Cara Kalibrasi CO2 Monitor dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi CO2 Monitor Terakreditasi

0

Monitor karbon dioksida (CO2) dapat membantu Anda mengidentifikasi ventilasi yang buruk sehingga Anda dapat memperbaikinya. Prioritas penilaian risiko Anda adalah mengidentifikasi area tempat kerja Anda yang biasanya ditempati dan berventilasi buruk.

Orang-orang menghirup CO2. Jika ada penumpukan CO2 di suatu area, ini dapat mengindikasikan bahwa ventilasi perlu diperbaiki. Ikuti petunjuk produsen, termasuk tentang mengkalibrasi monitor Anda untuk bisa mengukur CO2 dengan akurat menggunakan CO2 monitor. 

Akan tetapi, bagaimana Anda bisa melakukan kalibrasi pada continuous emission monitoring (CEM) yang satu ini dengan cara kalibrasi CO2 monitor yang tepat? Mari kita bahas di sini!

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi CO2 Monitor

Melaksanakan kalibrasi harus ada caranya. Yang paling pasti, untuk menentukan apakah ada penyimpangan hasil pengukuran dari CO2 monitor harus ada standar acuan, metode, dan cara kalibrasi CO2 monitor yang sesuai dengan standar.

Apa saja yang perlu Anda ketahui tentang kalibrasi CO2 monitor ini?

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi CO2 Monitor

Yang pertama adalah Anda harus mengerti standar acuannya. Untuk kalibrasi pada CO2 monitor, yang harus dilakukan pertama adalah memilih standar acuan. Untuk CO2 monitor ini akan menggunakan standar acuan sesuai satuan internasional.

Lalu, untuk metode kalibrasi dari CO2 monitor yang terpercaya dan sudah diakui secara internasional adalah IK-TUT-01.

Prosedur Cara Kalibrasi CO2 Monitor

Untuk cara kalibrasi CO2 monitor, Anda harus melakukannya sesuai dengan prosedur. Secara umum, beginilah prosedur dari kalibrasi CO2 monitor:

  1. Langkah pertama adalah melakukan persiapan. Persiapan ini adalah persiapan untuk CO2 monitor yang sudah dibersihkan dan juga sudah dibenarkan. Selain itu, persiapkan juga standar acuan serta metodenya.
  2. Setelah persiapan selesai, saatnya untuk melakukan kalibrasi. Langkah ini adalah yang terpenting untuk menentukan adakah nilai kalibrasi yang menyimpang.
  3. Apabila memang ada nilai kalibrasi yang tidak sesuai, yang harus dilakukan adalah dengan membenarkan pengukurannya sampai ke titik yang bisa ditoleransi.
  4. Hitung ketidakpastian dari proses kalibrasi CO2 monitor. Ketidakpastian ini ada dua seperti ketidakpastian secara human error atau seperti faktor suhu, dan juga kelembapan pada ruang kalibrasi.
  5. Terakhir, dokumentasikan semua proses kalibrasi CO2 monitor untuk dibuat laporan hasil kalibrasinya.

Frekuensi Kalibrasi untuk CO2 Monitor

Untuk melaksanakan kalibrasi CO2 monitor memang tidak ada kapan waktu pastinya. Akan tetapi, biasanya di berbagai produsen CO2 monitor akan memberikan instruksi kapan seharusnya untuk dilakukan kalibrasi.

Jika memang tidak ada instruksinya, dan Anda bingung kapan seharusnya melakukan kalibrasi alat ukur ini, bisa Anda konsultasikan dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Kalibrasi pada CO2 monitor memang sangat penting demi keselamatan kerja juga. Akan tetapi, menentukan bagaimana cara kalibrasi CO2 monitor yang tepat adalah hal yang tidak mudah. Apabila Anda tidak punya kompetensi untuk melakukan kalibrasi CO2 monitor, Anda bisa mempercayakan jasa kalibrasi CO2 monitor saja.

Akan ada berbagai keuntungan apabila Anda menggunakan jasa kalibrasi CO2 monitor daripada Anda melaksanakan kalibrasi sendiri.

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Kalibrasi di jasa kalibrasi CO2 monitor akan memberikan keuntungan bahwa hasil kalibrasi CO2 monitor Anda akan tertelusur. Dengan adanya keuntungan ini, Anda dapat memastikan bahwa hasil kalibrasi CO2 monitor Anda selalu sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Dengan menggunakan jasa kalibrasi CO2 monitor yang telah mendapatkan akreditasi, Anda akan mendapatkan bukti sertifikat kalibrasi. Sertifikat ini menjadi bukti bahwa perangkat CO2 monitor Anda telah menjalani proses kalibrasi yang tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku.

Layanan Jasa Kalibrasi CO2 Monitor Terakreditasi KAN

Menguntungkan sekali bukan? Dengan Anda memilih jasa kalibrasi CO2 monitor yang tepat, semua keuntungan di atas bisa Anda dapatkan. Kalibrasi.com adalah jawaban dari jasa kalibrasi terpercaya dan terakreditasi dari Komite Akreditasi Nasional tersebut.

Sebagai laboratorium kalibrasi dengan cara online yang akan sangat memudahkan Anda dalam pelaksanaan kalibrasi rutin instrumen Anda, Kalibrasi.com menawarkan banyak keuntungan yang menanti Anda.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi CO2 Monitor di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang luas dan contohnya adalah ruang lingkup instrumen analitic CEM (Continuous Emission Monitoring). Akan ada mitra dari Kalibrasi.com yang bisa melaksanakannya, yaitu:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT. Trusur Unggul Teknusa
  • PT. Hilab Sciencetama

Kelebihan Jasa Kalibrasi CO2 Monitor dari Kalibrasi.com

Selain terjamin adanya akreditasi dari KAN serta adanya keuntungan berupa pemenuhan standar internasional untuk pelaksanaan kalibrasi CO2 monitor, ada berbagai kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan, yaitu:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menarik sekali bukan? dengan cara kalibrasi CO2 monitor terbaik sesuai standar serta jasa kalibrasi CO2 monitor terakreditasi KAN, Kalibrasi.com adalah pilihan terbaik.

Berikan penawaran kalibrasi CO2 monitor Anda sekarang juga dengan mengisi form penawaran kalibrasi CO2 monitor di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.