Syarat Gudang Penyimpanan Limbah B3 dan Contoh Desainnya

0

Dalam proses penyimpanan limbah B3, tentu harus ada tempat yang digunakan untuk menyimpan limbah khusus B3 tersebut. Tempat ini bisa berupa gudang yang harus dipersiapkan oleh perusahaan yang menghasilkan limbah B3. Gudang penyimpanan limbah B3 ini haruslah memenuhi standar yang sudah ditentukan. 

Hal ini tentu ada maksudnya, limbah B3 yang disimpan tidak tumpah ataupun bocor dan mencemari lingkungan sekitar, sehingga dapat membahayakan masyarakat. Nah di artikel ini kita akan membahas apa saja syarat dan spesifikasi gudang penyimpanan limbah B3 serta contoh desain gudang penyimpanan limbah B3 untuk mempermudah Anda dalam memahami topik ini.

Syarat Gudang Penyimpanan Limbah B3

Adapun syarat yang harus dipenuhi pada gudang yang digunakan sebagai tempat penyimpanan limbah B3 diantaranya:

  • Lokasi
    Lokasi gudang penyimpanan limbah B3 harus memenuhi beberapa kriteria, antara lain:
  1. Bebas banjir dan tidak rawan bencana alam, hal ini dimaksudkan agar dapat menghindari risiko penyebaran limbah B3 akibat bencana alam.
  2. Jika lokasi penyimpanan limbah B3 berada di area yang tidak bebas banjir dan rawan bencana alam, maka lokasi tersebut harus dapat direkayasa dengan teknologi untuk perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup (PPLH).
  3. Lokasi Penyimpanan Limbah B3 harus berada di dalam penguasaan Setiap Orang yang menghasilkan Limbah B3 hal ini dimaksudkan agar dapat memastikan pengelolaan limbah B3 dapat dilakukan secara efektif dan bertanggung jawab.
  • Fasilitas
    Gudang penyimpanan limbah B3 harus memiliki beberapa fasilitas, misalnya:
  1. Containment building (bangunan penampung).
  2. Tangki dan/atau kontainer.
  3. Silo..
  4. Tempat tumpukan limbah (waste pile).
  5. Waste impoundment.
  6. Bentuk lainnya sesuai dengan perkembangan teknologi.
  • Peralatan penanggulangan keadaan darurat juga harus disediakan yakni, Alat pemadam api, dan alat penanggulangan keadaan darurat lain yang sesuai seperti material pasir, oil absorbant, safety shower, oil boom, oil skimmer.

Spesifikasi Gudang Penyimpanan Limbah B3

Gudang atau bangunan penyimpanan limbah B3 harus memenuhi beberapa spesifikasinya, berikut adalah spesifikasi gudang limbah B3:

  • Bagian luar bangunan diberi papan nama dan diberi simbol limbah B3 sesuai dengan karakteristik limbah B3 yang disimpan.
  • Limbah B3 terlindung dari hujan dan sinar matahari.
  • Bangunan atau gudang limbah B3 harus memiliki sistem ventilasi.
  • Bangunan atau gudang dilengkapi dengan saluran dan bak penampung tumpahan jika menyimpan limbah B3 cair.
  • Sistem penyimpanan menggunakan sistem blok / sel yang dipisahkan masing-masing blok  harus dipisahkan dengan tanggul.

Contoh Desain Gudang Penyimpanan Limbah B3

Untuk dapat memahami lebih dalam tentang bagaimana contoh desain gudang penyimpanan, maka Anda bisa melihat beberapa gambar desain ruangan limbah b3 di bawah ini.

tampak depan contoh tps limbah b3
contoh tata ruang tps b3

Kesimpulan

Secara keseluruhan, gudang penyimpanan limbah B3 harus dirancang dan dikelola berdasarkan dengan spesifikasi yang ditetapkan. Hal ini bertujuan agar limbah B3 yang disimpan tidak membahayakan lingkungan maupun kesehatan masyarakat sekitar. Dengan begitu diharapkan perusahaan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang syarat dan spesifikasi gudang penyimpanan untuk limbah B3, sehingga perusahaan dapat menjaga lingkungan sambil memenuhi standar yang wajib dipenuhi.

Ralali Business Solution

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.