Cara Kalibrasi Buret dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Buret Terakreditasi

0

Alat ukur bernama Buret mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda teknisi laboratorium karena alat ini sering kali digunakan pada peralatan pengujian laboratorium. Buret sendiri adalah sebuah alat laboratorium yang terbuat dari kaca berbentuk silinder memiliki garis ukur dan sumbatan kran pada bagian bawahnya. Buret berfungsi untuk meneteskan sejumlah regent cair dalam eksperimen yang membutuhkan kepresisian,serta eksperimen titrasi. 

Pengukuran yang dilakukan oleh Burat sangatlah akurat dibandingkan alat ukur lain sepert pipet atau gelas ukur. Alat ukur yang satu ini tersedia dalam beberapa jenis berdasarkan alokasinya  seperti buret basa, buret asam, buret universal, dan buret Amber Glass. Masing-masing dari jenis buret tersebut memiliki peruntukannya masing-masing untuk mendukung pengujian laboratorium. 

Untuk memastikan keakuratan maka sebagai alat ukur yang memiliki fungsi penting wajib melakukan kalibrasi secara berkala agar ketepatan dan keakuratannya terjaga. Kalibrasi yang dilakukan pada sebuah alat ukur pun tidak dapat begitu saja dilakukan. Seorang pelaksana kalibrasi setidaknya harus paham dasar pengukuran yang sesuai dengan standar. Begitupula pada kalibrasi buret yang memiliki standar acuan, metode dan cara dalam kalibrasi buret. 

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Buret

Sebagai sebuah prosedur yang telah diatur pelaksanaannya dalam standar internasional maupun nasional, tentunya kalibrasi tidak dapat dilakukan secara asal-asalan bukan? Dibutuhkan pemahaman akan standar acuan, metode dan juga cara dalam melakukan kalibrasi Buret. Untuk memahami lebih lanjut yuk simak penjelasan berikut :

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Buret

Sebuah standar diperlukan untuk menyamaratakan hasil kalibrasi. Dengan berpedoman pada satuan internasional (SI) pastinya metode dan rentang ukur yang digunakan sudah tepat sebagaimana dalam standar kalibrasi buret. ISO 4787 : 2010 adalah metode kalibrasi Buret yang sudah sesuai dengan satuan internasional.

Prosedur Cara Kalibrasi Buret

Untuk melakukan kalibrasi Buret yang sesuai dengan standar pastinya harus mematuhi setiap cara yang dilakukan untuk mencapai hasil kalibrasi yang diinginkan. Berikut ini cara dalam kalibrasi Buret :

  1. Menyiapkan keperluan kalibrasi seperti, alat dan bahan untuk di kalibrasi, pelaksana kalibrasi, mengecek kondisi lingkungan, hingga menyiapkan metode kalibrasi
  2. Pelaksanaan kalibrasi dengan cara pengamatan yang dilakukan dengan mengamati nilai kewajaran yang ditunjukkan oleh alat sampai mendapatkan batas nilai yang dapat ditoleransi.
  3. Menghitung data yang diperoleh dari tahap pengamatan, hasil dari perhitungan digunakan untuk menentukkan ketidakpastian dan kesimpulan kalibrasi buret
  4. Membuat dan menerbitkan laporan hasil kalibrasi 

Frekuensi Kalibrasi untuk Buret

Menentukkan frekuensi kalibrasi untuk Buret sebenarnya tidak dapat dipastikan , karena setiap alat ukur memiliki frekuensi kalibrasi yang berbeda-beda tergantung pada tingkat keakuratannya. Secara umum frekuensi kalibrasi Buret dilakukan setiap enam bulan sekali namun dalam kondisi lain alat dapat mengalami frekuensi kalibrasi lebih sering karena lebih sering digunakan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Dari penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya bukankah kalibrasi itu prosedur yang membutuhkan ketelitian? Kalibrasi memang membutuhkan ketelitian tinggi dan pemahaman atas setiap detail pelaksanaan kalibrasi. Oleh karenanya kalibrasi sebaiknya dilakukan oleh jasa kalibrasi yang berkompeten. 

Dengan melibatkan jasa kalibrasi, Anda akan memperoleh kepastian akurasi dari alat ukur sehingga dapat menghindari kesalahan dalam pengukuran. Dengan jasa kalibrasi hasil kalibrasi akan jauh lebih baik dari pada kalibrasi sendiri karena Anda akan memperoleh keuntungan berikut :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi yang berkompeten artinya telah terakreditasi KAN yang mana memahami standar ukur yang mampu tertelusur dan sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selain memahami tentang standar, jasa kalibrasi yang terakreditasi KAN memiliki hak dalam mengeluarkan sertifikat kalibrasi asli, sehingga setelah kalibrasi Anda akan mendapat bukti sertifikasi yang sah

Layanan Jasa Kalibrasi Buret Terakreditasi KAN

Setelah penjelasan diatas Anda telah memahami jika memilih jasa kalibrasi tidak boleh sembarangan karena dalam proses kalibrasi sebaiknya dilakukan oleh ahli yang berkompeten. Pilihlah jasa kalibrasi yang telah berkredibel dalam melakukan kalibrasi seperti layanan jasa kalibrasi yang tersedia di Kalibrasi.com. 

Platform ini dapat menjadi dapat menjadi solusi bagi Anda yang mencari jasa kalibrasi terpercaya dengan layanan yang serba mudah. Simak lebih lanjut mengenai Kalibrasi.com berikut ini!

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Buret di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com dapat melayani jasa kalibrasi dalam ruang lingkup yang luas dan lengkap. Termasuk untuk jasa kalibrasi Buret dalam ruang lingkup kalibrasi Volumetri.  Mitra kalibrasi.com yang melayani jasa kalibrasi dalam ruang lingkup volumetric antara lain PT. Mutuagung Lestari, PT. Qualis Indonesia, PT. Mandiri Transforma Global, dan PT. Hilab Sciencetama.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Buret dari Kalibrasi.com

Sebagai platform digital yang dipercaya sebagai penyedia jasa kalibrasi nomor 1 di Indonesia, Kalibrasi.com memiliki kelebihan yang diantaranya : 

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Jika Anda tertarik melakukan penawaran jasa kalibrasi Buret di Kalibrasi.com Anda dapat mengisi form yang tersedia dibawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.