Cara Kalibrasi Angle Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Angle Gauge Terakreditasi

0

Angle gauge atau biasa dikenal dengan pengukur sudut merupakan alat yang digunakan untuk mengukur sudut dengan presisi tinggi. Mereka umumnya digunakan dalam pengerjaan kayu, pengerjaan logam, dan perdagangan lainnya di mana diperlukan pengukuran sudut yang tepat.

Alat ukur ini bisa tersedia dalam berbagai gaya dan bahan, termasuk plastik, aluminium, dan baja tahan karat. Beberapa angle gauge memiliki tampilan digital, sementara yang lain memiliki dial atau skala mekanis. Alat ukur ini dapat mengukur sudut dalam derajat, radian, atau satuan pengukuran lainnya, bergantung pada model tertentu. Mereka dapat digunakan untuk mengukur sudut pada berbagai permukaan, termasuk permukaan datar dan melengkung, dan dapat digunakan baik dalam orientasi vertikal maupun horizontal.

Namun, masih sama dengan beragam instrumen panjang yang lain, Anda pasti akan bertanya-tanya apakah memang pengukuran sudut yang dihasilkan oleh angle gauge ini sudah akurat. Maka dari itu, untuk membuktikannya, dibutuhkan yang namanya kalibrasi. Bagaimana cara kalibrasi angle gauge ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Angle Gauge

Kalibrasi untuk semua alat ukur atau instrumen memerlukan adanya standar acuan dan juga metode kalibrasi yang sudah disesuaikan dengan standar internasional dan juga nasional. Hal ini memang sangat penting untuk memastikan bahwa proses kalibrasi bisa berjalan dengan lancar dan juga dengan menghasilkan laporan kalibrasi yang dapat dipercaya.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Angle Gauge

Kalibrasi pada angle gauge akan selalu menggunakan standar acuan yang akan diatur di dalam standar dari Komite Akreditasi Nasional. Dengan menggunakan standar acuan tersebut, ini akan bisa berjalan dengan lancar dan juga sesuai dengan pengukuran satuan internasional untuk pengukuran sudut.

Selain itu, untuk metode kalibrasi dari angle gauge adalah DIN 22772 : 1985.

Prosedur Cara Kalibrasi Angle Gauge

Apabila semua standar acuan dan juga metode sudah siap, Anda bisa melakukan kalibrasi dengan cara kalibrasi angle gauge berikut ini:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki alat kalibrasi yang sesuai dengan angle gauge yang akan diuji. Siapkan juga blok sudut (angle block) sebagai standar acuan untuk kalibrasi.
  2. Kalibrasi Nol: Tempatkan angle gauge pada angle block dengan sudut 0 derajat dan atur alat ke nilai 0. Ini akan mengkalibrasi angle gauge pada titik awal tanpa adanya perbedaan sudut.
  3. Kalibrasi Span: Selanjutnya, atur angle gauge pada sudut yang diketahui dan sesuai dengan rentang pengukuran angle gauge Anda. Untuk rentang pengukuran dari angle gauge adalah 0 derajat sampai dengan 80 derajat.
  4. Verifikasi Hasil: Lakukan verifikasi untuk hasil kalibrasi angle gauge. Verifikasi ini akan memerlukan penilaian seperti ketidakpastian dari hasil kalibrasi yang terjadi karena misalnya suhu dan juga kelembapan dari ruangan kalibrasinya.
  5. Dokumentasi: Catat hasil kalibrasi angle gauge. Catatan ini akan disusun untuk selanjutnya dibuat hasil laporan kalibrasi angle gauge dan juga pembuatan sertifikat kalibrasinya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Angle Gauge

Frekuensi dari kalibrasi untuk angle gauge bisa Anda lihat setelah Anda mendapatkan sertifikat kalibrasi. Nantinya akan ada informasi kapan Anda harus melakukan kalibrasi ulang untuk angle gauge Anda. Akan tetapi, bagaimana dengan angle gauge yang masih baru?

Untuk lebih memahami kapan seharusnya untuk melakukan kalibrasi angle gauge, Anda bisa mengkonsultasikannya sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Apakah Anda bingung dengan cara kalibrasi angle gauge? Anda bisa mempercayakannya kepada jasa kalibrasi angle gauge saja. Akan ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan memakai jasa kalibrasi, di antaranya:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Hasil kalibrasi dari jasa kalibrasi akan selalu bisa Anda telusuri. Dan juga untuk kalibrasi di jasa kalibrasi, Anda bisa mendapatkan kalibrasi yang sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selama Anda menggunakan jasa kalibrasi angle gauge yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional), Anda bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi untuk kepercayaan Anda bahwa angle gauge sudah memiliki pengukuran yang tepat.

Layanan Jasa Kalibrasi Angle Gauge Terakreditasi KAN

Jika Anda sedang mencari jasa kalibrasi angle gauge yang sudah terakreditasi oleh KAN, tidak perlu khawatir. Kini, dengan adanya Kalibrasi.com sebagai platform online kalibrasi terdepan di Indonesia, Anda dapat dengan mudah mendapatkan layanan kalibrasi angle gauge yang terakreditasi KAN.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Angle Gauge di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas, termasuk untuk instrumen panjang seperti angle gauge. Mitra-mitra yang telah terakreditasi oleh KAN akan menyediakan layanan kalibrasi angle gauge Anda dengan baik dan benar. Beberapa mitra terpercaya dari Kalibrasi.com antara lain:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Angle Gauge dari Kalibrasi.com

Selain kemudahan dan kepercayaan, Kalibrasi.com juga menawarkan beberapa kelebihan dalam jasa kalibrasi angle gauge, seperti:

  • Standar acuan yang jelas
  • Metode kalibrasi yang sesuai
  • Prosedur kalibrasi yang terstandarisasi
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Layanan logistik yang dapat diandalkan

Apabila Anda tertarik dengan jasa kalibrasi angle gauge dari Kalibrasi.com, Anda dapat melakukan penawaran dengan mengisi formulir yang tersedia di bawah ini. Dapatkan penawaran menarik lainnya yang akan membantu meningkatkan kualitas dan akurasi angle gauge Anda.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.