Cara Kalibrasi Ayakan Pasir dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Ayakan Pasir Terpercaya

0

Siapa sangka di dalam dunia konstruksi melakukan kalibrasi pada ayakan pasir ini sangat penting. Biasanya, alat ini dinamakan dengan sand cone. Alat ini akan digunakan untuk menentukan kepadatan tanah di tempat. Unit terdiri dari stoples berulir plastik satu galon dan kerucut kuningan yang dapat dilepas. Kerucut memiliki lubang berdiameter 1/2 dan katup silindris dengan penghenti bawaan untuk mencegah putaran melewati terbuka penuh atau tertutup sepenuhnya. 

Perlu Anda ketahui terdapat satu hal yang sangat penting untuk menmjadi perhatian dalam pekerjaan tanah adalah kepadatan lapangan (= berat isi kering). Apabila memang pengukurannya tidak tepat, maka ini akan menimbulkan masalah pada konstruksi.

Kalibrasi ayakan pasir merupakan salah satu cara yang sangat tepat untuk membuat ayakan pasir ini bisa tepat untuk memisahkan partikel kecil pada pasir. Tapi, bagaimana cara kalibrasi ayakan pasir ini?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Ayakan Pasir

Ayakan pasir walaupun sudah memenuhi CBR sesuai standar, apabila kepadatan lapisan tersebut masih belum memadai, deformasi akibat konsolidasi masih berpotensi terjadi, dan penyebaran beban ke lapisan tanah di bawahnya akan menjadi kurang efektif. Hal ini dapat menyebabkan konsentrasi tegangan pada beberapa bagian dalam lapisan tanah, yang pada akhirnya berisiko menyebabkan kegagalan keseluruhan dari lapisan tanah dasar pondasi.

Hal tersebut tentu saja harus Anda hindari. Untuk melakukan kalibrasi, Anda harus tahu jika terdapat standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi ayakan pasir yang sesuai dengan prosedur.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Ayakan Pasir

Perlu Anda ketahui jika setiap kalibrasi instrumen memang memiliki standar acuannya tersendiri. Ini pun akan sama saja dengan melakukan kalibrasi pada ayakan pasir. Ada beberapa standar yang harus diterapkan:

  • Standar SNI untuk pengujian kepadatan tanah dengan ayakan pasir adalah SNI 03-2828-1992 (Metoda Pengujian Kepadatan Lapangan dengan Alat Konus Pasir).
  • Standar AASHTO untuk pengujian ayakan tanah adalah: AASHTO T-191 (Density of Soil In-Place by the Sand-Cone Method).
  • Standar ASTM untuk pengujian ayakan tanah yaitu ASTM D-1556 (Standard Test Method for Density and Unit Weight of Soil in Place by the Sand-Cone Method).

Bagaimana dengan metodenya? Kalibrasi ayakan tanah akan menggunakan metode ASTM E 11-17 yang paling benar dan sudah sesuai dengan ketentuan dari KAN (Komite Akreditasi Nasional). 

Prosedur Cara Kalibrasi Ayakan Pasir

Jika metode dan juga standar acuannya sudah Anda temukan dan Anda bisa memahaminya, selanjutnya adalah dengan melaksanakan kalibrasi pada ayakan pasir. Untuk cara kalibrasi ayakan pasir sesuai prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan persiapan seperti standar acuan, alat kalibrasi, dan juga ayakan pasir yang sudah dibersihkan sebelumnya.
  2. Lakukan pencarian nilai kalibrasi yang ada pada ayakan pasir dengan menggunakan standar acuan dan juga menggunakan metode yang sudah ditentukan tersebut. Untuk rentang ukur yang harus dilakukan pengujian adalah W=5 dan dengan diameter 0.02 mm sampai 1 mm.
  3. Apabila memang ada penyimpangan dari rentang ukur tersebut, maka laksanakan kalibrasi. Untuk batas yang ditoleransi adalah 2.6 micrometer.
  4. Lalu, hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi ayakan pasir. Ketidakpastian ini bisa meliputi suhu ruangan dan juga kelembapan ruangan kalibrasi.
  5. Dokumentasikan semua proses kalibrasi ayakan pasir. Ini akan berguna untuk penyusunan dan juga penerbitan laporan hasil kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Ayakan Pasir

Tidak ada informasi yang pasti terkait dengan kapan seharusnya kalibrasi dari ayakan pasir ini dilakukan. Akan tetapi, frekuensi yang sering diterapkan adalah 1 tahun sekali setidaknya harus dilakukan kalibrasi.

Jika Anda masih bingung kapan Anda harus melakukan kalibrasi ayakan pasir, Anda bisa melakukan konsultasi dengan klik banner di bawah ini.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Mungkin dari semua proses cara kalibrasi ayakan pasir yang sudah Anda baca di atas sangat membingungkan. Ini akan sangat wajar karena cara kalibrasi ayakan pasir dan juga instrumen panjang lainnya harus memerlukan ilmu metrology yang tinggi. Tapi, tenang saja karena Anda bisa mengandalkan jasa kalibrasi ayakan pasir.

Akan lebih menguntungkan apabila Anda memilih jasa kalibrasi ayakan pasir terutama yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN daripada Anda melakukan kalibrasi sendiri, apa saja itu?

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Pertama adalah dari hasil kalibrasi yang tertelusur. Jadi, proses kalibrasi dan juga hasil kalibrasinya bisa Anda lacak. Selain itu, proses kalibrasi dari ayakan pasir di jasa kalibrasi ayakan pasir terakreditasi KAN sudah pasti sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Tidak semua laboratorium kalibrasi bisa mengeluarkan sertifikat kalibrasi. Hanya yang tersertifikasi dari KAN yang bisa melakukannya. Sertifikat ini akan bisa menjadi kepercayaan Anda dan juga konsumen tentang ayakan pasir yang mengukur dengan akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi Ayakan Pasir Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi ayakan pasir yang sudah mendapatkan akreditasi dari KAN? Mungkin ini adalah pekerjaan yang susah. Akan tetapi sekarang ini dengan adanya Kalibrasi.com sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia bisa memberikan Anda layanan kalibrasi ayakan pasir yang terakreditasi KAN dengan mudah.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Ayakan Pasir di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang banyak, termasuk untuk instrumen panjang. Mitra terakreditasi KAN akan melaksanakan kalibrasi ayakan pasir Anda dengan baik dan benar, diantaranya:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Ayakan Pasir dari Kalibrasi.com

Bukan hanya itu saja kemudahan dan kepercayaan dari Kalibrasi.com yang ditawarkan kepada Anda untuk jasa kalibrasi ayakan pasir, ada kelebihan yang lain seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Tertarik untuk jasa kalibrasi ayakan pasir dari Kalibrasi.com? Anda bisa melakukan penawaran kalibrasi ayakan pasir Anda dengan mengisi form di bawah ini. Dapatkan penawaran menarik lainnya!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.