Cara Kalibrasi CO2 Analyzer dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi CO2 Analyzer Terbaik

0

CO2 analyzer adalah alat yang digunakan untuk mengukur konsentrasi karbon dioksida dalam gas pelindung yang digunakan selama proses manufaktur. Biasanya, alat ukur ini memang sangat terkenal untuk bidang manufaktur yang ada di bagian pengelasan.

Gas pelindung digunakan untuk melindungi kolam las dari gas atmosfer seperti oksigen, nitrogen, uap air, dan partikel yang dapat menyebabkan cacat pada las. Gas pelindung yang paling umum digunakan dalam pengelasan biasanya merupakan campuran argon (AR) dan karbon dioksida (CO2).

Walaupun memang memiliki pengukuran yang akurat, akan tetapi CO2 analyzer akan ada saatnya untuk memiliki pengukuran yang tidak akurat. Maka dari itu dibutuhkanlah yang namanya kalibrasi CO2 analyzer. Akan tetapi, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara kalibrasi CO2 analyzer yang benar? Mari kita cari tahu!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi CO2 Analyzer

Dalam melaksanakan kalibrasi, entah apapun itu alat ukurnya akan selalu ada caranya tersendiri. Misalnya yang paling penting adalah standar acuan, metode, dan prosedur untuk pelaksanaan kalibrasinya. Ini juga berlaku untuk CO2 analyzer.

Kalibrasi CO2 analyzer akan membutuhkan bantuan berupa standar acuan yang jelas dan juga metode yang harus sesuai dengan standar internasional. 

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi CO2 Analyzer

Bagaimana dengan standar acuan untuk pelaksanaan kalibrasi CO2 analyzer? Untuk standar acuan dari kalibrasi CO2 analyzer adalah dengan menggunakan standar pengukuran satuan internasional. Ini adalah hal yang paling umum untuk dilakukan pelaksana kalibrasi dan memang harus memahaminya.

Sedangkan untuk metode kalibrasi dari CO2 analyzer, yang paling benar dan akurat adalah dengan menggunakan metode SOP-CAL-06C.

Prosedur Cara Kalibrasi CO2 Analyzer

Cara kalibrasi CO2 analyzer harus sesuai dengan prosedurnya. Untuk prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan kalibrasi dengan mempersiapkan alat ukur kalibrasi, standar acuan, metode yang tepat, dan juga persiapan juga untuk tempat kalibrasinya.
  2. Selanjutnya, pelaksanaan dari kalibrasi CO2 analyzer bisa dilakukan. Pelaksanaan ini adalah dengan mengukur CO2 analyzer menggunakan standar acuan.
  3. Hitung apakah ada deviasi yang terjadi antara CO2 analyzer dengan standar acuannya. Apabila memang ada perbedaan nilai kalibrasi, maka akan dibenarkan sampai pada batas yang bisa ditoleransi.
  4. Lalu, hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi CO2 analyzer seperti misalnya suhu dan juga kelembapan yang ada di tempat kalibrasi.
  5. Terakhir, dokumentasikan semua proses kalibrasinya untuk disusun dan dibuat hasil laporan kalibrasi.

Frekuensi Kalibrasi untuk CO2 Analyzer

Sebenarnya untuk mencari tahu berapa frekuensi untuk melaksanakan kalibrasi untuk CO2 analyzer itu ada pada buku panduan dari CO2 analyzer itu sendiri. Akan tetapi, ada beberapa kasus yang mengharuskan untuk melaksanakan kalibrasi CO2 analyzer lebih cepat.

Untuk bisa mengerti kapan seharusnya kalibrasi CO2 analyzer, Anda bisa konsultasikan dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Melaksanakan kalibrasi alat ukur memang bisa Anda lakukan sendiri, terlebih untuk alat ukur yang sudah serba digital biasanya ada menu untuk kalibrasi titik nol. Akan tetapi, pada rentang ukur tertentu bisa jadi pengukurannya tidak sesuai dengan standar. 

Maka dari itu, lebih baik Anda menggunakan jasa kalibrasi CO2 analyzer karena banyak keuntungannya. 

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Apabila Anda melaksanakan kalibrasi di jasa kalibrasi CO2 analyzer, Anda akan bisa mendapatkan hasil kalibrasi yang tertelusur. Ini juga membuat Anda percaya dengan kalibrasi yang sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Apabila Anda melaksanakan kalibrasi di jasa kalibrasi terakreditasi KAN, Anda bisa mendapatkan sertifikat kalibrasi yang membuat citra dari industri Anda bisa terpercaya oleh customer.

Layanan Jasa Kalibrasi CO2 Analyzer Terakreditasi KAN

Mencari jasa kalibrasi CO2 analyzer yang sudah terakreditasi KAN? Maka Kalibrasi.com adalah jawaban yang sangat tepat! Sebagai platform online kalibrasi yang terpercaya, Kalibrasi.com akan memberikan kepada Anda berbagai keuntungan dalam pelaksanaan kalibrasi alat ukur apa saja.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi CO2 Analyzer di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas, termasuk untuk instrumen analitik seperti CO2 analyzer bisa dilaksanakan di Kalibrasi.com karena memiliki mitra yang banyak dan pastinya sudah terakreditasi seperti:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Trusur Unggul Teknusa
  • PT. Hilab Sciencetama

Kelebihan Jasa Kalibrasi CO2 Analyzer dari Kalibrasi.com

Kalibrais.com memiliki kelebihan lainnya seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Tertarik untuk melaksanakan kalibrasi di Kalibrasi.com untuk jasa kalibrasi CO2 analyzer pilihan Anda? Anda bisa melakukan penawaran kalibrasi CO2 analyzer dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.