Cara Kalibrasi Capasitance Meter dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Capasitance Meter  Terakreditasi

0

Sebelum mengenal capacitance meter, Anda harus mengetahui apa itu kapasitor. Kapasitor adalah sebuah komponen elektronika yang dapat menyimpan muatan listrik dalam satuan waktu tertentu dalam suatu besaran nilai. Nilai yang tercatat akan tertulis di badan kapasitor, dari nilai tersebut dapat diketahui dengan menggunakan sebuah alat bernama capacitance meter. 

capacitance meter adalah sebuah alat ukur khusus yang digunakan untuk mengukur nilai kapasitansi sebuah kapasitor, dimana alat ini juga dapat mengukur beberapa parameter seperti kebocoran, resistansi seri dan induktansi. sebagai salah satu alat ukur, capacitance meter perlu dipastikan kehandalannya agar keselamatan dalam penggunaan alat dapat terjamin.

Untuk mengkalibrasi capacitance meter terdapat ketentuan yang wajib dipahami oleh pelaksana kalibrasi tidak terkecuali Anda pemilik alat ukur. terdapat ketentuan standar acuan, metode, dan cara kalibrasi capacitance meter yang perlu diperhatikan. simak selengkapnya dalam rangkuman pembahasan berikut ini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi  Capasitance Meter

Seperti yang telah disinggung di awal, dalam pelaksanaan prosedur kalibrasi memiliki ketentuan yang mana digunakan untuk mencapai ketertelusuran pengukuran.   Dalam hal ini jika kalibrasi tidak dilakukan sesuai standar yang diatur, hasil kalibrasi tentunya tidak terjamin kehandalannya.  Nah berikut ini standar acuan, metode, dan cara kalibrasi capacitance meter yang perlu Anda ketahui selengkapnya :

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi  Capasitance Meter

Standar dibuat untuk dipatuhi serta sebagai panduan yang digunakan untuk memastikan kegiatan operasional kalibrasi berjalan dengan semestinya. dan seperti yang Anda tahu jika prosedur kalibrasi dilakukan untuk membandingkan standar ukur dengan hasil yang ditunjukkan oleh alat. Oleh karenanya standar acuan kalibrasi harus sesuai satuan internasional (SI)

Begitupun metode kalibrasi capacitance meter yang digunakan mengacu pada satuan internasional (SI) yang kemudian melalui kajiannya metode kalibrasi untuk setiap ruang lingkupnya telah tercantum dalam dokumen dari KAN.

Prosedur Cara Kalibrasi  Capasitance Meter 

Sama halnya dengan prosedur kalibrasi lainnya, dalam pelaksanaan kalibrasi capacitance meter memiliki 5 langkah penting yang penting untuk diperhatikan. Berikut penjelasan selengkapnya mengenai prosedur cara kalibrasi capacitance meter berikut ini!

  1. Melakukan persiapan sebelum dilakukan kalibrasi
  2. Pelaksanaan kalibrasi yang dilakukan dengan cara pengamatan terhadap alat yang diuji.
  3. Melakukan perhitungan dan analisis pada hasil kalibrasi yang diperoleh.
  4. Menentukkan ketidakastian dan kesimpulan dari hasil perhitungan
  5. Membuat laporan kalibrasi dan melakukan penerbitan.

Frekuensi Kalibrasi untuk  Capasitance Meter

Untuk menentukkan frekuensi kalibrasi untuk capacitance meter tidaklah sama untuk setiap alat ukurnya, perbedaan ini dipengaruhi oleh sering tidaknya penggunaan alat dan faktor lainnya. Namun secara umum frekuensi kalibrasi dapat dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun.

Penentuan frekuensi kalibrasi tersebut jika Anda masih bingung, kami merekomendasikan bagi Anda untuk melakukan konsultasi kepada ahli yang berkompeten. Anda dapat klik gambar berikut untuk melakukan konsultasi frekuensi kalibrasi!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Dari penjelasan sebelumnya, Anda dapat mengetahui jika dalam melakukan kalibrasi tidak sesimpel yang Anda bayangkan. Melakukan kalibrasi sendiri tentu bukan pilihan terbaik, Anda dapat percayakan prosedur kalibrasi pada jasa kalibrasi yang telah berkredibel dalam melakukan kalibrasi. Dengan jasa kalibrasi Anda akan memperoleh keuntungan seperti berikut ini :

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Mencapai hasil kalibrasi yang dapat tertelusur adalah tujuan dari melakukan kalibrasi, Dengan jasa kalibrasi yang berkompeten, mereka akan lebih mengetahui prosedur kalibrasi sesuai standar sehingga dapat menjamin hasil yang dapat tertelusur. 

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Selain terjamin hasil kalibrasi yang tertelusur, dengan melibatkan jasa kalibrasi yang telah terakreditasi KAN Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi asli yang dapat digunakan untuk berbagai kepentingan bisnis Anda

Layanan Jasa Kalibrasi Capasitance Meter Terakreditasi KAN

Berdasarkan yang telah disampaikan sebelumnya, dalam melakukan kalibrasi dibutuhkan seorang ahli kalibrasi yang telah mengetahui detail pelaksanaan kalibrasi sesuai dengan standar. Jika Anda sedang mencari jasa kalibrasi capacitance meter Kalibrasi.com dapat menjadi solusi atas kebutuhan jasa kalibrasi untuk keberlangsungan bisnis Anda. 

Kalibrasi.com merupakan sebuah platform digital layanan jasa kalibrasi dengan beragam pilihan jasa kalibrasi dalam ruang lingkup yang luas dan mitra yang telah terakreditasi. Platform ini memberikan segala kemudahan dalam melakukan kalibrasi untuk mendukung jaminan mutu bisnis Anda. Tidak terkecuali untuk layanan jasa kalibrasi capacitance meter dari Kalibrasi.com berikut ini!

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Capasitance Meter di Kalibrasi.com

Mitra Kalibrasi.com seperti PT Qualis Indonesia, PT. Dinamika Kalibrasi Indonesia, PT Mutuagung Lestari, dan PT. Mandiri Transforma Global. merupakan mitra yang menyediakan jasa kalibrasi dalam ruang lingkup kalibrasi kelistrikan untuk kalibrasi capacitance meter.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Capasitance Meter dari Kalibrasi.com

Selain pelayanan yang diberikan oleh Kalibrasi.com dalam penjelasan sebelumnya, Kalibrasi.com juga memiliki kelebihan yang diantaranya seperti :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan

Anda berminat melakukan penawaran jasa kalibrasi capasitance meter dari Kalibrasi.com? Anda dapat segera mengunjungi website resmi Kalibrasi.com dan dapatkan berbagai penawaran dari mitra Kalibrasi.com sesuai kebutuhan kalibrasi Anda, atau Anda juga dapat mengisi form yang tersedia dibawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.