Cara Kalibrasi Busur Baja dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Busur Baja Terbaik

0

Busur baja adalah perangkat pengukur sudut yang memungkinkan pengguna untuk langsung membaca hasil pengukurannya pada skala yang ada. Alat ini terbuat dari pelat baja yang dibentuk menjadi setengah lingkaran, dilengkapi dengan batang pemegang dan pengunci. Skala ukuran sudut tercantum pada pelat setengah lingkaran tersebut.

Busur baja memiliki ketelitian hingga 1° dan piringan skala setengah lingkaran memiliki skala sudut dari 0° hingga 180° yang dapat dibaca bolak-balik. Setiap skala kecil pada busur tersebut mewakili 1° sudut. Busur baja sangat cocok digunakan untuk mengukur sudut-sudut pada benda ukur, terutama yang terbuat dari pelat. Akurasi yang sangat tinggi adalah kunci dari pengukuran busur baja. Maka dari itu, dibutuhkanlah yang namanya kalibrasi. 

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Busur Baja

Pelaksanaan kalibrasi untuk semua instrumen panjang sudah di atur di dalam Lembar Keputusan KAN (Komite Akreditasi Nasional). Ini untuk memastikan pada setiap pengerjaan kalibrasi instrumen panjang bisa menghasilkan hasil yang akurat dan dapat dipercaya.

Bagaimana dengan busur baja? Kalibrasi pada alat ukur ini memang menjadi perhatian yang lebih karena tingkat akurasinya harus tinggi.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Busur Baja

Kalibrasi pada busur baja harus menggunakan standar acuan yang jelas. Sampai dengan saat ini, standar acuan dari kalibrasi busur baja adalah dengan menggunakan standar internasional yaitu untuk pengukuran satuan internasional. Lalu, untuk metode kalibrasinya, jika mengacu kepada KAN, metode yang digunakan adalah BS 1685 : 2008.

Prosedur Cara Kalibrasi Busur Baja

Setelah menentukan mana standar acuan yang tepat dan juga dengan metode yang mana, maka kalibrasi dengan menggunakan metode tersebut untuk busur baja caranya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan persiapan dengan memberishkan terlebih dahulu busur baja dari berbagai debu dan juga kotoran. Lalu, siapkan juga alat kalibrasinya.
  2. Setelah persiapan selesai, busur baja selanjutnya bisa dilakukan pencarian nilai kalibrasinya dengan menggunakan metode dan juga standar acuan tersebut.
  3. Pastikan pencarian nilai kalibrasinya untuk busur baja adalah dengan rentang ukur 0° hingga 180°. Apabila memang ada deviasi selama dilakukannya kalibrasi 24 menit, maka busur baja akurasinya masih baik, jika kurang maka akan dilakukan pembenaran sesuai dengan standar acuannya.
  4. Tentukan ketidakpastian dari cara kalibrasi busur baja ini. Ketidakpastian dari proses kalibrasi busur baja ini bisa jadi dari suhu, kelembapan, atau gesekan selama kalibrasi busur baja.
  5. Dokumentasikan setiap proses kalibrasi busur baja yang nantinya akan sangat berguna untuk laporan hasil kalibrasi dan penerbitan sertifikat kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk Busur Baja

Busur baja akan dilakukan kalibrasi setidaknya selama 12 bulan sekali. Namun, ada beberapa faktor juga yang akan membuat busur baja harus dilakukan kalibrasi sebelum waktunya.

Konsultasikan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini untuk mencari informasi tentang frekuensi dari kalibrasi busur baja yang tepat!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Jika Anda merasa kesulitan dengan proses kalibrasi busur baja yang rumit dan memerlukan kompetensi yang tinggi, tenang saja, Anda dapat mempercayakannya kepada jasa kalibrasi busur baja. Berbagai keuntungan yang bisa Anda dapatkan antara lain:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Hasil kalibrasi busur baja dari jasa terakreditasi KAN (Komite Akreditasi Nasional) akan memiliki jaminan tertelusur dan sesuai dengan standar yang berlaku. Tentu saja untuk pengukuran dari busur baja akan dijamin akurat kembali.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Setelah kalibrasi selesai, Anda akan menerima sertifikat kalibrasi sebagai bukti bahwa busur baja Anda sudah terkalibrasi dengan baik dan memiliki akurasi tinggi. Sertifikat kalibrasi ini hanya bisa Anda peroleh dari jasa kalibrasi busur baja yang sudah terakreditasi dari KAN.

Layanan Jasa Kalibrasi Busur Baja Terakreditasi KAN

Cari jasa kalibrasi busur baja yang terakreditasi KAN? Kalibrasi.com adalah jawabannya! Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com menyediakan ruang lingkup kalibrasi yang luas, termasuk untuk berbagai peralatan ukur panjang. Bagaimana Anda bisa mempercayakan urusan jasa kalibrasi busur baja kepada Kalibrasi.com?

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Busur Baja di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki banyak mitra terakreditasi KAN yang akan melakukan kalibrasi busur baja dengan kompetensi tinggi, di antaranya:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Busur Baja dari Kalibrasi.com

Selain akreditasi dari KAN, Kalibrasi.com memiliki berbagai kelebihan lain seperti standar acuan jelas, metode sesuai, prosedur yang jelas, opsi pembayaran fleksibel, dan logistik yang dapat diandalkan.

Menggunakan jasa kalibrasi busur baja di Kalibrasi.com sangat menguntungkan dengan berbagai keunggulan yang dimilikinya. Temukan lebih banyak kelebihan jasa kalibrasi busur baja di Kalibrasi.com dengan mengajukan penawaran kalibrasi melalui form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.