Berikut Adalah Pentingnya Memiliki Ilmu Kalibrasi!

0

Apakah kalian pernah mendengar istilah kalibrasi? Mungkin sebagian orang belum mengenal istilah tersebut. Istilah ini ternyata familiar terdengar dalam bidang pekerjaan yang membutuhkan ketelitian. Akan tetapi tetap sama saja, mungkin tidak banyak orang yang mengetahui istilah ini.  Oleh karena itu pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai ilmu kalibrasi. Lalu apa itu kalibrasi? Kalibrasi adalah proses yang memiliki tujuan untuk menentukan nilai yang terkait dengan suatu peralatan atau sistem.

Proses tersebut dilakukan dengan cara membandingkan standar pada alat tersebut dengan keakuratan dan keandalan pada suatu alat yang telah terkalibrasi. Kalibrasi ini dilakukan untuk dapat memastikan bahwa peralatan atau sistem dapat memberikan hasil yang akurat dan dapat diandalkan pada saat melakukan pengukuran atau pengolahan data. Dalam melakukan kalibrasi tersebut ada beberapa hal yang harus dikuasai, yaitu seperti penjelasan dibawah ini. 

Mengapa Ilmu Kalibrasi Harus Dimiliki?

Seperti yang telah kita ketahui pengukuran dapat dilakukan oleh semua orang, seperti pengukuran berat badan, pengukuran tinggi badan, dan lainnya. Akan tetapi dalam dunia perdagangan, ada berbagai macam peraturan dan juga aktivitas ekonomi seperti jual beli banyak yang bergantung pada hasil pengukuran. Semua itu tentunya berhubungan dengan kalibrasi, oleh karena itu sangat penting bagi kita semua untuk dapat memiliki ilmu kalibrasi. Terutama bagi Anda yang ingin membangun usaha dalam bidang perdagangan ataupun usaha industri. 

Beberapa Ilmu Kalibrasi Yang Harus Dikuasai

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya didalam dunia perdagangan ataupun usaha industri, Anda diharuskan untuk mengetahui ilmu kalibrasi terlebih dahulu. Adapun beberapa ilmu kalibrasi yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin ikut bergerak dalam bidang tersebut.  Berikut ini merupakan beberapa poin yang perlu Anda kuasai, simak penjelasan tersebut dengan seksama:

Mengerti Tentang Prinsip Kalibrasi

Langkah awal yang harus kita kuasai yaitu mengerti tentang prinsip dari kalibrasi itu sendiri. Saat kita telah mengetahui prinsip kalibrasi tersebut, maka dapat meminimalisir terjadinya kesalahan yang mungkin dapat kita perbuat. Karena dengan begitu kita tidak akan 

Mengerti Standar Acuan Yang Berlaku

Langkah berikutnya yaitu mengetahui standar acuan yang berlaku. Pada kalibrasi standar acuan yang berlaku yaitu SNI (Standar Nasional Indonesia) dan juga ISO (International Organization for Standardization). Standar ini telah disepakati dan juga telah digunakan apabila melakukan kalibrasi.

Mengerti Tentang Prosedur Kalibrasi

Selanjutnya yaitu mengerti tentang prosedur kalibrasi. proses kalibrasi dapat berjalan dengan lancar apabila Anda mengerti tentang prosedurnya. Dengan begitu dapat menghindari kesalahan dalam pengambilan data ukur. 

Mengerti Tentang Metode Kalibrasi Alat Ukur

Persiapan berikutnya, ialah Anda harus ,mengerti tentang metode kalibrasi alat ukur. Metode kalibrasi yang mengacu pada standar tertentu. Syarat acuan ialah berbasis publikasi yang diakui oleh masyarakat luas. Sehingga tidak hanya standar internasional yang menjadi acuan, tetapi juga metode standar lainnya. 

Menguasai Beberapa Jenis Ruang Lingkup Kalibrasi

Ruang lingkup kalibrasi sangatlah banyak, oleh karena itu Anda harus menguasai beberapa jenis ruang lingkup kalibrasi seperti torsi, massa, akustik dan vibrasi, tekanan, panjang,suhu dan kelembaban, gaya, dan masih banyak lagi.  

Kesimpulan

Penjelasan diatas dapat membantu Anda untuk memahami kalibrasi. Dengan begitu Anda dapat menguasai ilmu kalibrasi yang sangat penting untuk dipelajari, khususnya bagi Anda yang ingin membangun usaha perdagangan ataupun usaha industri. Hal ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi Anda. 

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.