untuk mengevaluasi ulang hasil agar dapat memiliki tingkat ketelusuran yang tinggi.
  • Mengevaluasi Kembali Penggunaan Alat Ukur
    Alat ukur yang akn digunakan harus dapat bekerja dengan maksimal dan juga harus menghasilkan hasil pengukuran yang dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan begitu tujuan dilakukannya evaluasi ini juga untuk dapat mengevaluasi kembali penggunaan alat ukur tersebut, hingga alat ukur tersebut tidak memiliki penyimpangan pada saat melakukan proses pengukuran. 

Faktor yang Mempengaruhi Evaluasi Sertifikat Kalibrasi

Apakah Anda tahu selain adanya tujuan dari evaluasi tersebut. jua ada beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi evolusi sertifikat kalibrasi. Faktor inilah yang akan membantu Anda untuk mengetahui apakah sertifikat kalibrasi dari laboratorium kalibrasi tersebut telah terakreditasi dan tertelusur. Hal tersebut bisa dilihat pada sertifikat kalibrasi, yaitu sebagai berikut ini: 

  • Tercantumnya logo KAN pada sertifikat
  • Alat Standar nya tertelusur
  • Kondisi Lingkungan saat kalibrasi sesuai
  • Metode yang digunakan
  • Hasil Kalibrasi

Kesimpulan

Bagimna? Apakah penjelasan diatas sudah cukup jelas bagi Anda? Begitulah pembahasan mengenai evaluasi sertifikat kalibrasi, kegiatan evaluasi ini perlu untuk dilakukan agar Anda semakin paham tentang spesifikasi teknis dan peralatan pengujian. Adapun tujuan dari kegiatan evaluasi sertifikat ini. Tidak hanya itu saja, ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi evaluasi tersebut. Dengan begitu jangan tunda lagi untuk melakukan evaluasi pada sertifikat kalibrasi tersebut. 

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.