Cara Kalibrasi CH4 Analyzer dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi CH4 Analyzer Kredibel

0

Metana adalah komponen utama gas alam. Ini adalah gas tak terlihat yang tidak berbau yang dapat ditemukan di bawah tanah dan di bawah dasar laut. Emisi metana berasal dari berbagai sumber buatan manusia dan alami, termasuk tempat pembuangan sampah, sistem minyak dan gas alam, kegiatan pertanian, penambangan batu bara, sistem pembakaran, pengolahan air limbah, dan beberapa proses industri. 

Semakin penting untuk memantau emisi metana karena merupakan gas rumah kaca yang kuat yang dapat memiliki efek signifikan pada atmosfer. Karena itu, biasanya di dalam dunia konstruksi atau pertambangan memerlukan adanya CH4 analyzer.

Karena semakin digunakan terus menerus, sensor yang ada di CH4 analyzer akan semakin melemah dan akan membuatnya mengukur metana dengan tidak benar. Maka dari itu, diperlukanlah kalibrasi CH4 analyzer. Akan tetapi, perlu adanya cara kalibrasi CH4 analyzer yang benar. Jika Anda bingung, Anda bisa mempercayakannya ke jasa kalibrasi CH4 analyzer. Mari kita bahas semuanya. 

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi CH4 Analyzer

Cara kalibrasi CH4 analyzer memang tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu adanya jasa kalibrasi CH4 analyzer yang berkompeten untuk memahaminya dan melakukannya. Karena, untuk kalibrasi CH4 analyzer ini ada standar acuan, metode, dan prosedurnya sendiri untuk menentukan apakah ada penyimpangan pengukuran pada alat tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah standar acuan, prosedur, dan kapan Anda harus melakukan kalibrasi CH4 analyzer.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi CH4 Analyzer

Untuk melakukan kalibrasi CH4 analyzer, yang harus dilakukan adalah dengan mengukurnya sesuai dengan standar acuannya. Untuk standar acuan dari kalibrasi CH4 analyzer ini adalah standar yang menurut Satuan Internasional (SI). Untuk metode kalibrasinya adalah IKM-ES-7.2.1.

Prosedur Cara Kalibrasi CH4 Analyzer

Bagaimana dengan pelaksanaannya? Untuk cara kalibrasi CH4 analyzer akan dilakukan dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Lakukan persiapan untuk alat ukur dan juga standar acuannya. Pastikan CH4 analyzer sudah dalam keadaan bersih dan tidak ada cacat fisik.
  2. Selanjutnya, tentukan nilai hasil kalibrasinya dengan menggunakan standar acuan dan metode yang sudah tersedia. Untuk nilai kalibrasinya, akan dilakukan dengan rentang ukur sesuai standar acuan.
  3. Pastikan nilai hasil kalibrasinya benar, dan hitung apakah ada deviasi. Jika ada, lakukan pembenaran.
  4. Hitung ketidakpastian dari kalibrasi CH4 analyzer.
  5. Dokumentasikan semua cara kalibrasi CH4 analyzer ini untuk dilakukan pembuatan laporan hasil kalibrasi CH4 analyzer.

Frekuensi Kalibrasi untuk CH4 Analyzer

Pada dasarnya, untuk frekuensi kalibrasi untuk CH4 analyzer adalah setiap 6 bulan sekali. Akan tetapi, akan ada suatu kondisi Anda harus melakukan kalibrasi CH4 analyzer ulang seperti kerusakan. Atau, Anda bisa berpacu kepada buku instruksi dan juga sertifikat kalibrasi CH4 analyzer.

Bingung bagaimana frekuensi dari kalibrasi CH4 analyzer yang Anda miliki? Konsultasikan sekarang juga dengan klik banner di bawah ini untuk informasi kapan kalibrasi CH4 analyzer yang tepat.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Menggunakan jasa kalibrasi tentu saja memiliki keuntungannya tersendiri. Daripada Anda melakukan kalibrasi CH4 analyzer sendiri, menggunakan jasa kalibrasi CH4 analyzer akan memberikan banyak keuntungan.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi CH4 analyzer yang sudah terakreditasi oleh KAN bisa memberikan sertifikat kalibrasi yang tertelusur. Dan ini pun juga dijamin sesuai dengan standar yang berlaku untuk penggunaan CH4 analyzer.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Jika Anda menggunakan jasa kalibrasi CH4 analyzer yang terakreditasi, Anda bisa mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi CH4 analyzer yang akan membuat citra industri atau perusahaan Anda menjadi baik.

Layanan Jasa Kalibrasi CH4 Analyzer Terakreditasi KAN

Apabila Anda sedang mencari layanan jasa kalibrasi CH4 analyzer yang terbaik, pastikan Anda memilih yang sudah terakreditasi dari KAN seperti Kalibrasi.com. Sebagai platform online kalibrasi pertama di Indonesia, Kalibrasi.com akan bisa memberikan kepada Anda berbagai keuntungan yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi CH4 Analyzer di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas. Untuk kalibrasi CH4 analyzer, Kalibrasi.com bisa melakukannya dengan adanya ruang lingkup instrumen analitik.

Kelebihan Jasa Kalibrasi CH4 Analyzer dari Kalibrasi.com

Selain itu, ada beberapa kelebihan dari Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi CH4 analyzer terpercaya, diantaranya:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel dan
  • Logistik yang bisa diandalkan

Apabila Anda tertarik dengan jasa kalibrasi CH4 analyzer dari Kalibrasi.com, Anda bisa mengisi form di bawah ini untuk melakukan penawaran kalibrasi.

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.