Melihat dari 2 Sisi, Ini Keuntungan dan Kerugian Bisnis Hotel

0

Setiap bisnis memiliki 2 sisi. Terdapat kelebihan atau keuntungan menjalankan bisnis tersebut. Ada juga risiko atau kerugian memilih bisnis tersebut. Termasuk jika memilih bisnis hotel. Terdapat keuntungan dan kerugian yang harus dipahami dan diantisipasi dengan sebaik-baiknya.

keuntungan dan kerugian bisnis hotel
imagesource : antaranews

Dalam bisnis hotel, seperti halnya bisnis lainnya, pemahaman akan keuntungan dan kerugian sangat penting untuk diperhatikan. Setiap pengusaha harus memahami keuntungan dan kerugian yang dapat diperoleh dari suatu bisnis sebelum berinvestasi. Hal ini penting untuk dilakukan agar pengusaha dapat mengambil keputusan yang tepat dan menghindari kerugian yang mungkin terjadi. Tanpa memahami keuntungan dan kerugian suatu bisnis, pengusaha akan kesulitan dalam mengukur:

  • Potensi keuntungan, dan 
  • Resiko yang akan dihadapi dalam bisnis tersebut.

Pemahaman akan keuntungan dan kerugian suatu bisnis juga penting untuk diperhatikan dalam proses pengelolaan bisnis. Pengusaha harus memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keuntungan dan kerugian suatu bisnis agar dapat mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan keuntungan dan mengurangi kerugian.

Keuntungan Bisnis Hotel

Sangat mudah mencari hotel. Baik di kota besar maupun di daerah-daerah. Khususnya daerah wisata. Hal ini terjadi tentunya karena bisnis hotel memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan.

Adapun beberapa keuntungan dari melakukan bisnis hotel, antara lain:

Pendapatan yang stabil

Hotel dapat memberikan pendapatan yang stabil dari waktu ke waktu karena permintaan akan tempat menginap selalu ada. Apalagi jika hotel konsisten melakukan periklanan dan pemasaran dengan promosi menarik.

Potensi pengembalian investasi yang baik

Bisnis hotel dapat memberikan pengembalian investasi yang baik jika dikelola dengan baik dan efisien. Namun semua ini hanya bisa terjadi jika manajemen memperhatikan semua aspek dalam hotel. Misalnya bagaimana menjaga dan merawat aset, memperhatikan SOP penerimaan tamu dan pelayanan pada tamu, dan bagaimana mengajak tamu-tamu lama untuk kembali mencoba layanan hotel anda.

Peluang untuk meningkatkan pendapatan

Hotel dapat meningkatkan pendapatannya melalui upselling layanan tambahan seperti spa, restoran, dan fasilitas olahraga. Selain itu, pada masa-masa libur panjang seperti lebaran dan natal-tahun baru, pendapatan hotel dapat meningkat karena tingginya tingkat keterisian kamar, serta dari memberikan harga yang lebih tinggi di musim libur panjang.

Peluang untuk meningkatkan jumlah tamu

Hotel dapat meningkatkan jumlah tamunya dengan meningkatkan promosi dan menawarkan harga yang kompetitif. Selain itu, jika tamu memang banyak dan sering penuh, hotel dapat memperbanyak jumlah kamar dengan membangun bangunan baru, menambah lantai, atau membuat kamar baru dari space-space yang belum dipergunakan. Namun semua harus diperhitungkan dengan baik karena biaya-biaya pengelolaan hotel akan meningkat drastis jika tiba-tiba terjadi penurunan jumlah tamu.

Peluang untuk mengembangkan bisnis

Hotel dapat mengembangkan bisnisnya dengan membuka cabang baru atau mengakuisisi hotel lain. Bisa juga dengan merambah ke bisnis-bisnis lain namun dalam lingkup hotel tersebut. Misalnya memberikan space hotel untuk membangun restoran, gym, spa, atau ruang aula untuk pertemuan. Beberapa hotel bahkan mendapatkan keuntungan lebih besar justru dari pengembangan bisnis hotel ke bisnis-bisnis lainnya ini.

Kelemahan Bisnis Hotel

Memang bisnis hotel itu menguntungkan. Namun bukan berarti tidak ada risiko dan kerugian jika memilih bisnis perhotelan. Ada beberapa kelemahan atau kerugian dari bisnis hotel yang perlu anda ketahui, pahami, dan antisipasi, antara lain:

Biaya tinggi

Bisnis hotel memerlukan investasi yang cukup besar, termasuk biaya pembuatan, perawatan, dan operasional. Biaya operasional juga dapat menjadi masalah ketika tingkat keterisian hotel sedang rendah. Biaya operasional yang tinggi biasanya berasal dari gaji pegawai, listrik dan air, serta biaya maintenance bangunan.

Kompetisi yang ketat

Bisnis hotel sangat kompetitif karena banyak pesaing yang berlomba-lomba untuk mendapatkan tamu. Mungkin tidak akan menjadi masalah jika kompetisi berlangsung dengan sehat. Namun jika kompetisi sudah menjurus pada perang harga dan promo tentunya akan sangat merepotkan dan merugikan.

Bergantung pada musim

Bisnis hotel sangat bergantung pada musim sehingga dapat mengalami penurunan pendapatan pada musim yang kurang baik. Misalnya pada musim libur panjang (natal dan lebaran) maka pendapatan dapat tinggi. Namun 1-2 bulan sebelum natal dan lebaran tingkat keterisian hotel biasanya sangat rendah.

Resiko kerugian karena bencana

Bisnis hotel sangat rentan terhadap resiko kerugian, seperti kebakaran, banjir, gempa bumi atau bencana alam. Namun hal ini bisa dihadapi dengan memperhatikan pentingnya asuransi pada bisnis perhotelan. Serta itulah pentingnya untuk membangun bisnis perhotelan di daerah yang bebas banjir.

Resiko terkena pandemi dan krisis ekonomi

Bisnis hotel sangat rentan terhadap pandemi dan krisis ekonomi yang dapat menyebabkan penurunan permintaan dan kerugian besar karena biaya operasional akan tetap tinggi ketika pandemi ataupun saat krisis ekonomi terjadi.

Biaya pemasaran yang tinggi

Pemasaran dan promosi yang efektif sangat penting dalam bisnis hotel, tetapi dapat menjadi biaya yang cukup tinggi. Untuk menghadapi hal ini maka branding perlu dilakukan terus menerus dengan memperhatikan pelayanan pada tamu, kebersihan tempat, dan kenyamanan selama tamu menginap. Hal ini dapat menjadi pemasaran terkuat karena tamu akan merekomendasikan hotel anda kepada teman dan keluarganya yang lain tanpa anda harus melakukan pemasaran dan promosi di berbagai media.

Demikianlah beberapa keuntungan dan kerugian bisnis hotel yang perlu kita ketahui bersama. Semoga informasi ini dapat menjadi wawasan baru dan berharga bagi anda. Terutama untuk anda yang sedang mempersiapkan diri masuk ke bisnis perhotelan.

Dapatkan Ebook - Ralali Business Solution

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.