Cara Kalibrasi Angle Block dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Angle Block Terpercaya

0

Blok sudut atau angle block adalah alat yang membantu pekerja kayu atau logam untuk memotong bahan pada sudut tertentu. Alat angle block standar terdiri dari segitiga logam yang direkayasa secara presisi dengan satu sudut 90 derajat. Dengan menggunakan dua sudut segitiga lainnya sebagai panduan, pengrajin dapat dengan cepat dan mudah menentukan di mana harus memotong lembaran logam atau benda kayu. Sebagian besar pengguna memiliki berbagai angle block untuk mengukur berbagai sudut.

Alat ini sangat sering digunakan untuk beberapa fungsi di rumah atau bengkel komersial. Selain membantu pekerja mengukur pemotongan, angle block dapat ditempatkan di antara dua objek untuk menentukan ukuran sudut yang ada. Misalnya, seorang pekerja yang mencoba membuat kembali sebuah perabot dapat menahan angle block di antara dua potongan kayu yang berdekatan untuk mengukur sudut yang tepat antara benda-benda ini. Angle block juga membantu pemasang menemukan objek di lapangan dan memasangnya di posisi yang benar.

Tentu saja dengan penggunaan yang sangat penting, menentukan pengukurannya tepat adalah sebuah hal yang sangat perlu untuk Anda pertimbangkan. Maka dari itu, kalibrasi pada alat ukur ini akan sangat berguna dan akan sangat penting untuk kapanpun. Akan tetapi, bagaimana cara kalibrasi angle block yang benar?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Angle Block

Semua alat ukur memiliki cara kalibrasinya sendiri. Akan tetapi, secara ilmu ini umum kalibrasi harus menggunakan standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi yang tepat dan sesuai dengan prosedur.

Sama seperti yang lain, kalibrasi angle block juga membutuhkan 3 faktor di atas. Lantas, bagaimana cara kalibrasi angle block yang sesuai dengan standar?

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Angle Block

Melaksanakan kalibrasi untuk angle block bisa dibilang adalah hal yang sangat susah, Anda harus menentukan standar acuannya terlebih dahulu dan juga metode kalibrasinya. Untuk standar acuan yang selama ini diketahui dan sudah ditetapkan oleh Komite Akreditasi Nasional atau KAN adalah dengan melakukan pengukuran sesuai satuan internasional.

Sedangkan untuk metode kalibrasi dari angle block adalah MKSP ML 24 dan itu sudah ada di dalam standar dari KAN juga.

Prosedur Cara Kalibrasi Angle Block

Apabila Anda sudah menentukan standar acuan dan mengerti betul dengan metode dari kalibrasi angle block, langkah selanjutnya adalah melakukan kalibrasi angle block. Untuk cara kalibrasi angle block yang sesuai dengan prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki alat kalibrasi yang tepat untuk mengukur sudut pada angle block. Selain itu, siapkan alat ukur sudut yang telah terkalibrasi dengan benar dan sesuai standar.
  2. Penentuan Nilai Referensi: Tentukan nilai referensi untuk sudut yang akan diukur pada angle block. Nilai referensi ini harus sudah diketahui secara akurat dan sesuai dengan standar yang berlaku.
  3. Tempatkan Angle Block: Tempatkan angle block pada permukaan datar dan stabil, pastikan bahwa angle block berada dalam posisi yang tepat dan stabil.
  4. Kalibrasi Nol: Atur alat ukur sudut pada posisi nol atau 0 derajat, kemudian tempatkan alat tersebut pada sisi datar angle block. Pastikan alat ukur sudut menunjukkan nilai nol ketika diletakkan pada permukaan datar angle block.
  5. Kalibrasi Sudut: Setelah kalibrasi nol dilakukan, lakukan pengukuran pada sudut lain pada angle block sesuai dengan nilai referensi yang telah ditentukan sebelumnya. Pastikan alat ukur sudut menunjukkan nilai yang sesuai dengan nilai referensi yang telah ditentukan.
  6. Verifikasi Hasil: Lakukan verifikasi untuk hasil kalibrasi angle block. Pastikan bahwa alat ukur sudut memberikan hasil yang akurat dan sesuai dengan nilai referensi.
  7. Dokumentasi: Catat hasil kalibrasi dari angle block, termasuk tanggal kalibrasi, nilai referensi yang digunakan, dan informasi lain yang relevan.

Frekuensi Kalibrasi untuk Angle Block

Setiap angle block merk apapun itu dan dengan jenis apapun itu memiliki cara kalibrasi yang sama dan dengan menggunakan metode yang sama. Dengan mengambil kesimpulan tadi, berarti untuk frekuensi dari kalibrasi angle block apapun itu juga sama.

Tidak ada patokan yang pasti, tapi angle block biasanya akan dilakukan kalibrasi dengan frekuensi 12 bulan sekali. Jika Anda masih bingung, silahkan Anda bisa konsultasikan frekuensi kalibrasi angle block Anda dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika Anda bingung dengan cara kalibrasi angle block yang rumit tersebut, dan Anda tidak punya waktu untuk melakukannya, Anda lebih baik mempercayakannya kepada jasa kalibrasi. Jasa kalibrasi ini akan memberikan berbagai keuntungan untuk Anda dalam melakukan kalibrasi angle block.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Dengan menggunakan jasa kalibrasi yang sudah terakreditasi, hasil kalibrasi akan tertelusur dan sesuai dengan standar internasional. Hal ini memberikan keyakinan akan akurasi dan keandalan alat ukur yang digunakan.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jika menggunakan jasa kalibrasi akan memberikan bukti berupa sertifikat kalibrasi yang menyatakan bahwa alat ukur telah terkalibrasi dengan baik. Sertifikat ini dapat digunakan sebagai bukti kualitas alat dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap hasil pengukuran.

Layanan Jasa Kalibrasi Angle Block (Terakreditasi KAN)

Apakah Anda sedang mencari di mana Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi angle block yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN? Jika memang iya, Anda datang ke artikel yang sangat tepat!

Kalibrasi.com adalah platform kalibrasi online pertama di Indonesia yang bisa memberikan kepada Anda layanan jasa kalibrasi alat ukur apapun itu termasuk angle block. Hal tersebut memang tidak usah kaget karena Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Angle Block di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas. Ini terbukti dengan adanya banyak mitra dari berbagai laboratorium kalibrasi di Indonesia yang semuanya memang memiliki kompetensi untuk melakukan kalibrasi angle block dan juga instrumen panjang lainnya. Mitra dari Kalibrasi.com tersebut adalah:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Angle Block dari Kalibrasi.com

Menguntungkan bukan dengan Anda mempercayakan Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi angle block pilihan Anda? Ini juga bisa memberikan kepada Anda berbagai kelebihan lainnya seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Percayakan urusan kalibrasi angle block Anda kepada Kalibrasi.com sekarang juga. Berminat untuk mempercayakan Kalibrasi.com dalam jasa kalibrasi angle block? Segera lakukan penawaran kalibrasi Anda dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.