Cara Kalibrasi Coating Thickness Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Coating Thickness Gauge Terbaik

0

Pengukur ketebalan lapisan (juga disebut sebagai coating thickness gauge) digunakan untuk mengukur ketebalan film kering. Ketebalan film kering mungkin merupakan pengukuran paling kritis dalam industri pelapisan karena dampaknya pada proses pelapisan, kualitas dan biaya.

Coating thickness gauge dapat digunakan untuk mengevaluasi umur lapisan yang diharapkan, penampilan dan kinerja produk, dan memastikan kepatuhan terhadap sejumlah Standar Internasional. Namun, karen harus mengukur dengan kritis, terkadang menentukan akurasinya sudah tepat dan juga sudah sesuai dengan standar internasional memang sangat penting. Caranya adalah dengan melakukan kalibrasi.

Akan tetapi, melakukan kalibrasi untuk coating thickness gauge ini ada cara dan juga prosedurnya sendiri. Bagaimana cara kalibrasi coating thickness gauge yang benar sesuai dengan standar internasional tersebut?

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Coating Thickness Gauge

Kalibrasi alat ukur memang menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan. Akan tetapi, melaksanakan kalibrasi pada coating thickness gauge ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika salah, maka akan sangat percuma jika hasilnya tidak sesuai dengan standar internasional.

Maka dari itu, akan ada standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi coating thickness gauge yang perlu untuk Anda ketahui.

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Coating Thickness Gauge

Proses kalibrasi akan selalu menggunakan standar acuan. Standar acuan ini berpacu kepada pengukuran satuan internasional atau SI. Ini pun juga berlaku untuk coating thickness gauge.

Selain itu, metode kalibrasinya juga harus Anda perhatian. Pada cara kalibrasi coating thickness gauge adalah menggunakan IK-D-22 (perbandingan langsung). Jadi, ini akan membandingkan coating thickness gauge yang terkalibrasi dengan yang belum terkalibrasi.

Prosedur Cara Kalibrasi Coating Thickness Gauge

Setelah mengetahui standar acuan dan juga metode kalibrasi yang tepat untuk cara kalibrasi coating thickness gauge, ini sudah bisa dilakukan kalibrasi dengan prosedur sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat dan Peralatan: Pastikan Anda memiliki alat kalibrasi yang sesuai dengan coating thickness gauge yang akan diuji. Siapkan juga standar referensi dengan ketebalan yang diketahui dan sesuai dengan rentang pengukuran coating thickness gauge.
  2. Kalibrasi Nol: Tempatkan coating thickness gauge pada permukaan yang datar dan bebas dari lapisan pelapis. Atur alat ke nilai nol (biasanya mengacu pada ketebalan nol). Ini akan mengkalibrasi alat pada titik awal tanpa adanya lapisan pelapis.
  3. Kalibrasi Span: Selanjutnya, celupkan coating thickness gauge pada standar referensi dengan ketebalan yang diketahui dan sesuai dengan rentang pengukuran alat. Atur alat pada nilai ketebalan standar tersebut. Ini akan mengkalibrasi perangkat pada titik lain untuk memastikan ketepatan pengukuran.
  4. Verifikasi Hasil: Lakukan verifikasi untuk hasil kalibrasi coating thickness gauge. Verifikasi ini akan memerlukan penilaian seperti ketidakpastian dari hasil kalibrasi.
  5. Dokumentasi: Catat hasil kalibrasi coating thickness gauge, termasuk tanggal, standar referensi yang digunakan, dan informasi lain yang relevan. Pastikan untuk menyimpan catatan kalibrasi sebagai bukti kualitas dan akurasi alat.

Frekuensi Kalibrasi untuk Coating Thickness Gauge

Melaksanakan kalibrasi untuk instrumen panjang seperti coating thickness gauge ini akan dilakukan dengan frekuensi setidaknya 12 bulan sekali. Ini memang tidak bisa menjadi patokan karena akan ada faktor lain yang bisa membuat coating thickness gauge harus dilakukan kalibrasi ulang.

Untuk lebih memahaminya, Anda bisa melakukan konsultasi frekuensi kalibrasi coating thickness gauge dengan klik banner di bawah ini!

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Sebenarnya yang menjadi permasalah di sini adalah ada yang belum bisa memahami bagaimana cara kalibrasi coating thickness gauge yang benar dan juga sesuai dengan prosedur. Maka dari itu, akan lebih bijak jika Anda menggunakan jasa kalibrasi coating thickness gauge.

Menggunakan jasa kalibrasi ini akan sangat menguntungkan, di antaranya adalah sebagai berikut:

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Setiap kalibrasi yang dilakukan oleh penyedia layanan jasa kalibrasi coating thickness gauge akan menggunakan standar yang sesuai dengan KAN (Komite Akreditasi Nasional). Ini akan memberikan hasil kalibrasi yang tertelusur serta sudah sesuai dengan standar yang berlaku.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Setiap kalibrasi di jasa kalibrasi coating thickness gauge terakreditasi KAN bisa memberikan Anda sertifikat kalibrasi yang dijamin membuat Anda percaya bahwa pengukurannya telah akurat.

Layanan Jasa Kalibrasi Coating Thickness Gauge Terakreditasi KAN

Mencari di mana jasa kalibrasi coating thickness gauge yang terpercaya dan juga terakreditasi oleh KAN? Kalibrasi.com bisa menjadi solusi yang paling tepat!

Sudah memiliki mitra yang terakreditais dari KAN, Kalibrasi.com bisa memberikan kepada Anda layanan kalibrasi yang profesional dan tentu saja akan memudahkan Anda.

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Coating Gauge Thickness di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com memiliki ruang lingkup kalibrasi yang sangat luas, termasuk untuk ruang lingkup panjang untuk coating thickness gauge. Mitra dari Kalibrasi.com yang akan melaksanakannya adalah:

  • PT Qualis Indonesia
  • PT Mutuagung Lestari
  • PT. Mandiri Transforma Global

Kelebihan Jasa Kalibrasi Coating Thickness Gauge dari Kalibrasi.com

Tidak sampai disitu saja, Kalibrasi.com juga bisa memberikan kepada Anda kelebihan seperti:

  • Standar acuan jelas
  • Metode sesuai
  • Prosedur yang jelas
  • Opsi pembayaran fleksibel 
  • Logistik yang bisa diandalkan

Menguntungkan sekali bukan? Jika tidak paham cara kalibrasi coating thickness gauge, percayakan saja kepada Kalibrasi.com! Lakukan penawaran kalibrasi coating thickness gauge sekarang juga dengan mengisi form di bawah ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.