Cara Kalibrasi Compound Gauge dan Rekomendasi Jasa Kalibrasi Compound Gauge Terakreditasi

0

Saat ini peralatan ukur sudah sangat banyak macam dan jenisnya, tidak jarang dalam satu rangkaian peralatan ukur terdiri atas beberapa alat ukur. salah satunya pada manifold gauge yang terdiri dari dua macam meter tekanan. Nah yang akan artikel ini bahas adalah meter tekanan manifold gauge yang berwarna biru  yang disebut dengan compound gauge.

Compound gauge adalah instrumen alat ukur yang berfungsi sebagai penunjuk besaran meter yang memiliki tekanan rendah untuk mengukur tekanan positif dan negative. Dimana alat ini ikut berperan penting dalam manifold gauge untuk mengukur tekanan udara disuatu ruangan. Untuk menjaga hasil pengukuran yang akurat maka diperlukkan prosedur kalibrasi secara berkala.

Prosedur kalibrasi yang baik adalah yang dilakukan dengan memenuhi standar acuan, metode dan cara kalibrasi compound gauge  sesuai aturan yang telah ditentukkan. Untuk mengetahui selengkapnya mengenai ketentuan dalam melakukan kalibrasi compound gauge, berikut penjelasan selengkapnya.

Standar Acuan, Metode, dan Cara Kalibrasi Compound Gauge

Untuk memastikan hasil kalibrasi yang sesuai dengan standar dan menyamaratakan pada ukuran standar diseluruh dunia maka dalam pelaksanaan kalibrasi harus mematuhi setiap ketentuan yang sebelumnya telah diatur. Seperti standar acuan, metode, dan juga cara kalibrasi compound gauge. Nah untuk penjelasan selengkapnya dapat Anda simak pada penjabaran berikut :

Standar Acuan dan Metode Kalibrasi Compound Gauge

Standar acuan adalah standar ukuran yang tingkat akurasinya tertinggi yang dimiliki oleh unit pelaksana teknis untuk melakukan verifikasi standar ukuran. Untuk standar acuan compound gauge harus sesuai dengan satuan intensional (SI). 

Penggunaan standar SI tentunya akan mempengaruhi metode dan rentang ukur yaitu EURAMET/cg.17/V.4.0(2019), 1 cmHg = 0.133322 Pa dimana metode tersebut telah sesuai dengan standar compound gauge.

Prosedur Cara Kalibrasi Compound Gauge

Cara kalibrasi compound gauge berikut wajib dilakukan sebagaimana aturan yang telah ditetapkan, selengkapnya simak penjelasan berikut ini :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi yang telah berkompeten
  3. Mengkondisikan lingkungan kalibrasi 
  4. Gunakan metode kalibrasi yang sesuai dengan standar nasional dan internasional serta rentang ukurnya bagi compound gauge yaitu 70cmHg ~ 76cmHg.
  5. Pelaksanaan kalibrasi dengan mengamati adakah perbedaan antara hasil pengujian sebelum dan sesudah dikalibrasi, kemudian catat dengan rapi.
  6. Melakukan perhitungan atas data yang telah diperoleh
  7. Menentukkan ketidakpastian dari hasil perhitungan
  8. Membuat laporan kalibrasi dan menerbitkannya.

Frekuensi Kalibrasi untuk Compound Gauge

Dalam menentukkan frekuensi kalibrasi untuk setiap alat ukur tidaklah sama, namun umumnya kalibrasi harus dilakukan secara berkala minimal satu kali dalam satu tahun atau dua kali dalam satu tahun. Tapi ingat jumlah frekuensi tersebut disesuaikan dengan penggunaan alat, jika semakin sering alat digunakan semakin rapat pula frekuensi kalibrasinya

Keuntungan Menggunakan Jasa Kalibrasi vs Kalibrasi Sendiri

Setelah menyimak penjelasan penjelasan mengenai ketentuan dalam melakukan kalibrasi dapat Anda ketahui jika prosedur kalibrasi bukanlah prosedur yang mudah dilakukan karena banyaknya detail pelaksanaan yang harus dipahami dan dikuasai oleh setiap pelaksana kalibrasi.

Itulah mengapa prosedur kalibrasi sebaiknya ditangani oleh jasa kalibrasi yang telah berkompeten dalam melakukan kalibrasi. Anda akan mendapatkan nilai lebih atau keuntungan saat menggunakan jasa kalibrasi dibandingkan melakukan kalibrasi sendiri. Selengkapnya dalam penjelasan berikut!

Tertelusur dan Sudah Sesuai Standar yang Berlaku

Jasa kalibrasi yang berkompeten akan lebih memahami prosedur kalibrasi yang sesuai dengan standar karena sudah terakreditasi oleh KAN sehingga hasil kalibrasi mampu tertelusur sebagaimana standar yang berlaku bagi alat ukur.

Mendapatkan Bukti Sertifikat Kalibrasi

Melibatkan jasa kalibrasi yang telah terakreditasi memiliki banyak keuntungan salah satunya Anda akan mendapatkan bukti sertifikasi kalibrasi setelah alat ukur dikalibrasi. Sertifikat yang dikeluarkan pun lebih berharga karena dikeluarkan oleh lab.terakreditasi.

Layanan Jasa Kalibrasi Compound Gauge Terakreditasi KAN

Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, untuk mencapai hasil kalibrasi yang akurat,  prosedur kalibrasi harus dilakukan pada teknisi ahli yang telah berpengalaman dalam melakukan kalibrasi. Kalibrasi.com dapat menjadi solusi bagi Anda yang sedang mencari jasa kalibrasi compound gauge berkompeten.

Kalibrasi.com merupakan sebuah platform digital layanan  penyedia jasa kalibrasi  yang menawarkan kemudahan untuk Anda yang membutuhkan jasa kalibrasi untuk keberlangsungan bisnis. Platform ini memiliki beragam pilihan kebutuhan jasa kalibrasi dengan mitra yang telah terakreditasi.  Lalu apa sih layanan yang diberikan Kalibrasi.com? selengkapnya kami rangkum dalam penjelasan berikut :

Ruang Lingkup untuk Kalibrasi Compound Gauge di Kalibrasi.com

Kalibrasi.com menyediakan layanan jasa kalibrasi dengan ruang lingkup dengan jenis alat yang beragam, luas, dan lengkap. Seperti untuk jasa kalibrasi compound gauge pada ruang lingkup tekanan. Adapun mitra laboratorium yang menyediakan jasa kalibrasi ini antara lain PT. Qualis Indonesia, Pt mutuagung Lestari, dan  PT. Mandiri Transforma Global.

Kelebihan Jasa Kalibrasi Compound Gauge dari Kalibrasi.com

Sebagai platform yang telah berkredibel, Kalibrasi.com memberikan pelayanan yang lebih baik dari platform jasa kalibrasi lainnya. Adapun kelebihan dari Kalibrasi.com diantaranya :

  • standar acuan jelas
  • metode sesuai
  • prosedur yang jelas
  • opsi pembayaran fleksibel dan
  • logistik yang bisa diandalkan.

Berminat melakukan penawaran jasa kalibrasi compound gauge di Kalibrasi.com? dibawah ini telah artikel ini cantumkan form penawaran jasa kalibrasi compound gauge, Anda dapat mengisi form tersebut sesuai kebutuhan jasa kalibrasi compound gauge yang Anda butuhkan berikut ini!

News Ralali - MRO Kalibrasi

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.